Cara Buat Kata Mutiara Dengan Menggunakan Adobe Photoshop


Kata mutiara adalah sebuah cara untuk menginspirasi orang lain dengan menggunakan kata-kata dan kata mutiara biasanya dihasilkan dari pemikiran pribadi atau diambil dari potongan dalam sebuah buku.

Kata mutiara bisa mencerminkan sebuah kata yang memiliki kekuatan untuk memberikan semangat kepada seseorang dan penggunaan kata mutiara seringkali terlihat di media sosial.

Kata mutiara biasanya dikeluarkan oleh seorang penulis buku atau siapapun yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah tulisan keren. Indonesia memiliki banyak penulis buku yang seringkali membuat kata-kata mutiara seperti Tere Lie dan Fiersa Besari.

Keduanya adalah contoh penulis buku yang banyak menghasilkan kutipan kata mutiara berkualitas dan kata-katanya banyak di repost ulang oleh para anak muda yang menggunakan sosial media.

Cara merubah latar belakang foto di photoshop

Ada banyak sosial media yang sering digunakan oleh anak muda seperti Instagram, Facebook, Twitter dan sosial media lainnya. Namun kini sosial media yang sedang trending adalah Instagram, hal ini terbukti dari banyaknya pengguna yang mengakses IG.

Untuk membuat sebuah kata mutiara yang banyak mendapatkan like tentu bukanlah hal yang mudah, karena tak hanya kata-katanya saja yang harus bagus. Editing gambar serta tulisannya juga haruslah baik, agar menarik minat para pengguna IG. Berikut ini cara buat kata mutiara dengan menggunakan adobe photoshop:

1. Siapkan gambar dan kata mutiara

Hal pertama yang harus disiapkan saat akan membuat kata mutiara adalah kata-katanya yang bagus dan jangan lupa siapkan juga gambarnya. Usahakan gambar dan kata mutiara simpan pada lokasi yang sama. Disini untuk gambar saya simpan dengan format PNG dan untuk kata-katanya sayabuat dengan notepad.

2. Siapkan aplikasi

Siapkan aplikasi adobe photoshopnya dan jika belum memilikinya, kamu bisa mendapatkan aplikasinya di berbagai website secara gratis dan usahakan carilah website yang ternama, agar keamanan download terjaga. Hati-hati dengan website yang tidak resmi, karena banyak menyediakan aplikasi yang mengundang banyak virus ke komputer.

3. Buka lembar kerja

Buka lembar kerja baru di adobe photoshop dengan cara klik file kemudian klik new atau baru dan setelah itu akan muncul pilihan untuk menentukan ukuran lembar gambar yang akan di buat, disini dicontohkan adalah ukuran 640×640 pixel untuk standar ukuran upload konten di Instagram. Buka lembar kerja dalam posisi transparan, agar memudahkan dalam proses edit.

4. Masukan gambar yang akan dijadikan kata mutiara

Proses selanjutnya adalah membuka gambar yang akan dibuat latar belakang kata mutiara dengan cara klik file, kemudian place dan carilah posisi penyimpanan gambar, lalu pilih gambarnya dengan klik place. Jika kamu juga ingin menggunakan gambar lain tinggal cari gambarnya di google dan sebaiknya cari gambar yang memiliki resolusi besar, agar saat di desain gambar tidak pecah.

5. Rapihkan posisi gambar

Setelah gambar muncul di adobe, segeralah rapihkan posisi gambar dengan cara menyesuaikan posisinya dan hal ini bisa dilakukan dengan cara menggeser gambar, memperbesar gambar serta memperkecil ukuran gambar. Merapihkan posisi gambar bisa menggunakan move tool dan kamu bisa menggeser gambar sesuai dengan keinginan. Buat posisi gambar serapih mungkin agar memudahkan kamu untuk membuat sebuah kata mutiara yang memiliki desain unik dan jangan terpaku dengan cahaya gambar, karena soal cahaya gambar bisa diubah-ubah dengan mudah.

