Belajar Photoshop Mengenal Peralatan

Belajar Photoshop Mengenal Peralatan Adobe Photoshop merupakan salah satu program pengolah gambar standar professional berbasis bitmap. Fungsi utama dari adobe photoshop ini adalah untuk koreksi dan manipulasi foto. Tidak ada ruginya jika anda mau belajar photoshop ini dan jangan setengah-stengah jika ingin mahir dalam belajar photoshop. Dalam proses ini sebenarnya photoshop digunakan untuk melakukan tugas-tugas sebagai berikut :

Advertisement

  • Membuat tulisan dengan efek tertentu – Kelebihan photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristil.
  • Membuat tekstur dan material beragam – Dengan langkah-langkah tertentu, seorang desainer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, air dan bermacam gambar lainnya.
  • Mengedit foto dan gambar yang sudah ada – Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain : mengubah posisi gambar, mengatur pencahayaan, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya. Disamping itu dengan belajar photoshop, kita bisa memperbaiki foto yang sudah rusak dengan sangat mudah.
  • Belajar photoshop berguna juga untuk memproses materi web – Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice) dan membuat web photo gallery.

Suatu foto atau gambar bisa dipresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik (pixel) warna warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu :

  1. Resolusi atau jumlah titik persatuan luas yang akan mempengaruhi ketajaman dan detail file bitmap. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
  2. Instensitas atau kedalaman warna, yang akan menentukan kualitas warna gambar secara keseluruhan. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam putih.

Belajar Photoshop Mengenal Peralatan

Advertisement

Belajar Photoshop

Belajar Photoshop

A. Toolbox – Berisi berbagai macam tool yang digunakan untuk melakukan manipulasi image, Jika ingin mahir dalam belajar photoshop kenali dan pahami fungsi-fungsi yang ada pada toolbox ini.

B. Tool Option Bar – Hampir semua tool pada toolbox memiliki options yang di tampilkan pada tool option bar. Option ini digunakan untuk mengatur nilai parameter dari tool yang sedang dipilih/aktif.

C. Menu – Berikut adalah menu yang terdapat pada Adobe Photoshop

Advertisement

  • File – Berkaitan dengan file seperti membuat dokumen baru, menyimpan, membuka, export, import dan cetak.
  • Edit – Berkaitan dengan editing secara umum seperti cut, copy, paste, transform image serta untuk mengatur preferences  adobe photoshop.
  • Image – berisi editing image untuk mengatur warna, hue/saturation, birghtness/contrast, ukuran.
  • Layer – berkaitan dengan manajemen layer pada image, seperti menambah layer, menghapus, menambah efek pada layer serta masking.
  • Select – berkaitan dengan selection image.
  • Filter – Berisikan filter-filter yang terinstalpada photoshop yang dapat digunakan untuk memberi efek tertentu pada image.
  • View – Digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image, menampilkan skala dan sebagainya.
  • Window – Digunakan untuk pengaturan wondow
  • Help – Digunakan untuk menampilkan fasilitas help Adobe Photoshop.

D. View area untuk image – Bagian ini digunakan untuk menampilkan image yang sedang dikerjakan.

E. Status Bar – Status bar pada photoshop dapat ditampilkan/disembunyikan dengan memilih menu Window – Status Bar. Status bar berisikan keterangan mengenai tollbox yang sedang aktif, serta keterangan image yang sedang aktif. Tekan Alt+klik pada status bar untuk mengetahui size dan jenis warna image.

F. Pallete Well – Digunakan untuk memudahkan dalam pengaturan pallete.

Demikian informasi Belajar Photoshop Mengenal Peralatan, semoga informasi bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial belajar photoshop di atas, anda bisa hubungi kami di menu contact di web ini. Terimakasih anda telah mengunjungi kuliah desain dan membaca informasi mengenai.

Belajar Photoshop Mengenal Peralatan

Advertisement

Silahkan Berkomentar