5 Cara Jitu Menghilangkan Sablon Pada Jaket

Sablon dapat ditemukan di berbagai pakaian, termasuk jaket. dimana sablon digunakan sebagi teknik mencetak tinta pada bahan sesuai dengan keinginan. Setelah melalui rangkaian proses cetak, sablon akan melekat pada kain. Oleh karena itu, sablon sulit untuk dihilangkan meskipun telah dicuci berulang kalinamun, kamubisa mengganti atau menghapus sablon tersebut sesuai selera. Berikut cara menghilangkan sablon pada jaket yang paling efektif. Berikut Beberapa Cara Untuk Menghapus Sablon Pada Jaket :

cara menghilangkan sablon pada jaket
Sebelum dan sesudah sablon di hilangkan pada jaket

1. Langkah Menghilangkan Sablon Dari Jenis Polyflex

Sablon jenis ini biasanya telah menggunakan mesin pada proses penyablonananya. Hal ini terlihat dari ciri nya yang lebih tipis dan lentur jika dibandingkan dengan yang lainnya. Kamu bisa menemui jenis sablon ini di jersey, distro hingga jaket. Untuk menghilangkan bekas sablon jenis ini dirasacukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti alkohol, setrika, dan kain yang digunakan sebagai alas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan setrika selama kuran glebih 3 hingga 5 menit. Kemduian, letakkan kain tersebut di atas jaket yang bertujuan agar setrika tidak mengenai sablon secara langsung. Setelah itu, tempelkan setrika di atas lembaran kain dan biarkan selama 5 hingga 7 detik saja. Dirasa cukup, angkat setrika dan mulai oleskan alkohol pada sablon yang masih panas.

Pemberian alkoholini berfungsi untuk membuat kerutan pada sablon, dimana kerutan ini tanda sablon bisa dihilangkan. Kamu bisa menghilangkan kerutan tersebut menggunakan kain. Cara menghilangkan sablon selanjutnya adalah mencuci pakaian seperti biasa. Sablon jenis ini termasuk sablon yang mudah digunakan, namun tergantung dari bahan polyflex yang digunakan. Jika sablon yang ada pada pakaian cukup tipis, kamu bisa menghilangkannya tanpa menggunakan alkohol.

Baca juga : Cara membuat mockup kaos di photoshop

2. Cara Menghilangkan Sablon Dari Jenis Ruber

Sablon ini biasa ditemukan pada pakaian yang berwarna gelap. Hal ini diketahui dari ciri khas yang elastis dan gambar atau tulisan timbul. Kelebihan sablon ini adalah awet dan tidak mudah merusak setrika, sehingga kamu bisa menyetrika bagian sablonnya secara langsung. Untuk menghilangkan gambar atau tulisan pada pakaian yang menggunakan sablon ini, kamu perlu menggunakan cairan M3 / M4 yang bisa dibeli di toko perlengkapan sablon.

Hal pertamayang harus dilakukan adalah menyiapkan cairan M3 / M4 yang dijual sekitar Rp. 7.000 hingga Rp. 10.00 per botolnya. Untuk memulai, sebaiknya gunakan kain kering dan bersih. Basahi kain tersebut dengan menggunakan M3 atau M4 secukupnya saja. Oleskan kain tersebut ke pakaian yang akan dihilangkan jejak sablonnya. Setelah itu, kamu bisa menggosok sablon menggunakan siakt gigi ataupun sikat cuci.

Gosok terus dan lakukan secara berulang hingga sisa lem pada sablon mulai menghilang. Untuk hasil yang maksimal, cuci pakaian dari sisa cairan dan lem agar tidak ada bekas yang masih menempel. Kemudian, keringkan pakaian dan lihatlah hasilnya. Jika dirasa hasil kurang maksimal, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan sablon ini berulang kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Tips Menghilangkan Sablon Dari Jenis Plastol

Sablon plastol biasanya terbuat dari minyak atau lebih dikenal dengan nama PVC. Sablon ini merupakan salah satu sablon yang memiliki harga tinggi, kareana memiliki daya lekat yang sangat kuat. Selain itu, sablon jenis ini dapat mencetak gambar maupun tulisan secara detail raster atau dot walaupun ukurannya sangat kecil. Selain awet, sablon ini membuat tampilan terlihat lebih keren yang membuatnya banyak dicari.

Untuk menghilangkan hasil sablon ini, anda perlu menyiapkan cairan M3 atau M4, karena cairan ini sangat ampuh untuk menghapus sablon. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menghapus sablon adalah membasahi kain yang bersih dengan cairan M3 atau M4 hingga kain benar benar basah. Lalu tempelkan kain tersebut pada bagian belakang sablon, terus lakukan hingga cairan ini menyerap lem sablon dan tunggu beberapa saat.

Langkah selanjutnya untuk cara menghilangkan sablon adalah, pastikan bahwa lem pada sablon telah menghilang. Kamu bisa melihat ciri lem sudah mulai menghilang dengan melihat adanya kerutan pada sablon. Kemudian, sikatlah sablonmenggunakan sikat gigi atau menggunakan sikat cuci. Perlahan, sablon akan terangkat dan cucilah pakaian tersebut seperti biasa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan Sablon Dari Jenis Pigmen

Sablon jenis ini berkebalikan dengan sablon jenis ruber. Hal ini dikarenakan sablon jenis ruber biasa digunakan untuk pakaian berwarna gelap, justrtu sablon jenis pigmen digunakan pada pakaian berwarna terang. Sablon ini memiliki sifat yang mirip dengan tinta, yaitu dapat mneyerap hingga ke serat pakaian. Untuk sablon yang biasa digunakan untuk warna terang, maka cara menghapussablon juga berbeda, agar warna baju tidak gampang pudar.

Untuk menghapus sablon jenis ini, kamu pelu melakukan beebrapa tahapan. Yang pertama, basahi kain bersih terlebih dahulu menggunakan cairan M3 atau M4 hingga kain benar benar basah. Langkah selanjutnya, tempelkan kain basah tersebut ke bagian belakang sablon hingga cairan menyerap dengan sempurna. Setelah itu, cukup diamkan beberapa saat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan cara ini, lem pada sablon perlahan akan menghilang atau akan meninggalkan jejak kerutan. Jika pakaian sudah menunjukkan tanda tanda tersebut, sikatlah sablon menggunakan sikat gigi atau sikat cuci hingga sablon perlahan mulai terangkat. Setelah semua proses dilakukan, kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa. Gunakan pewangi pakaian agar tampak lebih bersih dan wangi.

5. Langkah Menghilangkan Sablon Dari Jenis Glitter

Jika ingin menghapus sablon jenis ini, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang cukup sederhana, yaitu kain kering dan bersih, cairan M3 atau M4, dan sikat gigi atau sikat cuci. Setelah semua alat dan bahan tersedia, kamu bisa mencoba langkah untuk menghapus sablon yang ada pada jaket.  Cara menghilangkan sablon jenis iniadalah dengan menggunakan carian M3 atau M4.

Pastikan kain yang dioleskan cairan ini  telah membasahi hingga bagian belakang sablon. Kemudian oleskan hingga merata hingga lem yang ada pada laposan dasar sablon ikut terangkat. Setelah sablon mulai terdapat kerutan, hilangkan sablon tersebut menggunakan silet. jika sudah selesai, kamu bisa menggosok sisa lem yang masih tertinggal menggunakan sikat gigi atau sikat kain. Lakukan secara berulang hingga sisa lem menghilang.

Sablon jenis ini banyak ditemukan pada jenis pakaian wanita, dimana terdapat pernak pernik yang tampak bersinar diatas sablon. Sablon ini banyak digemari lantaran memiliki banyak warna dan terlihat lebih mewah. terutama saat glitter ini terkena sorotan lampu, sehingga menghasilkan cahaya yang indah untuk dilihat.Dengan menggunakan cara menghilangkan sablon ini, pakaian akan bersih secara efektif.Tidak mengherankan bila sablon jenis ini digemari oleh sebagian orang.

Untuk melepaskan sablon dari jaket, memerlukan beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebelum menghapus sablon tersebut, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis sablon yang ada pada pakaianmu, agar sablon dapat dibersihkan secara optimal. Dengan mengetahui jenis sablon yang  disematkan, kamu dapat meghapus sablon lebih mudah tanpa merusak kain pada pakaian kesayanganmu.

Lihat juga :

Baiklah sobat, semoga tips menghilangkan sablon pada jaket bisa membantu kalian. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

5 Cara Jitu Menghilangkan Sablon Pada Jaket | admin | 4.5

Leave a Reply