6. Masukan teks diatas posisi gambar

Teks yang telah disiapkan dimasukan ke dalam adobe dan pilihlah huruf yang sesuai kriteria. Posisikan teks sesuai dengan keinginan kamu dan disini dicontohkan bahwa teks dipasang di tengah-tengah. Pilihkan huruf yang pas dengan kualitas gambarnya, buat tulisan seakan-akan menyatu dengan gambar dan sebaiknya simpan posisi gambar pada bagian bawah di area layer dan huruf simpan dibagian atas pada layer.

7. Beri variasi pada teks

Untuk memberikan variasi pada teks bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya dengan mengubah pada area layer style. Hal ini akan menambah daya tarik terhadap kata mutiara yang akan dibuat dan kata mutiara akan lebih banyak yang merepost. Kamu juga bisa memberikan variasi terhadap huruf yang akan digunakan pada kata mutiara dan disini dicontohkan dengan membuat gambar gelap, hal ini membuat posisi teks menjadi lebih terlihat dominan. Untuk membuat gambar menjadi redup kamu bisa menggunakan fitur image dibagian atas dan pilihkan menu contrass, disini kamu bisa atur kualitas cahaya yang akan digunakan.

8. Simpan hasil pekerjaan

Saat kata mutiara selesai dikerjakan, kamu tinggal save hasil pekerjaan dalam bentuk PNG atau JPG dan simpanlah file pada area yang mudah untuk ditemukan. Setelah disimpan gambarpun sudah siap untuk di upload di sosial media.

Jika dilihat memang software ini banyak sekali kelebihannya, namun dibalik itu semua tentu ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui juga seperti:

Kelemahan-kelemahan yang terdapat di Adobe Photoshop

1. software ini hanya bisa menciptakan gambar statis

Kelemahan ini akan sangat terlihat pada versi Photoshop yang lama atau lawas. Adobe Photoshop versi lawas juga hanya akan dapat menciptakan gambar yang sangat statis.

2. Harga yang tergolong masih mahal

Tentunya akan sangat wajar ya, mengapa? Karena dengan adanya berbagai fitur yang dipunyai oleh software ini, tentu harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Namun untuk beberapa  orang, harga yang ditawarkan pada saat ini terlalu tinggi sehingga bisa menjadi sebuah kekurangan tersendiri nantinya.

3. software ini butuh sebuah spesifikasi komputer yang sangat tinggi

Tentunya juga akan sama dengan seperti di atas dengan berbagai fitur yang ada di Photosop, tentu akan butuh sebuah spesifikasi komputer yang juga sangat tinggi. Namun untuk beberapa orang tentu hal tersebut bisa juga menghambat fleksibilitas ketika anda sedang melakukan proses editing, hal tersebut dikarenakan tidak bisa dilakukan di komputer yang lainnya sehingga anda menjadi sebuah kekurangan tersendiri.

4. memiliki layer bejibun

Selain itu juga terlalu banyak layer yang dipergunakan sehingga akan bisa membingunngkan para penggunanya, terutama untuk meraka yang masih begitu awam dan belum mengerti mengenai layer. Hal ini juga dapat menghambat untuk operasionalisasi Photoshop bagi orang awam.

5. membuat desain majalah atau brosur yang kurang baik

Tentunya akan kurang handal di dalam pembuatan majalah maupun brosur. Photoshop dapat digunakan guna untuk melakukan sebuah desain majalah maupun brosur, namun di dalam pembuatan sebuah majalah dan brosur tersebut mungkin nanti hasilnya akan realtif kurang bagus hal tersebut dikarenakan akan ada terlalu banyak tulisan sementara Photosop tidak dapat sempurna ketika dalam pembuatan sebuah paragraf dikarenakan memang tidak untuk didesain melakukan hal tersebut.

Sekian bahasan mengenai artikel cara buat kata mutiara dengan menggunakan adobe photoshop dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Cara Buat Kata Mutiara Dengan Menggunakan Adobe Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply