9 tips desain grafis untuk pemula yang harus dicoba

Banyak orang memiliki peluang untuk menjadi desainer grafis yang handal. Tentu saja ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Hal ini biasanya berkaitan dengan kemampuan yang ditingkatkan dalam waktu yang cukup lama. Perkembangan teknologi dalam bidang desain grafis juga dianggap akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Hingga kini sudah banyak perangkat lunak yang akan memudahkan banyak desainer untuk menghasilkan karya grafis yang sangat mumpuni. Bahkan, konsep dari ide untuk menghasilkan karya grafis juga bisa dibuat melalui perangkat mobile seperti smartphone. Kondisi seperti ini harus dimanfaatkan secara serius untuk menjadi desainer profesional. Tentu saja ini juga berkaitan dengan berbagai tips desain grafis untuk pemula yang bisa dicoba dengan mudah.

tips desain grafis untuk pemula

9 tips desain grafis untuk pemula yang sangat ideal

Sebenarnya tips yang bisa dicoba untuk para pemula memang bersifat sangat teknis. Hal ini dilakukan untuk memberikan latihan yang ideal sehingga kualitas dari kemampuan desain grafis juga semakin baik. Selain itu, pencarian ide dan banyak konsep lain yang digunakan untuk desain grafis harus diperhitungkan dengan baik. Persepsi dan pemahaman yang diterapkan dalam mencoba berbagai gaya desain memang akan dipengaruhi oleh masing-masing individu. Semakin sering latihan yang diterapkan untuk desain grafis bagi para pemula tentu saja skill yang dimiliki juga akan semakin meningkat. Berikut ini ada 9 tips desain grafis untuk pemula yang bisa dicoba dengan sangat mudah, seperti:

  1. Mulai dengan menggali berbagai ide konsep

Salah satu dari tips desain grafis untuk pemula yang sangat ideal adalah mencari banyak ide dari sumber yang berbeda. Semakin banyak ide yang kamu dapatkan tentu saja ini akan memudahkan eksekusi dari konsep grafis yang akan digunakan. Kamu bisa mencari ide itu dari sumber seperti literatur, internet, majalah grafis dan lainnya. Jadikan ide ini sebagai acuan untuk memulai menciptakan karya grafis yang ideal. Namun, perhitungkan juga setiap sumber yang digunakan sesuai dengan karakteristik dari desain grafis yang akan digunakan. Kamu juga bisa meminta bantuan dari desainer profesional atau yang sudah berpengalaman untuk brain storming.

 

  1. Buat sketsa dengan berbagai media

Ide yang kamu dapatkan selanjutnya akan dikonversi menjadi sebuah sketsa. Biasanya beberapa pemula akan menggunakan media konvensional seperti kertas gambar atau media cetak lainnya. Perlengkapan yang digunakan untuk membuat sketsa itu juga cukup sederhana seperti pensil warna. Metode manual seperti ini memang harus dicoba untuk jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi seluruh kesalahan saat menerapkan metode konsep grafis dengan bantuan perangkat teknologi. Apalagi cara seperti ini juga akan membantu kamu untuk menghitung waktu dalam konversi ide konsep untuk menjadi sebuah sketsa.

 

  1. Tentukan skala yang ideal untuk konsep grafis

Tips desain grafis untuk pemula yang bisa dicoba lagi adalah dengan menentukan skala yang ideal dari setiap ide. Masing-masing konsep ide grafis memang bisa dikonversi menjadi beberapa pilihan skala. Semakin besar skala yang ingin ditampilkan biasanya akan membutuhkan detail yang lebih banyak. Hal ini juga akan disesuaikan dengan seluruh konsep yang kamu miliki. Sebaiknya terapkan konversi konsep ide grafis itu sesuai dengan kemampuan. Cara seperti ini memang dilakukan untuk memaksimalkan seluruh peluang dalam menciptakan sebuah karya grafis yang ideal. Jangan terlalu memaksakan skala yang terlalu besar untuk konsep grafis dengan ukuran lebih kecil.

