Arsitektur Kontemporer Indonesia yang Unik dan Indah

Bentuk karya arsitektur yang dibangun di Indonesia dengan gaya kontemporer merupakan arsitektur kontemporer Indonesia. Ada banyak bangunan yang berdiri di tanah air yang ternyata menganut gaya kontemporer. Para arsitek yang memilih gaya arsitektur yang satu ini patut diacungi jempol karena bisa mengharumkan nama Indonesia melalui karya yang dibuat.

Contoh Bangunan Kontemporer di Indonesia

Membicarakan arsitektur kontemporer Indonesia ada dua bangunan yang bisa dijadikan contoh di sini. Dua bangunan ini sangat unik dan memiliki ciri khas yang sangat kuat. Dua karya yang sangat membanggakan bagi tanah air.

1. Menara Phinisi UNM karya Yu Sing

Banyak masyarakat yang tidak terlalu sadar akan kekayaan Indonesia yang satu ini. Indonesia selain kaya akan sumber daya alam, kaya juga akan bangunan yang unik dan berhasil membawa nama Indonesia ke dunia dalam bidang arsitektur.

Arsitek Yu Sing misalnya, salah satu seorang arsitek yang memiliki banyak karya unik dan indah. Seorang arsitek dari Bandung yang dikenal memiliki karya dari bahan daur ulang dan menjunjung tinggi konsep rumah ramah lingkungan.

Karya dari Yu Sing yang merupakan arsitektur kontemporer Indonesia adalah Menara Phinisi UNM yang megah. Dapat dikatakan menara ini adalah karya paling berkesan dari Yu Sing. Sangat unik dan juga identik dengan rancangan lain yang pernah dibuatnya.

2. Green School Bali

Selain karya dari Yu Sing di Pulau Dewata banyak sekali bangunan yang memutuskan untuk menggunakan konsep arsitektur kontemporer. Nah, arsitektur kontemporer Indonesia di Bali yang cukup terkenal adalah Green School Bali.

Lokasi dari Green School Bali ini ada di Jalan raya Sibang Kaja, masuk Kabupaten Badung. Green School ini sendiri merupakan sekolah yang dibangun menggunakan arsitektur bamboo. Bangunan dengan material bamboo ini adalah yang pertama di Indonesia.

Gedung sekolahan itu dibuat oleh Bamboo design and build yang mengutamakan arsitektur ramah lingkungan. Wujudnya yang terlihat seperti jamur spiral menambah kesan unik yang dimiliki. Bangunan ini pernah menang dan mendapatkan penghargaan the 2012 Greenest School on Earth oleh U.S Green Building Council’s Center for Green Schools.

Karakter Arsitektur Kontemporer

Bagi masyarakat yang sedikit mengerti akan dunia arsitektur, gaya kontemporer adalah bangunan yang memiliki bentuk yang aneh dan unik. Memang bangunan dengan ciri tersebut bisa dikatakan menganut gaya kontemporer namun itu belum tentu demikian.

Nah agar bisa membedakan mana yang merupakan arsitektur kontemporer Indonesia dan mana yang bukan berikut ini ada beberapa karakteristik dari arsitektur kontemporer itu sendiri.

1. Desain Atap

Biasanya bangunan dengan gaya kontemporer memiliki desain atap yang unik dan tidak umum. Atapnya kadang berbentuk datar, melengkung atau berbentuk custom. Hal ini menambah nilai artistik tersendiri.

2. Sistem Pencahayaan Alami

Majunya teknologi sekarang ini bisa memudahkan arsitek menerapkan gaya kontemporer salah satunya pada sistem pencahayaan ruang. Agar ruangan bisa memiliki manfaat yang maksimal bisa menerapkan sistem pencahayaan alami.

Maka dari itu kebanyakan bangunan dengan gaya kontemporer memiliki bukaan yakni jendela yang lebar, skylight, dan void yang berguna sebagai pemerataan cahaya yang masuk ke dalam suatu ruang.

