7 Fungsi tipografi dalam desain grafis

Tipografi dianggap memiliki peranan penting dalam desain grafis. Tidak sedikit juga desainer yang menjadikan tipografi sebagai elemen utama yang membuat tampilan dari karya grafis terlihat mengesankan. Tentu saja ini menjadi pertimbangan bagi sebagai desainer lainnya untuk menjadikan tipografi terintegrasi dengan elemen lain dalam desain grafis. Tipografi sering digunakan untuk banyak karya desain grafis seperti poster, iklan dan lainnya. Penyampaian pesan yang melibatkan tipografi juga mempengaruhi unsur lainnya. Apalagi prinsip komunikasi visual yang digunakan dalam setiap detail pada desain grafis menjadi lebih ideal. Tentu saja ini membuat kamu harus mengenal lebih dalam tentang tipografi dalam desain grafis.

tipografi dalam desain grafis

Defenisi dari tipografi dalam desain grafis

Prinsip yang sering menjadi landasan para desainer untuk menggunakan tipografi adalah membuat sesuatu konsep menjadi lebih berguna dan memiliki kemudahan dalam penggunaannya. Defenisi tipografi sendiri adalah unsur teks yang berada di dalam sebuah desain grafis dengan berbagai detail yang memiliki kategori berbeda pada setiap bagian. Tipografi juga memiliki banyak karakter yang berbeda dengan detail sisi yang memiliki ukuran dan tampilan yang sangat berbeda. Hingga kini tipografi sudah banyak digunakan untuk berbagai desain grafis. Bahkan, teks yang terdapat dalam sebuah tipografi juga kerap menjadi bagian penting sebuah logo atau identitas produk. Hal ini yang membuat banyak desainer mulai menjadikan tipografi sebagai elemen penting untuk memberikan tampilan yang lebih ideal.

 

Fungsi tipografi dalam desain grafis

Kamu memiliki banyak peluang besar untuk memanfaatkan tipografi sebagai elemen penting dari sebuah karya desain grafis. Hal ini tentu saja akan disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan dalam penggunan tipografi. Sebaiknya pertimbangkan juga prinsip-prinsip penting lainnya yang membuat fungsi dari setiap elemen memiliki detail yang sangat ideal. Apalagi pemilihan karakter tipografi yang tepat dari setiap bagian desain grafis juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Lakukan perbandingan dari setiap bagian tipografi untuk mendapatkan detail penting dengan penyesuaian yang lebih baik. Semakin banyak pilihan tipografi itu maka kamu juga akan semakin mudah mendapatkan fungsinya. Berikut ini ada beberapa fungsi tipografi dalam desain grafis yang patut dipertimbangkan, seperti:

  1. Memudahkan pembacaan teks

Ini adalah salah satu dari fungsi tipografi dalam desain grafis yang memang memiliki pengaruh sangat besar. Tipografi memberikan kemudahan bagi seluruh khalayak untuk membaca teks yang ditampilkan dalam desain grafis. Biasanya setiap karakter dan pesan yang diberikan pada teks itu memiliki konsep yang berbeda. Kehadiran tipografi dianggap memberikan kenyamanan penyampaian pesan yang lebih rinci terhadap detail dari desain grafis itu. Hal ini juga yang membuat beberapa desainer grafis selalu melakukan pembenahan dan pemilihan karakter tipografi yang ideal. Semakin ideal tampilan tipografi itu tentu saja akan memberikan kemudahan dalam penyampaian pesan.

 

  1. Memudahkan pengenalan huruf

Tipografi juga akan memberikan penyesuaian terhadap pengenalan huruf yang digunakan. Masing-masing dari tipografi memiliki kategori yang berbeda. Ini berkaitan dengan seluruh karakter yang ditampilkan pada huruf yang digunakan. Tentu saja kamu juga harus menerapkan detail tipografi pada teks yang mudah dibaca. Perhitungan yang mungkin akan menjadi bagian penting biasanya terdiri dari ukuran, penempatan dan tipe garis dari setiap teks. Konsep teks yang disesuaikan seperti ini harus memiliki konsep yang ideal dengan tampilan gambar hingga desain. Semakin banyak elemen teks yang diberikan pada sebuah desain maka seluruh struktur desain grafis harus terlihat lebih ideal.

