Mengenal Aplikasi Desain Bangunan untuk Arsitek

Seiring dengan perkembangan zaman, beragam kemudahan bisa dirasakan di berbagai aspek. Begitu pula saat melakukan desain bangunan, kini para arsitek sudah dipermudah pekerjaannya dengan beberapa aplikasi, dengan berbagai fitur, yang membantu mereka melakukan desain bangunan. Berikut ini beberapa aplikasi desain bangunan yang digunakan para arsitek untuk melakukan pekerjaannya dalam mendesain bangunan.

Cara menjadi arsitek yang baik agar sukses

1. Google Sketchup Pro

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Google juga membuat sebuah aplikasi untuk mendesain bangunan yang bisa digunakan oleh para arsitek. Aplikasi desain bangunan tersebut diberi nama Google Sketchup. Aplikasi keluaran Google tersebut tersedia dalam dua versi: SketchUp Make yang gratis dan SketchUp Pro yang berbayar.

Google SketchUp Pro tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratisnya. Di dalam Google SketchUp Pro, pengguna akan dihadapkan dengan tampilan layar antarmuka yang sangat menarik dan sederhana. Aplikasi yang cukup ringan ini juga mudah untuk dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun. Sehingga pemula bisa membuat pemodelan bentuk 3D dengan senang.

2. Home Designer Suite

Satu aplikasi untuk melakukan desain bangunan yang cukup banyak digunakan oleh para arsitek adalah Home Designer Suite. Aplikasi desain bangunan yang sempat menjadi aplikasi desain terbaik pada tahun 2016 ini memberikan banyak fitur yang sangat lengkap. Fitur-fitur tersebut sangat membantu para arsitek untuk melakukan desain bangunan dengan baik dan rapi.

Para arsitek bisa melakukan desain bangunan dalam bentuk 2D maupun 3D dengan menggunakan Home Designer Suite. Beragam template tersedia di dalam aplikasi tersebut mulai dari tata letak, ruang interior, hingga model rumah, landscape di luar ruangan. Bahkan di dalam Home Designer Suite juga terdapat beberapa komponen seperti lemari dan lantai.

Desain Arsitektur vs Desain Interior

3. ArchiCAD

Sebuah aplikasi untuk melakukan desain bangunan juga dikembangkan oleh salah satu perusahaan asal Hungaria, Hungaria Graphisoft, bernama ArchiCAD. Aplikasi ArchiCAD ini bisa digunakan baik dalam komputer dengan sistem operasi Windows maupun Mac OS X. Aplikasi ArchiCAD ini sudah ada sejak tahun 1987 dan sudah pendapat pengakuan sebagai aplikasi desain pertama.

ArchiCad sangat membantu para arsitek untuk membuat sebuah gambar geometri baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Selain itu, ArchiCAD juga menyediakan alat render tingkat tinggi untuk membuat foto bahkan video yang menyerupai kondisi aslinya. Bagi yang tertarik untuk mempelajarinya, kini sudah ada banyak sekali buku maupun komunitas yang membahas aplikasi ini.

4. Microstation

Berbeda dari beberapa aplikasi desain yang lain, Microstation adalah aplikasi desain yang stabil ketika penggunanya masuk ke dalam aplikasinya. Microstation merupakan sebuah aplikasi CAD yang sangat inovatif untuk digunakan baik oleh arsitek maupun kontraktor. Di dalam Microstation, penggunanya dapat melakukan integrasi berbagai pekerjaan dalam bidang bangunan, sipil, hingga power plant.

Aplikasi Microstation juga dapat digunakan untuk membuat dan mendesain gambar dalam bentuk 2D maupun 3D. Setelah sebelumnya aplikasi ini hanya berkutat pada gambar konstruksi, kini Microstation sudah berkembang dengan memiliki banyak fitur yang semakin lengkap. Fitur tersebut termasuk dalam bidang advanced modelling yang meliputi Boolean Solids, keyframe animation, hingga raytracing.

