Apa Itu Desain Interior dan Elemennya

Desain interior tuh apa sih? Tentu bagi orang awam desain interior adalah kegiatan yang berhubungan dengan penataan ruang suatu bangunan. Namun istilah itu sebenarnya merupakan salah satu bagian cabang seni rupa. Jika hanya untuk memilih dan mencocokkan dekorasi sebuah ruang itu adalah dekorator interior. Lalu sebetulnya dekorasi interior itu apa ya? Mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Pengertian Desain Interior

Untuk pengertian desain interior sendiri, secara singkat ini adalah sebuah proses penyususan serta penciptaan dari elemen interior yang beragam hingga jadi satu keatuan dan saling berkaitan. Tujuannya adalah aspek estetis, keamanan, serta kenyamanan dari suatu ruangan di dalam satu bangunan.

Jika menurut para ahli, pengertian desain interior ini merupakan sebuah ilmu atau bisa juga disebut dengan cara untuk mengatur sebuah ruang, penataan tersebut tujuannya untuk memenuhi syarat kenyamanan, kepuasan, baik secara fisik dan spiritual, serta keamanan tanpa mengabaikan nilai estetika.

Pengertian Desain Interior Berdasar Makna Kata

Pengertian desain interior sebelumnya merupakan pengertian secara garis besar. Jika dilihat dari segi makna kata maka kata Desain interior adalah istilah yang terdiri dari dua suku kata. Kata pertama yakni “desain” yang memiliki arti kegiatan merancang, itu jika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sementara berdasarkan penjelasan Kamus Oxford, maka desain merupakan suatu gambaran yang menampilkan fungsi sebuah objek namun belum benar-benar dibuat.

Jadi dapat ditarik kesimpulan, desain di sini artinya adalah suatu kegiatan merancang sesuatu yang belum direalisasikan, sehingga nanti sesuatu tersebut bisa memiliki fungsi dan tampilan yang menarik.

Kata kedua adalah interior yang berarti bagian dalam ruang jika dilihat di KBBI. Bisa diartikan juga interior ini merupakan tatanan perabot yang ada dalam suatu ruangan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah kegiatan merancang bagian dalam bangunan sebelum dibuat dengan tujuan bagian dalam gedung tersebut memilki fungsi optimal serta terlihat indah atau menarik.

Elemen Desain Interior

Jika sudah membahas pengertian desain interior, agar lebih paham berikut ini ada sedikit ulasan tentang elemen yang terdapat dalam desain interior itu sendiri. Elemen-elemen atau unsur-unsur ini merupakan hal yang mendasar sebagai pembentuk interior. Jika sudah tahu elemennya maka melakukan desain interior akan terasa lebih mudah dan hasilnya bisa maksimal.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya dimana desain interior adalah cabang seni rupa, maka akan muncul beberapa unsur seni rupa di dalamnya. Bedanya dalam desain interior ini elemen seni rupa yang ada akan lebih spesifik.

1. Lantai

Elemen atau unsur yang pertama adalah lantai, jika menginginkan hasil desain interior yang baik dan menarik, unsur ini perlu diperhatikan. Jenis material, ketinggian, serta bentuk harus dipertimbangkan dengan betul sehigga nantinya terwujud ruang yang nyaman, aman dan menarik.

2. Dinding

Salah satu penyekat dalam suatu ruang yakni dinding. Unsur ini membentang secara vertikal dan juga merupakan bidang dalam suatu ruang yang dominan setelah lantai. Dinding ini bisa menggunakan beragam material finishing, pembentuk, dan pencahayaan.

3. Langit-Langit

Elemen yang dominan selanjutnya pada suatu ruang adalah langit-langit. Letak bidang ini berada di bagian atas. Meski mendominasi ruang namun sangat jarang mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat.

Jika diberikan perancangan yang menarik sehingga memberikan efek yang menonjol tentu langit-langit bisa menjadi salah satu perhatian dalam satu ruangan. Modifikasi yang dapat dilakukan untuk elemen ini bisa dari material yang digunakan, ketinggian, serta bentuknya.

4. Estetis

Estetis ini adalah kunci dari desain interior. Bisa dikatakan dalam interior harus ada unsur estetis yang mengarah pada proporsi ruang, skala ruang, keseimbangan dan kesatuan ruang. Biasanya untuk menghadirkan unsur atau elemen desain interior yang satu ini, penambahan benda seni dengan nilai estetika yang tinggi digunakan sehingga mampu memberikan kesan yang indah.

5. Elemen Bukaan

Unsur yang satu ini meliputi pintu, jendela, dan ventilasi. Bukaan yang baik sangat dibutuhkan untuk interior. Hal ini agar ruangan menjadi lebih nyaman dan juga sehat. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada pencahayaan suatu ruang.

6. Elemen Cahaya

Elemen lain atau unsur lain dalam desain interior adalah cahaya. Gelap terang suatu ruangan sangat penting untuk estetika. Ruang yang baik adalah ruang yang memiliki intensitas cahaya yang cukup.

Ruang Lingkup

Desain interior adalah pekerjaan bagi para desainer interior dengan tugas dan jangkauan tersendiri. Selain memilih dan mencocokkan perabotan masih ada beberapa tugas lain yang harus dilakukan. Apa saja tugas itu?

  • Melakukan perancangan untuk bentuk perabotan dengan mempertimbangkan fungsi perabot, model atau gaya perbato, keawetan, kestabilan dalam penggunaan, hingga menentukan penggunaan bahan serta penempatan ruang, Menentukan tipe dan gaya jendela atau daun penutup lain yang tepat berdasarkan pengendalian cahaya dan sinar matahari , privasi, anti api, perlengkapan akustik dan sistem pengontrolnya.
  • Melakukan pemilihan dalam metode serta bentu seperti apa yang tepat untuk meletakkan sebuah benda seni, dekorasi, dan semacamnya agar tidak sampai jatuh serta melukai seseorang.
  • Membantu klien dalam memilih lapisan dinding yang baik dengan memperhatikan keindahannya, keawetannya, fungsinya, perawatannya mudah atau tidak, dan bahan yang aman atau tidak beracun serta berbahaya.
  • Melakukan pemilihan tanaman yang sesuai dengan lebih memperhatikan keamanan tanaman tersebut, tidak berbau tajam, tidak beracun, atau berbahaya bagi anak-anak.
  • Memberikan gambaran tentang rencana ruang serta memberikan penjelasan letak furniture sesuai dengan permintaan klien dan persyaratan aksesibilitas ruang,
  • Membantu klien memilih bentuk lampu yang sesuai dengan memperhatikan fungsi serta kesan yang diharapkan, juga memberikan gambaran tentang lokasi lampu sekaligus cara mengontrolnya.
  • Membantu klien dalam memilih lantai yang tepat dilihat dari segi bahan, bentul, warna serta pola yang tepat. Lantai harus memiliki sifat anti api, bisa meredam suara, bahannya pun sesuai dengan fungsi dan kesan yang diminta, aman, dan memiliki warna serta pola yang juga

Well, di sini dapat disimpulkan kalau desain interior adalah salah satu pekerjaan atau ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk membantu seseorang melakukan perancangan sebuah ruangan, sehingga ruangan bisa terlihat indah dan memiliki fungsi yang maksimal. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya.

tags:

DESAIN INTERIOR APA
Apa Itu Desain Interior dan Elemennya | volga writer | 4.5

Leave a Reply