 

  1. Membuat teks menjadi lebih hidup

Fungsi lain dari tipografi dalam desain grafis adalah membuat teks menjadi lebih hidup. Hal ini diterapkan karena sudah banyak elemen penting yang terdiri dari konsep teks membutuhkan tampilan menarik. Setiap kategori yang digunakan dalam sebuah teks memang memberikan kesan yang cukup berbeda. Selain itu, penyesuaian tambahan yang diberikan menjadi pertimbangan utama untuk membuat sebuah desain grafis menjadi lebih baik. Bahkan, ada juga desain grafis yang menggunakan tipografi dengan ukuran besar besar sehingga tampilan teks menjadi lebih menarik. Pertimbangkan juga berbagai estetika lain yang akan memberikan pengaruh pada detail dari teks yang digunakan.

 

  1. Tampilan teks menjadi lebih menarik

Tipografi akan membantu kamu membuat tampilan teks menjadi lebih menarik. Hingga kini ada banyak pilihan tipografi dengan karakter berbeda. Setiap bagian elemen dari tipografi itu juga akan memiliki detail garis yang menarik hingga ukuran setiap bagian. Biasanya banyak desainer yang melakukan perubahan konsep dengan menerapkan kolaborasi ukuran dari setiap detail pada tipografi. Penerapan ini memang sengaja dilakukan untuk membuat tampilan teks yang ada di dalam sebuah desain grafis menjadi lebih menarik. Selain itu, pola warna dari teks yang menggunakan kategori tipografi tertentu memberikan pengaruh yang sangat menarik. Hal penting yang harus kamu pertimbangkan tentu saja dengan menentukan pilihan tipografi dengan integrasi dari setiap bagian desain grafis.

 

  1. Membuat khalayak semakin penasaran

Berbagai pilihan kategori tipografi yang menarik juga akan membuat khalayak menjadi penasaran terhadap pesan yang disampaikan. Tentu saja ini memberikan pengaruh yang besar dari sebuah detail desain grafis yang dilibatkan. Beberapa detail elemen yang biasanya digunakan dalam konsep desain grafis juga membutuhkan banyak lapisan bagian yang berbeda. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan seluruh pesan yang ditampilan untuk membuat desain grafis menjadi lebih baik. Ada banyak karakter penting yang mungkin bisa diberikan melalui konsep lain dari detail yang digunakan. Beberapa tipografi juga akan memiliki penempatan yang berbeda satu dengan lainnya. Ini yang membuat khalayak menjadi penasaran terhadap pesan yang disampaikan.

 

  1. Memaksimalkan tampilan konten desain grafis

Setiap konten yang ditampilkan pada desain grafis tentu saja memiliki detail yang berbeda. Namun, beberapa konten dari desain grafis itu juga harus terlihat sangat ideal. Hal ini juga yang membuat kamu harus menggunakan berbagai pilihan tipografi yang berbeda. Semakin banyak karakter dari tipografi yang digunakan biasanya akan membuat tampilan desain grafis menjadi lebih baik. Konten yang digunakan pada setiap bagian dari desain grafis juga menjadi perhitungan penting dengan kolaborasi seluruh bagian. Misalnya saja penggunakan warna background untuk setiap bagian dari detail tipografi.

 

  1. Menjadi sebuah identitas

Tipografi bisa menjadi sebuah identitas untuk sebuah desain grafis. Biasanya penerapan ini sering digunakan untuk beberapa karya grafis yang berkaitan dengan industri atau bisnis. Apalagi beberapa kategori dari setiap bagian untuk tipografi itu memiliki tampilan yang sangat ideal. Misalnya saja penggunaan tipografi untuk logo yang bisa digunakan pada berbagai produk berbeda. Logo dengan konsep tipografi juga akan membutuhkan beberapa elemen pendukung. Ukuran dan tekstur dari setiap garis akan menjadi perwakilan pesan pengguna logo. Semakin ideal tampilan logo dengan tipografi itu tentu saja penyampaian pesan akan menjadi lebih mudah.

7 Fungsi tipografi dalam desain grafis | tokogulali | 4.5

Leave a Reply