Pengertian dan Macam-macam Warna Netral

Assalamualaikum, salam sobat kuliahdesain. pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang Warna Netral. mulai dari pengertian sampai macamnya, serta fungsi dari warna netral itu sendiri. untuk lebih jelasnya langsung dibaca yah.

Apa itu Warna Netral ?

Warna netral adalah warna yang tidak bersaing dengan warna lainnya sehingga mudah dipadukan dengan semua jenis warna. warna dianggap netral berdasarkan seberapa efektif dia dapat berbaur dengan warna lain. warna ini juga biasa disebut sebagai “Earth tones atau nada bumi“.

Warna netral dikatakan sebagai Earth tones, karena warna ini sangat sering kita jumpai di seluruh dunia. misalnya warna dari bebatuan, awan, dan lainnya. semuanya itu bisa menciptakan pemandangan yang indah dan seolah sudah diracik sedemikian rupa. semua itu karena ada warna netral didalamnya.

macam macam warna netral
Macam macam warna netral

Secara umum, warna yang dianggap netral adalah warna Putih, krem, cokelat (tan), abu-abu, kelabu tua (taupe), dan hitam, bahkan biru juga bisa menjadi warna netral. mengapa biru juga ? cobalah lihat pada celana jeans biru denim, yang selalu cocok jika dipadukan dengan warna baju apapun.

Bagi orang awam, mereka hanya mengetahui warna netral itu cuma hitam dan putih.

Warna Netral sama seperti warna lainnya, dapat dibagi menjadi dua kategori : warna netral hangat dan dingin. dimana warna netral dingin memiliki nuansa sejuk dipandang mata. sedangkan warna netral yang hangat, akan memberikan suasana ceria dan semangat.

Macam Macam Warna Netral

Warna netral tampak sangant ringan dan baik sekali dijadikan sebagai warna latar belakang (background). warna yang dapat menyeimbangi warna disekitarnya.

Warna netral dalam interior rumah, cocok sekali digunakan untuk menonjolkan warna yang lebih cerah dan gelap. selain pada dekorasi rumah, warna netral selalu dipakai pada dunia fashion. dimana perpaduan warna netral dengan warna lainnya, dapat menyeimbangi warna kulit manusia.

Jika dikategorikan lagi, hasilnya seperti berikut :

  • Warna Netral Hangat : Coklat, emas, hitam dan krem
  • Warna Netral Dingin : Putih, cream, ivory, abu-abu dan silver.

Dari dua kategori diatas, pada desainer interior rumah selalu menggunakannya dalam membuat skema warna. hasilnya pun sangat efektif bagi penghuni rumah.

Fungsi Warna Netral

Jika melihat dari sisi fungsi, maka warna netral ini memiliki beberapa kegunaan. sebagai berikut :

  • Warna yang bisa menjadi warna utama dari warna lainnya
  • Sebagai warna penghubung antara warna lainnya. misalnya ada dua warna yang kurang cocok dipadukan, maka masukan warna netral di tengahnya sebagai penyeimbang atau spasi.
  • Warna yang standar, tanpa perlu pemikiran panjang, bisa langsung digunakan atau dipadukan. kita tidak perlu capek-capek lagi berimajinasi jika dasarnya adalah warna netral.

Sebagai orang yang memperhatikan penampilan, wajib kita memperhitungkan warna netral. contohnya : kita harus memiliki setidaknya satu sepatu berwarna netral dalam lemari. karena sepatu ini akan mudah dipadukan dengan celana maupun baju. seperti sepatu warna hitam, yang selalu cocok pada warna celana apapun.

Baca juga :

Okelah sobat, semoga informasi tentang apa itu warna netral bisa bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

tags:

macam macam warna coklat, warna netral
Pengertian dan Macam-macam Warna Netral | admin | 4.5

Leave a Reply