8 tips mudah menguasai desain grafis hingga mahir

Permintaan desain grafis saat ini semakin meningkat. Hal ini seiring dengan perkembangan bisnis digital dan berbagai perusahaan hingga institusi sudah mengerti tentang brand image. Beberapa desain grafis biasanya digunakan untuk logo, kemasan produk, icon dan lainnya. Peluang ini tentu saja akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk terus menguasai desain grafis dengan baik. Semakin baik kemampuan yang kamu miliki biasanya akan semakin mudah untuk mendapatkan berbagai kesempatan untuk menggarap proyek desain grafis. Namun, sebaiknya kamu terus meningkatkan kualitas dan kemampuan dari desain grafis. Apalagi ada beberapa tips mudah menguasai desain grafis yang akan membantu kamu.

tips mudah menguasai desain grafis

8 tips mudah menguasai desain grafis yang harus dicoba

Sebagian desainer grafis memang menggunakan jalur pendidikan formal untuk mengasah kemampuannya. Namun, tidak sedikit juga yang menganggap bahwa kemampuan desain grafis juga bisa ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman olah digital. Semakin sering latihan biasanya kamu juga akan mendapatkan peningkatan kualitas dan kemampuan yang lebih baik. Kamu juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan latihan desain grafis. Hal ini biasanya berkaitan dengan minat dan niat besar untuk terus berlatih. Mungkin kamu bisa menerapkan 8 tips mudah menguasai desain grafis yang akan membantu hingga mahir, seperti:

  1. Mencari inspirasi desain dari banyak hal

Ini adalah salah satu tips mudah menguasai desain grafis yang sangat disarankan. Karya desain grafis yang kamu buat tentu saja berasal dari inspirasi atau konsep ide tertentu. Semakin banyak inspirasi yang didapat tentu saja akan memudahkan kamu untuk membuat sebuah karya desain grafis. Apalagi beberapa desainer grafis memang selalu meluangkan waktunya untuk mencari ide segar dari banyak hal. Misalnya saja dari berbagai kegiatan yang dilakukan setiap hari, literature hingga inspirasi secara online melalui situs atau forum grafis. Setiap inspirasi itu akan digunakan sebagai konsep untuk membuat desain grafis yang berbeda. Tentu saja ini juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan karakteristik yang ideal dari desain grafis itu sendiri.

 

  1. Belajar dari desainer grafis yang berpengalaman

Kamu harus tahu bahwa untuk belajar desain grafis tidak hanya bisa mengandalkan kemampuan diri sendiri. Cobalah aktif untuk mendapatkan informasi atau tips tentang desain grafis dari orang yang sudah berpengalaman. Kamu bisa memulai sharing ini dari senior atau orang-orang yang memang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis desain grafis. Informasi yang diberikan orang berpengalaman itu akan menjadi motivasi penting dalam mengembangkan kemampuan kamu. Bahkan, hal ini juga akan mempengaruhi kamu untuk menghadapi industri desain grafis yang akan terus berkembang. Biasanya para desainer grafis profesional memiliki cara sendiri untuk latihan. Kamu bisa mencoba cara yang mereka terapkan dan disesuaikan dengan kemampuan.

 

  1. Ikuti berbagai forum online

Tips mudah menguasai desain grafis yang bisa kamu lakukan tentu saja dengan mencari informasi secara online. Saat ini sudah banyak forum yang menjadi tempat para desainer grafis berkumpul. Apalagi kamu bisa memilih forum yang memiliki jangkauan internasional atau lokal saja. Mulailah dengan mencari informasi dan mengikuti beberapa forum lokal yang menjadi tempat berkumpul para desainer grafis. Biasanya anggota aktif dari forum itu akan membagikan pengalaman atau teknik desain grafis dari pemula hingga mahir. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kamu juga bisa ikut aktif dengan bertanya kepada anggota aktih yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak. Forum seperti ini juga akan memudahkan kamu mendapatkan inspirasi yang sangat banyak.

 

  1. Mencoba membuat moodboard sederhana

Proses dalam peningkatan kemampuan dalam desain grafis juga didukung dengan pengalaman kamu. Kamu harus terus mengumpulkan konsep atau ide tentang desain grafis tertentu. Biasanya konsep seperti ini akan dimasukkan dalam moodboard atau papan konsep. Moodboard ini biasanya digunakan untuk membuat sketsa hingga pemilihan warna yang ideal untuk eksekusi grafis. Cobalah gunakan insting warna dengan banyak detail sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan hasil grafis yang menarik. Biasanya moodboard ini juga bisa menjadi konsep atau ide awal untuk mengembangkan kemampuan desain grafis dalam menemukan karakter ideal. Semakin sering kamu membuat moodboard maka akan semakin mudah menentukan konsep atau ide baru lainnya.

 

  1. Memulai dengan proyek sederhana untuk diri sendiri

Tips lain yang bisa dilakukan adalah dengan langsung melakukan eksekusi terhadap desain grafis. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan memulai proyek sederhana. Mungkin kamu bisa membuat logo dengan konsep tertentu yang memiliki semiotika atau ciri khas tertentu. Pembuatan logo ini harus memiliki filosofi sesuai dengan kebutuhan dari karakter. Selain itu, kamu juga bisa latihan langsung dengan membuat kemasan produk tertentu atau karya grafis dari produk populer. Tentu saja ini hanya sebuah latihan yang tidak membutuhkan biaya cukup besar. Perhitungkan juga waktu pembuatan dari skema hingga hasil dari karya grafis itu.

 

  1. Terus berlatih secara offline dan online

Kamu harus sadar bahwa untuk meningkatkan kemampuan desain grafis saat ini terlihat sangat mudah. Apalagi cara seperti ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan literature seperti buku atau melalui internet. Ada banyak buku yang bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan dalam membuat desain grafis. Selain itu, cobalah ikuti berbagai kursus online yang tersedia secara gratis. Biasanya kursus seperti ini menampilkan banyak konten yang berhubungan dengan tutorial. Pengembangan dari kursus seperti ini bisa diterapkan dengan memasukkan konsep atau ide dari pembuatan desain grafis yang lebih baik. Gunakan waktu luang kamu untuk terus belajar setiap hari.

 

  1. Coba tawarkan jasa desain kepada orang lain

Kepercayaan diri sangat dibutuhkan untuk membuat kemampuan desain grafis kamu semakin lebih baik. Namun, hindari juga percaya diri yang terlalu berlebihan. Hal ini bisa kamu terapkan dengan mulai langsung menawarkan jasa desain kepada orang lain. Biasanya cara seperti ini bisa dilakukan melalui media sosial yang kamu miliki atau blog pribadi. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai marketplace yang menjadi tempat para freelancer bertemu. Jangan lupa untuk menampilkan hasil karya desain grafis yang kamu miliki di blog atau akun media sosial pribadi. Ini dilakukan agar orang lain paham tentang karakter dan kualitas hasil desain grafis yang kamu buat.

Baca juga :

  1. Menerima saran dan kritik

Ini adalah hal yang paling penting dalam pengembangan kemampuan dari desain grafis yang kamu inginkan. Kamu harus menghindari rasa puas yang terlalu cepat saat orang lain memuji karya desain grafis yang dipajang di media sosial atau blog pribadi. Sebaliknya, cobalah terima dengan lapang dada seluruh saran dan kritik yang diberikan kepada karya desain grafis itu. Cara seperti ini akan mengasah kesabaran hingga pembelajaran untuk mendapatkan hasil karya grafis yang lebih baik.

8 tips mudah menguasai desain grafis hingga mahir | tokogulali | 4.5

Leave a Reply