5. Home Designer Architectural

Home Designer Architectural  menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para arsitek profesional. Untuk menggunakan aplikasi ini relatif cukup mudah sehingga bagi para pemula juga akan cepat belajar untuk menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, seorang arsitek mampu melakukan desain bangunan mulai dari interior hingga eksterior sekalipun.

Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur dan tools yang sangat lengkap untuk mendesain sebuah bangunan dalam bentuk 3D. Tersedia juga berbagai template atau libraries yang dapat membantu untuk mengkreasikan bentuk bangunan yang didesain menggunakan Home Designer Architectural. Sayangnya, aplikasi desain bangunan ini hanya bisa digunakan oleh komputer dengan sistem operasi Mac.

6. Revit Architecture

Merupakan salah satu aplikasi yang berbasis BIM (Building Information Modelling), Revit Architecture menjadi salah satu aplikasi untuk mendesain bangunan yang sangat disarankan untuk digunakan. Seorang arsitek dapat membuat model bangunan secara virtual hingga seperti bangunan aslinya dengan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Selain melakukan desain bangunan dengan detail yang sangat mengagumkan, pengguna Revit Architecture juga bisa melakukan optimasi bangunan sekaligus mendesain bangunannya. Pengguna aplikasi ini juga bisa membuat estimasi anggaran yang harus dikeluarkan dalam membangun bangunan yang didesainnya tersebut. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows.

7. Softplan

Hadirnya aplikasi desain bangunan yang satu ini benar-benar membantu para arsitek dalam melakukan desain bangunan dengan lebih mudah. Softplan merupakan sebuah aplikasi CAD (Computer Aided Design) yang dapat membantu arsitek untuk melakukan transfeer pekerjaan dari yang sebelumnya menggunakan kertas di meja gambar ke dalam sebuah komputer.

Softplan menyediakan fitur untuk menghasilkan sebuah desain bangunan dalam bentuk 3D yang memiliki kualitas tinggi. Aplikasi ini juga akan membantu menyimpan semua detil informasi dari bangunan yang dirancanga ke dalam sebuah model virtual yang keren. Sehingga Softplan akan menghasilkan sebuah dokumen konstruksi yang lengkap dan sempurna.

8. Chief Architect

Chief Architect merupakan sebuah aplikasi desain yang profesional dan dapat membantu arsitek untuk menghasilkan sebuah karya dalam bentuk 3D dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melakukan desain kabinet untuk beberapa tempat seperti dapur dan kamar mandi dengan efektif. Libraries yang tersimpan di dalam aplikasi ini juga sangat banyak dan lengkap.

Kira-kira terdapat kurang lebih 12.000 model interior yang trersimpan di dalam Libraries Chief Architect. Sehingga sangat membantu arsitek untuk melakukan desain bangunan dengan sangat baik. Arsitek juga bisa melakukan rendering desain bangunan menggunakan format 360. Untuk menggunakannya, setidaknya dibutuhkan sebuah komputer dengan OS Windows, memori RAM 2GB, dan harddisk drive sebesar 5GB.

9. AutoCAD Architecture

AutoCAD, sebuah aplikasi komputer berbasis CAD, yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Autodesk menjadi salah satu aplikasi desain yang banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki banyak versi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk para arsitek yang ingin membangun sebuah rumah atau bangunan lain, paling tepat jika menggunakan AutoCAD Architecture.

Macam-macam gaya arsitektur populer

Aplikasi desain bangunan ini memiliki tutorial yang bisa dipelajari oleh pemula. Di dalamnya juga terdapat banyak fitur yang akan membantu arsitek untuk menggambar desain bangunan dengan cepat dan efisien. AutoCAD Architecture juga disebut sebagai aplikasi untuk desain bangunan yang memiliki ketepatan gambar yang sangat baik sehingga banyak disukai oleh arsitek di seluruh dunia.

tags:

aplikasi design bangunan
Mengenal Aplikasi Desain Bangunan untuk Arsitek | volga writer | 4.5

Leave a Reply