20+ Contoh Poster Kebersihan Lingkungan Sekolah dan Rumah

Assalamualaikum.Menjaga kebersihan lingkungan di sekolah dan rumah adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Setiap orang tentunya menginginkan lingkungan rumah dan sekolah yang sehat agar terhidar dari berbagai macam penyakit. Hal tersebut juga pastinya berlaku di sekolah, dimana terdapat proses belajar mengajar maka tentu saja lingkungan haruslah terlihat bersih. Untuk itu, kali akan diulas tentang cara menjaga lingkungan baik di rumah ataupun di sekolah.

Poster Kebersihan Lingkungan Umum

Sebagai manusia yang cinta kebersihan, maka tidak boleh malas membersihkan. karena kebersihan akan berdampak pada kesehatan. baik itu kesehatan lingkungan maupun diri kita sendiri.

Poster Kebersihan Sebagian Dari Iman

Umat Muslim sudah dianjurkan sejak dahulu untuk bersih. seperti Sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi :

Kebersihan sebagian dari iman. (HR Al Tirmidzi).

Namun ini adalah hadits dhaif. akan tetapi maknanya tetap baik. jadi hadits yang asli itu berbunyi, sebagai berikut :

Bersuci itu separuh keimanan. (HR Muslim)

poster kebersihan sebagian dari iman

Poster Kebersihan Yang Mudah digambar

poster kebersihan yang mudah digambar

Gambar Poster Kebersihan Lucu

POSTER KEBERSIHAN LUCU

Gambar Poster Kebersihan ditempat Ibadah

poster ekebersihan di tempat ibadah

Poster Menjaga Kebersihan di Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim. sedangkan Allah sangat mencintai kebersihan. oleh karena itu kebersihan masjid harus selalu dijaga. selain mendapatkan ketenangan, kita juga mendapat pahala.

poster kebersihan masjid
poster menjaga kebersihan masjid

Poster Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

1. Poster Kebersihan Dengan Rajin Membuang Sampah

Poster kebersihan lingkungan
Boy Throwing Garbage In The Trash Can.

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuang sampah pad tempatnya. Selain itu jika anda berada di lingkungan rumah, pastinya setiap keluarga akan memiliki sampah. Agar menjaga lingkungan tetap bersih, anda perlu menghindari sampah yang menumpuk. Jika sampah di rumah anda menumpuk, maka tentunya sampah tersebut bisa menjadi sarang lalat dan nyamuk. Sehingga nantinya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Cara menjaga lingkungan dengan rajin membuang sampah pada tempatnya juga perlu anda terapkan pula di sekolah. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, maka tentu saja anda dapat membuang sampah dengan teratur, anda pun bisa juga dengan membedakn sampah organik dengan sampah anorganik. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mempermudah dalam memilah sampah yang ramah terhadap lingkungan dan juga tidak.

2. Poster Mengubur Sampah Basah Organik

Sampah memang telah diketahui sebagai salah satu sumber penyakit. Oleh sebab itu, berbagai jenis sampah apapun mulai dari sampah basah hingga sampah kering dan sampah kimia sekalipun tentu saja dapat anda atasi dengan cara menguburnya, terutama sampah basah. Hal tersebut dikarenakan sampah basah yang dikubur, maka nantinya sampah tersebut akan terurai di dalm tanah. Sehingga akan manjadi bermanfaat untuk tanaman.

3. Poster Menanam Pohon Dan Bunga Untuk Kebersihan Lingkungan

Dengan menaman pohon dan berbagai bunga di halaman, hal ini tentunya dapat menjadi salah satu cara menjaga lingkungan rumah agar tampak lebih asri. Anda bisa mulai dengan menanam sebanyak mungkin pohon yang berfungsi untuk memperindah halaman rumah anda. Jika anda memiliki halaman yang indah tentu saja dapat memperbaiki suasana hati si pemilik rumah. Selain itu, juga berfungsi untuk memberikan udara yang sejuk dan segar bagi keluarga anda.

4. Poster Menjaga Kebersihan Lingkungan Dengan Sirkulasi Udara

Selain itu, anda juga bisa menjaga lingkungan dengan rajin untuk membuka jendela rumah anda. Hal ini tentu saja berguna untuk membiarkan cahay matahri masuk dan menyinari rumah anda. jika anda sering membuka jendela rumah anda, maka sirkulasi udara di rumah anda pun juga semakin baik dan tidak pengap. Dan anda juga dapat mengganti hawa buruk yang ada di rumah anda dan menggantinya dengan udara segar jika anda membuka jendela rumah anda.

