Contoh Nota Penjualan Profesional Pada CorelDRAW

Contoh Nota Penjualan – Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan peran penting nota untuk perusahaan anda. Nota disebut juga Faktur penjualan, yaitu sebuah dokumen yang dimaksudkan untuk pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer atau pembeli. Biasanya dikenal oleh lingkungan masyarakat dengan sebutan Bon atau Invoice. Untuk jual beli yang jumlahnya bisa dikatakan kecil, invoice dipakai langsung sebagai dokumen tagihan dan untuk perusahaan yang memiliki transaksi dengan nominal besar, biasanya wajib disertai dengan kwitansi.

Advertisement

Fungsi sebuah invoice Yaitu Untuk penagihan kepada pihak yang sudah membeli produk ataupun jasa anda. Pada waktu dulu biasanya dikirim menggunakan surat yang diantar langsung atau lewat jasa pak pos, tapi sekarang budaya itu mulai berubah dengan berkembangnya internet, pengiriman invoice atau nota sekarang bisa juga dikirim melalui email atau surat elektronik (surel).

Disamping itu semua, Nota yang baik akan menjadi salah satu strategi pemasaran, dan juga akan menambah level keprofesionalan anda. Dengan demikian klien akan berpendapat bahwa anda benar-benar total dalam usahanya, dan sangat memperhitungkan detail yang paling kecil sekalipun dalam usaha anda. Cukup penjelasannya, Mari ikuti langkah-langkah membuatnya contoh nota yang profesional.

Advertisement

Contoh Nota Penjualan

Contoh Nota Penjualan

Contoh Nota Penjualan

Gunakan Rectangle Tool (F6), dengan panjang 16.5cm dan lebar 10.5cm.

Nota

Kemudian pada bagian atas atau kop nota di isi dengan keterangan perusahaan, Penerima dan Invoice number beserta tanggal dan tahun. Dibawahnya lagi buat kolom-kolom untuk judul seperti Qty, Item, Total dan yang lainnya. Jarak Samping kiri saya lebihkan selisihnya dikarenakan diberi potongan lagi yang dimaksudkan lebih mudah dirobek yang saya namakan potongan PORPORASI (potongan lurus berupa lubang jarum yang berderet ).

Advertisement

1

Duplikat kolom nota kebawah sebanyak yang anda butuhkan, Pada kolom duplikat ini gunakan saya gunakan warna putih dan Outline dengan warna abu-abu. Tambahkan keterangan Total, Uang muka dan Sisa Pembayaran pada bagian kanan, sedangakan bagian kiri untuk Total pembayaran yang dimaksudkan untuk penulisan dengan huruf.

Contoh Nota

Contoh Nota

Kemudian bagian paling bawah sendiri tambahkan keterangan Alat pembayaran, Ucapan terimakasih dan Hormat kami.

3

Anda bisa tambahkan juga Efek Trasnparasi utuk tulisan perusahaan anda di tengah2 kolom nota dengan cara buat teksnya dulu,

Contoh Nota

Contoh Nota

Selanjutnya masih aktif di teks dan pilih menu Effect – Lens (Alt+F3), akan muncul kotak dialog, pilih Transparency, pada kolom Rate untuk mengatur transparasi yang diinginkan, dan Color untuk warna yang anda inginkan.

5

Dan Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Contoh Nota Penjualan

Contoh Nota Penjualan

Baca Juga : Belajar Corel Draw Membuat Logo Twitter Unik

Demikian informasi Contoh Nota Penjualan Profesional Pada CorelDRAW, semoga informasi bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan mengenai Tutorial CorelDraw di atas, anda bisa hubungi kami di menu contact di web ini. Terimakasih anda telah mengunjungi kuliah desain dan membaca informasi mengenai.

Contoh Nota Penjualan Profesional Pada CorelDRAW

 

Advertisement

Silahkan Berkomentar