9 tips untuk meningkatkan skill desain grafis

Desain grafis sangat bersifat dinamis. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu desain grafis akan berkembang pesat dengan pengaruh dari berbagai elemen eksternal dan internal. Salah satu elemen yang mempengaruhi perkembangan desain grafis tentu saja penggunaan teknologi internet yang semakin mudah. Teknologi ini dianggap memberikan kemudahan terhadap siapa saja untuk belajar desain grafis atau hanya sekedar latihan. Kondisi ini yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh banyak desainer untuk meningkatkan kemampuan atau skill dalam menciptakan karya grafis. Apalagi ada banyak literature atau sumber lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan. Semakin banyak sumber yang digunakan maka pola dari meningkatkan skill desain grafis juga bisa diterapkan dengan sangat mudah.

 meningkatkan skill desain grafis

9 cara dan tips untuk meningkatkan skill desain grafis

Latihan berkala memang menjadi bagian penting dalam peningkatan kemampuan dalam desain grafis. Namun, kamu juga harus memperhitungkan beberapa elemen lain yang harus dilakukan agar kemampuan desain grafis juga bisa semakin lebih baik. Penguasaan beberapa teknik manual maupun melalui teknologi software akan mempengaruhi seluruh hasil desain grafis. Selain itu, kamu harus mulai belajar dari sumber lain dengan memanfaatkan teknologi internet. Ada banyak literature yang dibagikan secara gratis sehingga bisa membuat potensi skill dalam desain grafis juga terlihat lebih baik. Hal ini juga akan disesuaikan dengan perkembangan teknologi hingga seluruh budaya populer yang sedang diperbincangkan banyak orang. Berikut ini ada 9 tips untuk meningkatkan skill desain grafis yang bisa kamu coba seperti:

1.       Mengumpulkan banyak produk grafis

Tips meningkatkan skill desain grafis seperti ini merupakan salah satu rekomendasi yang sering diberikan banyak para desainer. Kamu harus mencoba mengumpulkan berbagai contoh produk yang menjadikan desain grafis sebagai komponen utama. Misalnya saja dengan mengumpulkan berbagai majalan grafis, majalah komik, media cetak yang berkaitan dengan dunia desain grafis dan lainnya. Bahkan, beberapa desainer juga sering mengumpulkan brosur, pamflet, flyer dan lainnya sebagai koleksi. Seluruh produk dari desain grafis ini akan menjadi sarana ide atau inspirasi untuk menemukan karya terbaru lainnya. Semakin banyak sumber ide atau inspirasi yang kamu dapatkan maka kamu juga akan semakin mudah menemukan imajinasi dalam membuat karya baru.

 

2.       Mencari literature baru dari dalam dan luar negeri

Cobalah terus belajar dari literature yang biasanya berasal dari banyak media. Apalagi saat ini teknologi internet akan semakin mudah untuk memaksimalkan pencarian dari literature yang kamu inginkan. Mungkin literature ini bisa berasal dari banyak buku atau sumber yang diterbitkan di dalam negeri. Namun, sangat disarankan kamu mencari literature yang berasal dari luar negeri. Hal ini dikarenakan perkembangan desain grafis yang berasal dari luar negeri dianggap lebih dinamis dan berkembang karena tidak dibatasi oleh peraturan yang mengikat. Cara seperti ini akan dianggap akan mengembangkan pola berpikir kamu sendiri.

 

3.       Membuat blog atau website khusus tentang desain grafis

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill desain grafis tentu saja dengan membuat blog atau website khusus. Buatlah konten khusus yang berkaitan dengan desain grafis atau seluruh hasil karya yang pernah dibuat. Blog atau website ini bisa menjadi sarana untuk pembelajaran bagi orang lain dan juga kamu sendiri. Misalnya saja dengan membuat konten yang berisi pengalaman kamu untuk membuat karya grafis tertentu. Selain itu, berikan juga informasi yang berkaitan dengan tips atau trik dalam desain grafis yang bisa dicoba dengan mudah oleh orang lain. Bila kamu konsisten membagikan ilmu desain grafis maka hal ini juga akan membuat kamu terus belajar hal baru.