 

  1. Pilih font yang berkarakter dari setiap desain

Biasanya beberapa desain grafis akan menggunakan beberapa font. Carilah font grafis yang memiliki karakter sesuai dengan konsep grafis yang kamu terapkan. Hal ini biasanya akan memudahkan proses pembuatan karya grafis. Kamu bisa membuat font dengan karakter orisinil. Namun, waktu yang dibutuhkan tentu saja akan cukup lama. Cara mudah untuk mendapatkan font untuk desain grafis tentu saja dengan eksplorasi melalui berbagai sumber. Apalagi kamu akan semakin dimudahkan dengan berbagai pilihan dari font dengan banyak karakter. Perhitungkan juga penggunaan font itu untuk banyak media.

 

  1. Warna menjadi elemen dengan pengaruh besar

Konsep grafis terbaik yang kamu dapatkan tentu saja akan membutuhkan elemen warna. Apalagi dibutuhkan integrasi warna dari setiap detail grafis. Beberapa karya grafis dengan detail yang cukup banyak tentu saja akan melibatkan elemen warna yang lebih banyak juga. Beberapa desainer profesional menganggap warna meningkatkan karakter yang diinginkan. Kamu bisa mendapatkan karakter yang ideal dengan kombinasi warna yang ideal. Hal ini juga disesuaikan dengan psikologi warna dari setiap lapisan yang diterapkan. Pertimbangkan dengan baik setiap elemen warna yang kamu gunakan untuk konsep atau detail grafis.

 

  1. Coba konsep sederhana

Untuk menghasilkan karya grafis yang mengesankan biasanya dimulai dari hal sederhana. Tips seperti ini memang menjadi dasar bertindak untuk bebearpa pemula. Gunakan konsep grafis yang sederhana sehingga mudah untuk dikonversi di berbagai media. Selain itu, cara seperti ini juga dianggap akan memberikan peluang dalam peningkatan kemampuan untuk menciptakan grafis yang lebih kompleks. Elemen penting untuk mendapatkan konsep sederhana ini memang didasarkan ide dan karakter grafis yang akan ditampilkan. Hindari penggunaan elemen yang terlalu berlebihan. Bahkan, kamu juga bisa memulai detail konsep seperti ini dengan hanya beberapa pilihan warna.

 

  1. Ciptakan karya orisinil

Ini adalah hal yang sangat penting dalam membuat karya grafis. Bagi para pemula sebaiknya perhatikan setiap detail konsep grafis yang ditampilkan. Karya grafis yang orisinil biasanya akan mendapatkan lebih dihargai. Kondisi ini yang harus selalu diperhatikan oleh seluruh desainer. Setiap inspirasi atau ide yang digunakan untuk membuat karya grafis tentu saja menjadi dasar penting. Namun, hindari penggunaan karya desainer lain dengan penambahan atau perubahan detail. Meskipun konsep atau ide yang kamu gunakan cukup sederhana namun itu merupakan karya orisinil.

 

  1. Menggunakan bantuan moodboard

Moodboard dianggap sebagai sarana penting untuk menghasilkan karya grafis yang sangat menarik. Biasanya moodboard ini hanya berupa tambahan detail yang berasal dari sumber lain. Namun, moodboard dianggap akan memberikan kemudahan terhadap seluruh ide atau konsep yang digunakan. Biasanya potongan virtual seperti ini juga membuat elemen warna terlihat lebih nyata. Bahkan, cara ini juga akan memberikan kenyamanan untuk menghasilkan karya grafis dalam waktu lebih cepat.

Makna dan psikologi warna dalam dsain grafis yang harus kamu tahu

  1. Berpikir out of the box

Banyak desainer profesional selalu menyarankan kepada para pemula untuk berpikir out of the box. Carilah ide atau konsep yang berbeda dari lainnya. Ini juga akan mempengaruhi dari karakter setiap karya grafis yang kamu hasilkan. Semakin sering kamu menerapkan cara out of the box biasanya ini akan menghasilkan grafis dengan karakter yang berbeda. Ini akan menjadi identitas baru kamu dalam membuat karya grafis. Metode seperti ini juga dianggap akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan.

9 tips desain grafis untuk pemula yang harus dicoba | tokogulali | 4.5

Leave a Reply