3. Pemanfaatan Ruang Terbuka

Arsitektur kontemporer Indonesia biasanya memiliki ruangan yang lebih menyatu. Penggunaan sekat yang amat minim adalah salah satu ciri bangunan kontemporer ini. Membuat ruang jadi lebih terbuka dan luas.

4. Material Eksterior Bangunan

Karakteristik arsitektur kontemporer Indonesia yang lain adalah bahan atau material yang digunakan tidak terpaku pada satu bahan. Jenis material apa saja bisa digunakan seperti dua contoh bangunan yang sudah disebutkan sebelumnya yang menggunakan bahan daur ulang serta bamboo. Sisi positifnya adalah arsitek mampu berkarya tanpa batas.

Bisa dikatakan bangunan ini menggunakan material yang tidak umum. Atap dan dinding biasanya menggunakan kaca atau logam. Kaca bisa menjadi bukaan ruang lebih maksimal. Kebanyakan bahan yang digunakan memang yang berasal dari teknologi canggih namun tetap ramah akan lingkungan.

5. Lekuk atau Melengkung

Gedung yang memiliki banyak garis melengkung bisa dikategorikan pada arsitektur kontemporer. Ini adalah salah satu ciri khas tersendiri. Sekarang ini banyak gedung yang memadukan garis lurus dengan garis melengkung pada suatu bangunan untuk menambah kesan unik dan indah pada gedung atau bangunan tersebut.

6. Palet Warna Netral dan Tegas

Karakteristik berikutnya adalah penggunaan warna netral dan tegas pada bangunan baik untuk interior atau eksteriornya, warna putih, hitam, dan abu-abu lebih mendominasi bangunan yang menggunakan gaya kontemporer ini. Didukung dengan warna solid seperti merah dan kuning ciri khas gaya kontemporer bisa lebih hidup.

7. Memperhatikan Aspek Lingkungan

Keunggulan dari arsitektur kontemporer Indonesia ini adalah bangunan yang menyatu dengan alam. Poin ramah lingkungan selalu ditonjolkan dalam pembangunan karya yang indah dan modern ini. Tujuannya adalah pemilik bangunan bisa mengintegrasikan rumah dengan alam yang ada di sekelilingnya. Rumah pun bisa memiliki nilai estetika tinggi dengan fungsi yang optimal.

8. Animated Architecture

Ciri khas lainnya adalah kesan hidup pada bangunan dengan gaya kontemporer. Bangunan yang merupakan salah satu jenis benda mati dengan adanya gaya arsitektur ini bisa terlihat hidup. Ada beberapa bangunan yang menerapkan gaya kontemporer jadi terlihat seperti sedang bergerak.

Hal ini karena kreatifitas yang tinggi tertuang pada bangunan tersebut. Sifat dinamis juga tidak pernah tertinggal pada arsitektur kontemporer, menjadikan unsur animasi sangat terasa.

Melihat beberapa karakteristik atau ciri dari gaya kontemporer pada suatu bangunan dapat dikatakan tidak ada aturan atau tidak ada batasan dalam berkreasi saat membangun sebuah gedung atau hunian. Gaya arsitektur ini sangat cocok bagi yang suka dengan hal-hal berbau unik dan tidak umum.

Sekarang ini sudah banyak bangunan yang menerapkan gaya kontemporer tersebut terutama di Indonesia. Baik itu hotel, villa, museum, rumah, sampai sekolah pun memilih gaya kontemporer sebagai ciri khas bangunan yang dimiliki. Selain bisa bebas berkreasi, baik untuk eksterior dan interior gedung atau bangunan bisa lebih ramah lingkungan.

Well, tidak ada salahnya menerapkan gaya kontemporer pada sebuah rumah tinggal. Untuk menambah rasa nyaman setiap anggota keluarga, tidak ada batasan ruang di dalam rumah akan menambah keakraban setiap anggota keluarga bukan?

tags:

arsitektur kontemporer indonesia, gambar gedung aesitektur di payakumbuh berserta interror eksterior
Arsitektur Kontemporer Indonesia yang Unik dan Indah | volga writer | 4.5

Leave a Reply