 

4.       Merangkum seluruh referensi desain grafis secara online

Pembelajaran desain grafis secara online memang akan meningkatkan kemampuan kamu dalam bidang desain grafis. Kamu akan semakin mudah untuk mencari berbagai informasi atau tutorial yang berkaitan dengan teknik grafis tertentu. Semakin banyak kamu mendapatkan informasi itu maka hal ini juga akan menjadi bagian dari referensi yang akan digunakan dalam jangka panjang. Cobalah kumpulkan seluruh informasi yang kamu dapatkan secara online. Selanjutnya bagikan informasi itu berdasarkan kategori tertentu. Cara ini juga bisa dikonversi menjadi sebuah ebook atau konten yang diposting dalam blog pribadi kamu.

 

5.       Mencoba membuat desain grafis secara manual

Skill dalam desain grafis juga akan dipengaruhi oleh teknik yang kamu gunakan. Mungkin kamu bisa mencoba untuk membuat desain grafis secara manual. Hal ini akan menjadi latihan yang ideal saat kamu tidak menggunakan perangkat komputer atau tablet yang canggih. Teknik manual ini akan dilakukan dengan membuat sketsa sederhana di sebuah kertas dengan menggunakan alat tulis. Cara seperti ini memang sering dilakukan oleh beberapa desainer profesional untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam membuat konsep desain grafis. Kamu akan terbiasa untuk menghindari kesalahan bila terus menerapkan cara ini.

 

6.       Belajar teknik fotografi

Fotografi memang selalu berhubungan dengan desain grafis. Apalagi sudah banyak fotografer yang menerapkan teknik grafis tertentu untuk melakukan olah digital agar hasil foto terlihat lebih sempurna. Ini bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk mulai menerapkan teknik fotografi dalam membuat desain grafis terbaru dan ideal. Cara ini memang hampir mirip dalam membuat sketsa atau konsep grafis. Namun, metode yang digunakan tentu saja akan bersifat realis karena kamu akan menggunakan perangkat lain dalam menangkap sebuah objek. Selanjutnya objek foto ini akan dikonversi dalam karya grafis yang diintegrasikan dengan perangkat olah digital.

 

7.       Melakukan redesain dari karya grafis milik orang lain

Latihan lain yang bisa meningkatkan kemampuan desain grafis yang kamu butuhkan tentu saja dengan mencoba redesain karya orang lain. Ini adalah contoh latihan yang sangat mudah. Hal yang harus kamu ingat tentu saja hasil dari redesain itu sebaiknya tidak dipublikasikan secara umum. Ini akan berkaitan dengan hak cipta atau menghindari plagiat. Teknik atau metode pembelajaran seperti ini akan memberikan gagasan terbaru bagi kamu untuk mencoba metode yang ideal dalam menciptakan sebuah karya grafis. Apalagi beberapa desainer memang memiliki karakteristik yang berbeda untuk menciptakan sebuah karya desain grafis.

 

8.       Merencanakan proyek untuk diri sendiri

Bila kamu menganggap bahwa kemampuan desain grafis sudah cukup baik tidak ada salahnya untuk merencanakan proyek diri sendiri. Teknik seperti ini memang akan lebih mengedepankan manajemen atau pengelolaan sumber daya dalam membuat karya grafis. Hal yang dibutuhkan tentu saja manajemen waktu, penggunaan sumber daya hingga metode ideal untuk proyek itu sendiri.

 

9.       Bergabung dengan komunitas desain grafis

Ini adalah tips yang sangat disarankan oleh banyak desainer profesional. Kamu harus mulai bergabung dengan berbagai komunitas desain grafis untuk menambah wawasan dan menjadi sarana diskusi. Cara seperti ini dianggap akan menguntungkan kamu dalam jangka panjang.

9 tips untuk meningkatkan skill desain grafis | tokogulali | 4.5

Leave a Reply