9 tips desain untuk kartu nama agar terlihat menarik

Kartu nama dianggap memiliki peranan penting dalam menjaga komunikasi dengan rekan bisnis atau kerabat. Ini membuat anda harus menjadikan kartu nama sebagai media komunikasi yang menarik agar tetap bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama. Beberapa kartu nama yang memiliki desain unik dengan material yang berbeda akan menarik perhatian banyak orang. Tentu saja ini akan menjadi keuntungan yang besar bagi anda untuk menjaga relasi. Apalagi bila anda memang menjadikan kartu nama sebagai bagian dari penawaran bisnis seperti penjualan produk atau jasa. Sebenarnya ada banyak pilihan desain kartu nama yang bisa digunakan langsung. Namun, anda sebaiknya mempertimbangkan tips desain untuk kartu nama agar terlihat menarik.

tips desain untuk kartu nama

9 rekomendasi tips desain untuk kartu nama

Anda bisa menjadikan kartu nama untuk menyampaikan pesan berkaitan dengan penawaran bisnis. Karakter dari kartu nama itu biasanya akan menjadi representasi bisnis yang anda jalankan. Apalagi bila anda bergerak dalam penawaran jasa desain grafis sebaiknya tampilan dari kartu nama harus terlihat menarik dan out of the box. Desain kartu nama yang unik dan berbeda itu tentu saja akan menambah nilai fungsi. Apalagi beberapa orang yang tertarik dengan bisnis yang anda tawarkan akan menyimpan kartu nama itu untuk waktu yang cukup lama. Berikut ini ada 9 tips desain untuk kartu nama yang harus anda coba agar menambah nilai fungsinya, seperti:

  1. Terapkan grafis yang menarik

contoh desain kartu nama menarik

Desain grafis yang menarik akan menjadi bagian penting dari tips desain untuk kartu nama. Apalagi hal ini akan berkaitan langsung dengan kegiatan bisnis yang anda tawarkan. Semakin menarik desain kartu nama itu tentu saja akan menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Hal ini akan menjadi nilai tambah sehingga kartu nama anda akan disimpan untuk waktu yang cukup lama. Sebenarnya anda memiliki kesempatan untuk menggunakan banyak template kartu nama gratis yang berasal dari banyak sumber. Namun, cobalah gunakan desain yang berbeda agar kartu nama ini juga menjadi karakter penting dari pengembangan bisnis anda. Tentu saja desain yang unik akan mempengaruhi relasi yang ingin anda jalin.

 

  1. Tampilkan selruh rincian anda

Jangan lupa untuk menyematkan berbagai rincian penting yang berkaitan dengan diri anda. Informasi ini biasanya berkaitan dengan nama, posisi anda, perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, email dan rincian lainnya. Beberapa orang yang memiliki kedudukan atau posisi yang cukup penting biasanya hanya akan menampilkan nama, posisi dan kontak. Namun, anda juga bisa menggunakan berbagai rincian tambahan sehingga memudahkan orang lain untuk mendapatkan intensitas komunikasi yang dibutuhkan. Cara seperti ini juga akan membuat kartu nama itu memang menjadi bagian penting dari bisnis anda.

 

  1. Terlihat orisinal dan bukan plagiat

Tips desain untuk kartu nama lainnya yang bisa anda coba dengan memberikan tampilan orisinal. Beberapa orang yang memang menjadikan kartu nama sebagai elemen penting dalam hubungan berbisnis akan memperhitungkan hal ini. Bila anda memang menawarkan jalinan bisnis yang sangat profesional sebaiknya gunakan desain dan tampilan yang orisinal. Keputusan itu juga akan mempengaruhi rekan bisnis anda dalam memberikan penilaian. Apalagi kartu nama juga akan menjadikan perwakilan anda untuk mengenalkan diri dengan media lain.

