CorelDraw Dasar Bagian 8, Untuk Pemula

CorelDraw Dasar Bagian 8 – Pada tutorial kali ini akan saya bahas tentang  Teks, Teks Efek dan Convert To Curve. Bekerja dengan teks dalam pembuatan desain adalah hal yang seing dilakukan dalam CorelDraw. Teks itu sendiri digunakan supaya sebuah desain bisa lebih berfariasi. Sedangkan tool yang dipakai adalah Text Tool. Untuk cara-caranya yaitu sebagai berikut :

Advertisement

CorelDraw Dasar Bagian 8

  • Klik Text Tool di toolbox
  • Sekarang perhatikan Option Tool
CorelDraw Dasar Bagian 8

CorelDraw Dasar Bagian 8

  1. Jenis huruf yang digunakan
  2. Ukuran huruf
  3. Style Teks
  4. Perataan Teks
  • Klik satu kali pada kanvas, lalu ketikan teksnya
  • Mengakhiri pengetikan dengan cara klik Pick Tool di toolbox

Fit Text To Path
Digunakan untuk meletakan teks yang telah anda buat mengikuti alur suatu garis ataupun mengikuti format ouline suatu objek gambar, misalnya lingkaran, segi tiga dan sebagainya. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

Advertisement

Klik Text Tool di toolbox, kemudian klik pada kanvas lalu ketikan teksnya

teks

Buat sebuah objek, misalkan sebuah lingkaran. Kemudian aktifkan objek lingkaran dengan teks tersebut.

Advertisement

Pilih menu Text – Fit Text to Path

CorelDraw Dasar Bagian 8

CorelDraw Dasar Bagian 8

Fit-Text-To-Path

Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini

CorelDraw Dasar Bagian 8

CorelDraw Dasar Bagian 8

Memisahkan Teks
Ada kalanya teks yang telah anda buat harus kita pisahkan. Hal ini dapat dikerjakan melalui memilih menu Arange – Break Artistic Text. Menu ini biasa digunakan untuk memisah kalimat menjadi perkata dan kata menjadi perhuruf.

Convert To Curve
Peralan ini berfungsi untuk mengubah teks menjadi kurva. Hal ini dikerjakan untuk mengantisipasi perubahan huruf apabila anda menggunakan dua buah komputer yang berbeda. Misalkan anda membuat teks di komputer A dengan menggunakan Font GOTHIC terus anda simpan di flsh disk, Teks tersebut kemudian anda rubah di komputer B yang  tidak ada jenis Font GOTHIC. Hal seperti ini mengakibatkan teks tersebut akan berubah jenis hurufnya. Untuk menanggulangi hal ini, anda bisa merubah huruf atau font tersebut menjadi kurva melalui memilih menu Arange – Convert To Curves sebelumnya terlebih dahulu aktif di teks yang akan anda convert.

Baca Juga : CorelDraw Dasar Bagian 9

Demikian informasi CorelDraw Dasar Bagian 8, semoga informasi bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan mengenai Tutorial CorelDraw di atas, anda bisa hubungi kami di menu contact di web ini. Terimakasih anda telah mengunjungi kuliah desain dan membaca informasi mengenai.

CorelDraw Dasar Bagian 8

 

Advertisement

Silahkan Berkomentar