7 tips membuat logo brand yang ideal

Pemahaman tentang logo brand atau sebuah merek saat ini semakin baik. Sudah banyak UMKM atau berbagai industri yang menawarkan produk tertentu mulai memperhitungkan kehadiran logo. Seharusnya ini menjadi momen yang baik untuk para pelaku industri desain grafis. Ada banyak peluang yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis utama untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Apalagi saat ini sudah banyak desainer grafis baru bermunculan dengan berbagai karakter dan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau UMKM. Peluang pembuatan logo brand seperti itu harus didukung dengan beberapa elemen. Hal ini membuat kamu harus memperhitungkan beberapa pilihan tips membuat logo brand yang ideal dan dibutuhkan oleh industri.

tips membuat logo brand

7 tips membuat logo brand untuk industri yang harus kamu tahu

Ada beberapa elemen penting yang harus menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah logo untuk brand industri. Apalagi elemen ini biasanya mempengaruhi ketahanan terhadap logo dan latar belakang yang mewakili karakter dari produk atau perusahaan itu. Biasanya beberapa logo produk atau perusahaan akan bertahan hingga puluhan tahun. Ini yang harus menjadi pertimbangan bagi para desainer untuk menentukan konsep ideal dari logo yang dibutuhkan. Karakteristik grafis hingga warna yang digunakan biasanya menjadi hal yang harus diperhitungkan. Berikut ini ada 7 tips membuat logo brand yang harus diketahui oleh para desainer, yaitu:

  1. Memulai dengan konsep logo sederhana

Salah satu dari tips membuat logo brand yang harus diperhitungkan tentu saja dengan konsep sederhana. Untuk memulai pembuatan logo itu sebaiknya gunakan konsep yang tidak terlalu sulit. Konsep seperti ini memang akan membuat orang lain menjadi lebih tertarik dan tidak bosan untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, konsep logo seperti ini memang akan digunakan di banyak media. Semakin sederhana konsep dari sebuah logo tentu saja akan memudahkan orang lain untuk mengingatnya. Rekomendasi seperti ini memang akan terlihat sangat ideal bagi banyak produk. Biasanya ada beberapa karakter yang akan ditambahkan untuk membuat seluruh bagian dari logo terlihat menarik.

 

  1. Buat logo yang menarik untuk digunakan banyak media

Biasanya karakter dari berbagai sisi untuk logo itu memang terlihat unik dan menarik. Kamu harus bisa melakukan konversi terhadap karakter dari produk itu kepada logo. Hal ini dilakukan untuk membuat orang lain semakin ingat tentang logo yang digunakan. Tambahkan beberapa karakter yang bisa mewakili perusahaan atau brand itu. Gunakan berbagai skala dari logo untuk memudahkan penempatan di berbagai media. Bahkan, konsep dengan skala yang cukup banyak seperti ini dianggap akan membuat kamu bisa melakukan perubahan dengan cukup mudah. Logo yang menarik juga akan didukung dengan pilihan warna yang ideal. Hal ini harus menjadi pertimbangan penting untuk menaikkan nilai jual dari brand atau produk itu.

 

  1. Logo brand industri harus bersifat dinamis

Rekomendasi lain dari tips membuat logo brand adalah dengan menerapkan konsep yang bersifat dinamis. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan menentukan font, warna, ukuran dan berbagai karakter yang mudah untuk digunakan. Logo ini harus bersifat fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan dan inovasi yang terjadi dari produk itu. Semakin dinamis dari logo itu tentu saja akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Konsep ideal yang dibutuhkan untuk menerapkan sifat dinamis untuk logo itu biasanya memiliki berbagai sudut pandang yang berbeda. Ini akan semakin memberikan kemudahan bagi kamu untuk menempatkan di banyak media.

 

  1. Jangan pernah meniru logo lain

Inspirasi yang kamu dapatkan dari pembuatan logo tentu saja berasal dari banyak sumber. Semakin banyak sumber inspirasi yang kamu gunakan biasanya akan semakin mudah untuk menentukan konsep ideal atau ide terbaik dari logo itu. Biasanya rekomendasi seperti ini sering dilakukan untuk membuat berbagai logo brand yang memiliki kualitas baik. Namun, kamu harus menghindari konsep logo yang dianggap meniru. Konsep logo yang dianggap meniru memang akan berkaitan dengan seluruh garis, warna hingga penggunaan karakter. Elemen seperti ini memang kerap menjadi latar belakang bagi banyak desainer grafis untuk membuat logo baru. Hindari penerapan konsep atau ide yang hampir mirip dengan logo lainnya. Hal ini akan membuat brand itu semakin terpuruk bahkan merusak citra.

 

  1. Tampilan logo harus orisinil

Pembuatan logo yang sangat ideal harus terlihat orisinil dan mewakili seluruh karakter penting dari perusahaan atau produk itu. Ide orisinil akan memperlihatkan kualitas dari brand itu sendiri. Bahkan, kamu harus menggunakan berbagai detail yang belum pernah diterapkan oleh brand lainnya. Hal ini akan memberikan nilai yang kuat kepada brand itu sendiri dan membuat nilai jual dari produk akan semakin meningkat. Kualitas elemen yang diberikan dari tampilan logo ini juga akan menggunakan pola warna yang cukup berbeda. Kolaborasi yang ideal dari seluruh elemen itu harus terlihat sangat menarik. Terapkan berbagai rekomendasi dari sudut pandang yang membuat tampilan logo itu menjadi lebih baik. Konsep yang akan kamu gunakan harus melalui berbagai filterisasi untuk menghindari hasil atau logo yang sama.

 

  1. Buat arti dan makna dari logo itu

Filosofi dari sebuah logo sangat penting bagi keberlangsungan brand. Hal ini yang membuat banyak desainer grafis mulai memperhitungkan konsep atau ide yang berkaitan dengan semiotika. Ada banyak elemen penting yang akan mempengaruhi tampilan logo akan terlihat sangat ideal. Biasanya latar belakang dari pembuatan logo ini akan disesuaikan dengan visi dan misi dari brand. Bahkan, filosofi dari brand itu juga akan berkaitan dengan kualitas yang akan ditawarkan dari produk itu. Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap nilai dari produk yang dijual dengan menggunakan logo itu. Pertimbangkan arti dan makna dari setiap elemen yang ada pada logo itu. Konsep seperti ini memberikan pengaruh yang besar terhadap penggunaan logo dalam waktu yang sangat lama.

 

  1. Bersifat komersil

Logo yang kamu buat harus memiliki sisi komersi yang sangat baik. Kreatifitas memang menjadi bagian penting terhadap pembuatan logo. Namun, brand yang menggunakan logo itu juga akan membutuhkan konsep komersi yang sangat ideal. Hal ini biasanya akan berkaitan dengan karakter hingga kemampuan logo itu untuk mempersuasif banyak orang. Semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan logo itu maka nilai komersi akan semakin meningkat. Tentu saja kondisi ini juga akan mempengaruhi pengetahuan orang banyak tentang arti penting dari logo itu. Konsep komersil yang dibutuhkan brand memang akan diwakili oleh logo. Ada banyak media yang akan menggunakan logo ini sebagai bagian dari promosi brand. Pertimbangkan juga kekuatan dari warna dan setiap sisi elemen yang digunakan oleh logo itu sendiri.

7 tips membuat logo brand yang ideal | tokogulali | 4.5

Leave a Reply