8 rekomendasi komponen penting dalam brosur bisnis

Brosur memang sangat dibutuhkan untuk mengenalkan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan industri atau bisnis. Brosur bisnis seperti ini akan diberikan kepada banyak pihak yang memang membutuhkan informasi tentang bisnis itu sendiri. Tentu saja tampilan dari brosur ini harus menarik dan menyampaikan pesan dengan baik. Desain teknis dari brosur ini dianggap akan memberikan peluang untuk membuat bagian dari brorus juga terlihat ideal. Apalagi saat ini anda bisa menggunakan banyak template desain untuk brosur bisnis. Selain itu, anda juga harus memperhitungkan banyak komponen penting yang memudahkan penyampaian pesan. Biasanya komponen penting dalam brosur bisnis akan terintegrasi satu dengan lainnya.

komponen penting dalam brosur bisnis

8 komponen penting dalam brosur bisnis yang harus anda tahu

Brosur bisnis harus memiliki tampilan dan pesan yang berbeda dibandingkan brosur pada umumnya. Apalagi hal ini juga akan berkaitan dengan seluruh elemen bisnis yang diterapkan satu dengan lainnya. Tampilan dari brosur ini juga akan memiliki karakter yang berbeda melalui warna, desain, material yang digunakan hingga penggunaan font. Bahkan, beberapa brosur bisnis yang diberikan melalui konsep b2b selalu memiliki bentuk fisik yang unik. Tentu saja ini dilakukan untuk memberikan karakter yang berbeda sekaligus ingin meningkatkan nilai brand dari bisnis yang ada pada brosur itu. Untuk meningkatkan tampilan dan nilai brand sebaiknya pertimbangkan 8 komponen penting dalam brosur bisnis yang terdiri dari:

  1. Gambar yang terintegrasi

Biasanya komponen penting dalam brosur bisnis dimulai dengan menampilkan gambar yang terintegrasi satu dengan bagian lainnya. Gambar seperti ini sering digunakan untuk menjadi ilustrasi dari pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, tampilan gambar juga harus menjadi representasi dari seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Tampilan dari gambar ini bisa berupa foto atau ilustrasi yang saling berkaitan. Ukuran dari gambar yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran dari brosur itu sendiri. Sebaiknya hindari penggunaan gambar yang terlalu berlebihan sehingga memberikan kemudahan terhadap penyampaian informasi melalui teks. Seluruh detail warna yang ditampilkan harus disesuaikan dengan karakter dari desain brosur. Setiap gambar yang digunakan pada brosur ini juga berfungsi sebagai karakter dari perusahaan dan bisnis anda.

 

  1. Tampilkan fitur yang unik dan menarik

Karakter dari brosur bisnis yang unik dan menarik akan menarik perhatian dari target khalayak dan klien anda. Biasanya konsep dari brosur ini harus memiliki bentuk fisik yang berbeda dari brosur pada biasanya. Hal ini bisa dimulai dengan menggunakan lipatan yang berbeda hingga memberikan konsep ukuran brosur yang cukup menarik. Fitur yang anda tawarkan dari bisnis anda juga harus dijelaskan dengan sangat detail. Bahkan, anda juga harus memberikan alasan yang logis kenapa para target khalayak dank lien harus menggunakan produk bisnis anda. Cara seperti ini biasanya diterapkan dengan memberikan penjelasan melalui konsep yang berbeda dari biasanya. Hindari penjelasan fitur yang terlalu konvensional.

 

  1. Berikan penawaran kepada target khalayak

Rekomendasi lain dari komponen penting dalam brosur bisnis adalah dengan memberikan penawaran yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Brosur bisnis harus menjadi sarana media promosi yang bisa dianggap memberikan penawaran sangat baik untuk target khalayak. Anda bisa menggunakan brosur sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan penawaran yang menarik. Misalnya saja dengan menerapkan potongan harga khusus dengan melampirkan brosur itu pada saat ingin melakukan pembelian atau pemesanan produk. Cara seperti ini akan memudahkan anda untuk menyampaikan pesan melalui brosur bisnis. Sebaiknya cantumkan juga seluruh syarat dan ketentuan melalui brosur bisnis itu.