 

  1. Menambahkan nilai fungsi

Untuk membuat tampilan kartu nama menjadi lebih menarik cobalah tambahkan nilai fungsi. Biasanya cara seperti ini dianggap sangat efektif untuk membuat orang lain menyimpan kartu nama itu. Misalnya saja kartu nama itu bisa menjadi tempat menyimpan aksesoris dengan ukuran kecil di bagian sisi tambahan. Nilai fungsi ini juga akan mempengaruhi bentuk dan ukuran dari kartu nama itu. Contoh lain yang bisa digunakan dengan menjadikan kartu nama itu sebagai hiasan yang memiliki lapisan magnet. Ini membuat kartu nama anda bisa ditempelkan di material metal sekalipun.

 

  1. Memilih material yang ideal

Pemilihan material untuk kartu nama juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Bila anda menjalankan bisnis dengan skala besar sebaiknya gunakan material yang berkualitas dan tahan lama. Apalagi ini juga akan memudahkan untuk memaksimalkan tampilan dari desain kartu nama yang unik. Saat ini ada banyak pilihan material yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan tampilan dari kartu nama. Bahkan, anda bisa memberikan tampilan transparan pada material untuk kartu nama itu. Cara seperti ini dilakukan agar orang lain tertarik untuk membaca rincian yang ada di kartu nama. Tentu saja pemilihan kartu nama itu harus disesuaikan dengan desain dan ukuran.

 

  1. Penggunaan corak warna dan aksen

Konsep desain kartu nama yang unik dan menarik perhatian juga akan menggunakan elemen warna yang ideal. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa kombinasi kontras warna yang berlebihan akan menarik perhatian. Namun, anda juga bisa menggunakan kartu nama dengan pola dominasi warna yang elegan. Masing-masing dari pilihan warna seperti itu harus terlihat sangat ideal dengan seluruh bagian kartu nama. Bahkan, cobalah gunakan warna yang bisa diintegrasikan dengan logo perusahaan atau bisnis anda. Cara ini cukup efektif untuk memberikan penilaian terhadap bisnis yang anda jalankan.

 

  1. Menggunakan finishing khusus

Tampilan kartu nama yang menarik juga didukung dengan finishing yang baik. Misalnya saja dengan menambahkan coat atau lapisan plastik tipis pada seluruh sisi di bagian kartu nama. Fungsi dari lapisan ini akan memberikan efek tahan yang lama terhadap penggunaan dan nilai dari kartu nama itu. Finishing ini juga akan berkaitan dengan tampilan dari karakter yang digunakan. Beberapa kartu nama dengan tampilan elegan yang menggunakan kontras gold akan mencoba tampil dengan karakter timbul. Hal ini bisa menjadi karakter penting bagi kartu nama yang berasal dari perusahaan besar.

 

  1. Desain yang tahan lama

Pemilihan desain sebaiknya tidak ketinggalan jaman bila digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini yang harus menjadi pertimbangan bagi anda untuk memilih desain yang unik dan memiliki karakter berbeda. Apalagi desain untuk seluruh bagian kartu nama sebaiknya tidak berasal dari template yang sudah banyak beredar. Desain yang bertahan lama akan menjadi kentungan bagi anda karena tidak akan mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membuat kartu nama baru.

 

  1. Mencoba material daur ulang

Sebenarnya penggunaan material dari kartu nama bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Material yang ideal akan mendukung seluruh tampilan dari desain kartu nama. Hal ini bisa dicoba dengan menggunakan material daur ulang yang akan dikolaborasikan dengan konsep desain kontemporer dari kartu nama. Integrasi yang sangat unik seperti ini memang jarang digunakan karena membutuhkan pengerjaan yang cukup lama. Namun, kartu nama ini akan membantu anda bila memang menawarkan jasa desain grafis sehingga terlihat unik dan berbeda.

tags:

contoh desain kartu nama
9 tips desain untuk kartu nama agar terlihat menarik | tokogulali | 4.5

Leave a Reply