5. Dengan Melakukan Vooging Minimal Dua Bulan Sekali

Vooging merupakan salah satu cara yang bisa anda lakuakn untuk menghindari keluarga anda dari adanya serangan nyamuk ataupun berbagao serangga lain yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, dengan melakukan vooging secara rutin, maka hal tersebut nantinya akan dapat mencegah penularan penyakit yang berbahaya seperti malaria dan deman berdarah. Sehingga cara ini bisa dilakukan agar keluarga anda tidak terserang penyakit satu ini.

Poster Menjaga Kebersihan Sekolah

1. Poster Kebersihan Sekolah Membersihkan Kolong Meja

poster kebersihan kelas
poster kebersihan kelas

Cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih adalah rajin untuk membersihkan kolong meja. Hal ini dikarenakan kolong meja merupakan tempat yang gelap, sehingga nyamuk pun akan senang untuk bersarang disana. Selain itu, setiap murid tentunya harus mampu untuk menjaga kebersihan kolong mejanya sendiri yakni dengan cara tidak membuang sampah di kolong meh dan menumpuknya. Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus tentunya akan membuat kolong meja menjadi jorok.

2. Menjaga Kebersihan Sekolah Dengan Mengurangi Sampah Plastik

contoh poster kebersihan sekolah mengurangi sampah plastik

Salah satu jenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan dan membutuhkan waktu lama untuk proses penguraiannya adalah plastik. Untuk itu, pihak sekolah pun bisa mensiasatinya dengan mengurangi penggunaan plastik selama di sekolah. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan makan siang yang menggunakan piring, ataupun membawa bekal makanan dan minuman sendiri yang tentunya bisa dipakai berulang kali.

3. Menjaga Kebersihan Toilet

inside the bathroom of the nursery school with white sinks and doors yellow

Memastikan toilet sekolah tetap bersih merupakan salah satu cara menjaga lingkungan di sekolah yang harus anda terapkan. Hal ini dikarenakan hampir di setiap sekolah pastinya memiliki jumlah toilet yang banyak. Jika seluruh penghuni sekolah merawat toilet tetap bersih dan terawat tentunya akan menguntungkan bagi semua orang yang berada di lingkungan sekolah tersebut.

Untuk itu, toilet yang dipakai bersama atau yang bersifat umum ini tentu saja kan digunkaan untuk berulang kali dengan bebas untuk warga sekolah. Karena itulah, setiap penghuni sekolah tentu saja harus menjaga kebersihan toilet sehingga nantinya tidak akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam menggunakannya. Cara kecil yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak membuang sampah di toilet dan selalu membersihkan toilet setelah menggunakannya.

4. Membersihkan Sekolah Bersama-sama

poster kebersihan sekolah

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan melakukan kegiatan piket kelas secara rutin dan teratur. Kegiatan ini tentu saja harus dihidupkan dan selalu dilaksanakan setiap hari. Hal tersebut dikarenakan ruangan kelas setiap hari akan selalu digunakan, maka tentu saja sampah dan debu yang berserakan akan selalu muncul setiap hari.

Dengan kegiatan piket kelas yang rutin diadakan berdasarkan kelompoknya, maka tentu saja kegiatan tersebut dinilai dapat meminimalisir kotoran yang ada di dalam ruang kelas. Kegiatan piket kelas tersebut dapat dilakuakan dengan berbagai cara, mulai dari membersihkan langit-langit kelasm mengepel lantai, menyapu kelas dan membersihkan kaca serta yang lainnya.

5. Dengan Merawat Taman Sekolah Dan Membersihkan Saluran Air

poster kebersihan sekolah

Setelah menjaga kebersihan kelas, cara menjaga lingkungan selanjutnya adalah denagn merawat taman sekolah agar terlihat lebih indah dan bersih. Untuk itu, warga di sekolah pun mulai bisa untuk merawat taman yang merupakan komponen yang sangat penting untuk keindahan sekolah. Keberadaan taman sekolah tentunya dapat menjadikan sekolah akan terlihat lebih asri dan juga indah apalagi jika dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.

Selain itu, anda juga bisa selalu membuat saluran air terlihat bersih dengan cara bergotong royong untuk kerja bakti dan membersihkannya secara teratur. Hal tersebut disebabkan saluran air merupakan tempat yang kotor dan banyak sampah yang menumpuk. Oleh sebab otu menjaga kebersihan dari selokan sekolah haruslah rajin untuk dilakukan untuk membuat lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan sehat.

Menjaga lingkungan di sekolah dan rumah agar tetap bersih merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan menjaga lingkungan tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi semua penghuni rumah ataupun sekolah. Hal ini dikarenakan kebersihan akan selalu tetap terjaga dan juga akan menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit.

Baca juga :

Baiklah sobat, itulah beberapa poster tentang kesehatan. semoga bisa menjadi inspirasi kalian semua. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

20+ Contoh Poster Kebersihan Lingkungan Sekolah dan Rumah | admin | 4.5

Leave a Reply