 

  1. Menggunakan pesan yang mudah dicerna

Setiap brosur bisnis yang anda gunakan selalu memiliki pesan tertentu berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Gunakan bahasa yang sederhana untuk menyampaikan inti pesan. Apalagi pesan dari brosur bisnis ini harus mudah dicerna oleh berbagai lapisan demografi dari target khalayak. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu berlebihan atau bertele-tele. Bahkan, anda bisa menyampaikan ilustrasi yang akan memudahkan proses penyampaian pesan dengan sangat baik. Biasanya penyampaian pesan seperti ini juga akan disesuaikan dengan seluruh elemen yang diterapkan pada brosur itu sendiri. Pesan yang baik harus didukung dengan gambar yang memudahkan proses penyampaian pesan. Anda juga bisa membuat poin penting dari setiap inti pesan yang berkaitan dengan penawaran produk.

 

  1. Gunakan cerita yang berkaitan dengan bisnis

Penawaran produk yang diberikan melalui brosur bisnis selalu berkaitan dengan pesan. Beberapa perusahaan selalu menampilkan detail gambar yang menjadi bagian dari penawaran produk. Namun, anda juga bisa menggunakan pola cerita yang bisa menjadi bagian dari representasi penawaran produk. Misalnya saja dengan menggunakan review dari beberapa pengguna sebelumnya tentang keuntungan dari produk yang berasal dari perusahaan anda. Testimoni seperti ini akan menjadi pertimbangan bagi calon pengguna baru atau target khalayak yang ingin mencoba. Tentu saja seluruh testimoni dan review yang ditampilkan dari brosur harus asli dan bukan rekayasa. Hal ini akan berhubungan dengan reputasi dari perusahaan anda sendiri.

 

  1. Material brosur yang berkualitas

Elemen penting dari brosur bisnis yang ingin anda berikan kepada klien atau target khalayak yang luas tentu saja dengan menggunakan material berkualitas. Material seperti ini biasanya akan menjadi pertimbangan dari target khalayak untuk mencoba penawaran produk perusahaan anda. Semakin baik kualitas dari material yang digunakan pada brosur biasanya akan meningkatkan keyakinan dari calon pengguna. Selain itu, material yang berkualitas dianggap akan meningkatkan value atau nilai dari pesan yang ada dalam brosur itu. Cara seperti ini memang terlihat sangat elegan. Bahkan, material dari brosur yang baik akan meningkatkan tampilan dari desain brosur itu.

 

  1. Desain yang bertahan lama

Cobalah buat desain yang memiliki waktu guna dengan cukup lama. Desain seperti ini memang harus terlihat sangat baik dan baru. Hal ini dilakukan agar masa berlaku dari brosur bisnis anda bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, tampilan yang futuristik pada brosur bisnis juga akan membantu anda dalam menyampaikan pesan. Biasanya beberapa detail gambar yang ditampilkan juga harus terlihat sangat natural. Desain yang bertahan lama akan membuat para target khalayak akan menyimpan brosus itu sebagai acuan untuk keyakinan saat menentukan pilihan dari penawaran produk bisnis anda. Tentu saja ini akan mempengaruhi benefit dari penawaran produk yang anda berikan.

Tips desain kemasan makanan dengan konsep unik dan menarik

  1. Informasi tentang visi dan misi

Brosur bisnis yang anda berikan kepada klien dan target khalayak juga akan menjadi penyampai visi dan misi perusahaan. Pesan seperti ini sangat penting untuk diberikan. Apalagi beberapa klien juga akan mempertimbangkan tujuan dari perusahaan anda dalam menawarkan produk bisnis. Gunakan cara yang elegan dalam penyampaian visi dan misi perusahaan bisnis itu. Hindari penggunaan bahasa yang hiperbolis dan tidak mudah dicerna.

tags:

komponen yang ada di brosur
8 rekomendasi komponen penting dalam brosur bisnis | tokogulali | 4.5

Leave a Reply