Cara Merubah Ukuran dan Membuat Gambar Profil FB Dengan Adobe Photoshop

Sampai dengan saat ini memang photoshop telah tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS, adapun memang untuk versi 9 ke atas juga bisa anda pergunakan di sistem operasi lain seperti halnya Linux dengan menggunakan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Walaupun memang pada awalnya Photoshop telah dirancang untuk menyunting beberapa gambar sekaligus dalam bentuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang terdapat di saat ini juga bisa anda gunakan untuk memproduksi gambar dalam World Wide Web. Beberapa versi terakhirnya juga memang akan menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, dalam keperluan itu.

Photoshop juga mempunyai hubungan yang begitu erat dengan beberapa software penyunting media, animasi, dan authoring yang merupakan buatan software sekelas adobe yang lainnya.

Terdapat juga file format asli Photoshop, PSD, bisa juga dengan mengekspor ke dan dari Adobe Illustrator, Adobe ImageReady. Adobe Premiere Pro, Adobe Encore DVD untuk bisa DVD profesional dan juga After Effects, dengan anda menyediakan penyuntingan gambar yang non-linear dan layanan special effect seperti halnya background, tekstur, dan lain sebagainya untuk keperluan seperti halnya televisi, film, dan situs web.


Ukuran gambar seringkali menjadi kendala bagi banyak orang, karena untuk merubah ukuran gambar bukanlah soal perkara yang mudah dan salah sati aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah ukuran gambar adalah adobe photoshop. Sampai saat ini photoshop menjadi salah satu aplikasi edit gambar terpopuler di Indonesia, namun penggunaan photoshop bagi para pemula tidaklah mudah dan ada berbagai hal yang meski dipelajari.

Menyesuaikan ukuran gambar sesuai keinginan di photoshop sebenarnya dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana dan tidak perlu memerlukan waktu yang lama. Berikut ini adalah cara merubah ukuran gambar dengan adobe photoshop:

  • Siapkan file

Untuk merubah ukuran gambar langkah awalnya adalah menyiapkan file gambarnya dan simpanlah gambar pada lokasi yang mudah ditemukan. File gambar yang disediakan bisa bermacam-macam formatnya dan format paling umum adalah png serta jpg.

  • Masukan file

Langkah kedua adalah memasukan file gambar ke aplikasi photoshop dan cara memasukannya sangatlah mudah yaitu dengan klik file, kemudian pilih open. Setelah file masuk ke photoshop, maka kamu tinggal mengubah ukuran file sesuai keinginan.

  • Ubah ukuran

Pengubahan ukuran dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu pilih menu image pada bagian atas dan pilih image size atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi huruf alt+ctrl+I, setelah langkah ini akan keluar pengaturan ukurannya.

  • Ubah pengaturan

Pada tahap ini kamu bisa menentukan ukuran gambar sesuai dengan keinginan da nada beberapa pilihan yang bisa saja di ubah. Bisa ubah lebar gambar pada bagian width dan tinggi juga dapat diubah pada bagian height. Tak hanya itu file yang tadinya pixels juga dapat diubah menjadi cm agar lebih besar dan resolusi maksimal yang sering digunakan adalah 72 pixels atau inci. Pada gambar di bawah ini gambar diubah menjadi ukuran lebar 200 dan tinggi 200.

  • Simpan gambar

Setelah pekerjaan selesai kamu tinggal simpan pekerjaan dengan cara klik file, kemudian pilih save dan pilih lokasi serta format gambar yang diinginkan.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara merubah ukuran gambar dengan adobe photoshop dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

2. Membuat desain foto profil facebook

Facebook adalah sarana komunikasi online yang sangat popular di Indonesia dan pengguna facebook di Indonesia sangatlah tinggi. Dengan facebook banyak orang mendapatkan teman baru dan mendapatkan pengalaman baru. Tampilan profil facebook sangatlah penting, karena dengan tampilan yang baik akan banyak orang tergoda untuk berteman da nada berbagai cara yang bisa ditempuh agar memiliki foto profil keren. Berikut ini adalah cara membuat foto profil facebook yang menarik dengan adobe photoshop:

  • Siapkan lembar kerja

Pada tahap pertama siapkanlah lembar kerja untuk membuat foto profil facebook dan ukuran yang biasa digunakan adalah tinggi 170 pixels dan lebar 170 pixels, gunakanlah resolution 72 pixels.

  • Masukan foto ke aplikasi

Tahap kedua adalah memasukan gambit ke aplikasi adobe photoshop dengan cara klik file, kemudian pilih place dan pilih foto yang telah disiapkan dengan format png. Siapkanlah foto dengan format png, hal ini perlu dilakukan agar fotonya tak memiliki latar belakang.

  • Sesuaikan tampilan foto

Sesuaikan tampilan foro sesuai dengan keinginan dan pada gambar di bawah ini tampilan foto yang dipilih adalah dengan menampilkan foto setengah badan. Posisi gambar letakan di tengah dan agar tampilan gambar menjadi lebih baik, sesuaikan juga cahaya gambarnya.

  • Simpan hasil pekerjaan

Setelah beres menyelesaikan proses editing langsung saja simpan file foto dengan cara klik file, kemudian pilih save atau simpan dan kamu bisa menyimpan file dengan berbagai format seperti jpg, jpeg, png dan adobe photoshop.

  • Hasil pengerjaan

Setelah file disimpan kamu sudah bisa digunakan untuk foto profil facebook dan file bisa ditemukan di tempat penyimpanan yang telah ditentukan sebelumnya. Tampilan foto yang bagus biasanya mengundang banyak orang yang menambahkan kamu sebagai teman dan dengan jumlah teman yang banyak akan membuat akun facebook kamu terkenal.  

Baca juga tutorial photoshop lainnya :

Demikian ulasan artikel cara membuat foto profil facebook yang menarik dengan adobe photoshop dan semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

Cara Merubah Ukuran dan Membuat Gambar Profil FB Dengan Adobe Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply