Green Building Adalah Untuk Menyelamatkan Bumi

Saat ini banyak perbincangan tentang apa itu Green building. Diakui atau tidak, pada titik tertentu semua orang harus melakukan go green. Salah satunya dengan melaksanakan green building. Green building adalah bangunan yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan agar bisa dirasakan manfaatnya dan tidak menimbulkan dampak negatif dari bahan pembuat bangunan tersebut.

Pada suatu titik dimana umur bumi masih lama dan berkelanjutan. Maka sudah menjadi kewajiban manusia untuk menjaga bumi. Jika tidak maka selama bertahun-tahun, manusia akan kehabisan sumber daya alam untuk bertahan hidup. Itulah yang dikhawatirkan saat ini. Oleh karena itu, banyak orang uang mulai fokus kepada green building sebagian solusi untuk menjaga bumi berumur panjang.

Definisi Green Building

Hal yang pertama dilakukan adalah mengetahui apa itu green building? Green building adalah konsep bangunan yang sangat taman lingkungan serta berkelanjutan dan tidak memberi dampak buruk terhadap lingkungan serta masalah lainnya. Sebagian orang akan menganggap hanya gedung biasa dan lingkungan yang biasa pula. Padahal green building adalah sebuah bangunan dengan konsep ideal yang merupakan resolusi untuk melakukan pelestarian lingkungan alam di sekitar proyek gedung. Tanpa harus meninggalkan esensi dari tujuan berdirinya gedung itu sendiri.

Sebuah konstruksi dan kegiatan yang dilakukan akan berdasarkan konsep ramah lingkungan. Semua orang akan merasakan dampaknya, bahwa green building itu tidak akan mengganggu tanah, air, sumber daya dan energi di dalam dan sekitar gedung. Ini adalah definisi sebenarnya dari green building.

Green building adalah sebuah cara untuk menciptakan struktur dan proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Serta adanya efisiensi sumber daya alam di seluruh siklus kehidupan bangunan. Dilakukan saat menentukan lokasi green building desain bangunan, konstruksi, operasi, pemeliharaan gedung, renovasi dan dekonstruksi green building.
Pada praktiknya akan memperluas dan melengkapi dari desain sebelumnya. Dengan mengutamakan desain bangunan klasik, ekonomi, daya tahan dan kenyamanan. Green building juga dikenal merupakan sebuah bangunan yang berkelanjutan dan merupakan kinerja tinggi.

Kenapa Harus Ramah Lingkungan?

Kenapa harus ramah lingkungan? Dan kenapa go green sangat penting diterapkan dalam aspek kehidupan? Karena kebanyakan orang akan berpikir tentang bagaimana caranya mengurangi produksi zat karbon agar memberikan nilai positif kepada lingkungan. Lakukan go green dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan cara bahwa pembangun gedung serta pekerja konstruksi harus mengenal konsep go green.
Jika belum melakukan go green maka lakukan langkah kecil seperti green building adalah sebuah bangunan yang dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi dampak keseluruhan dari lingkungan dan menjaga kesehatan manusia.

  • Mengurangi sampah lingkungan, polusi udara, dan degradasi lingkungan.
  • Menggunakan energi, air, dan sumber daya lainnya secara efisien.
  • Melindungi kesehatan penghuni gedung secara menyeluruh serta meningkatkan produktivitas yang dilakukan manusia.

Apakah Konsep Green Building Sebagai Program Go Green Itu Mahal?

Beberapa orang merasa bahwa mampu menjadi ramah lingkungan karena akan membutuhkan lebih banyak uang, tetapi itu merupakan sebuah kesalahpahaman yang umum. Meskipun mungkin memang sedikit lebih mahal untuk memulai ketika akan melakukan go green, karena bahan dan produk go green bisa lebih mahal.

Inilah yang terkadang menjadi pertimbangan bagaimana seharusnya memulai go green dengan green building. Sebenarnya saat melakukan green building justru akan menghemat biaya energi, karena menjadi ramah lingkungan juga berarti menghemat energi.
Jadikan green building sebagai investasi yang lain daripada yang lain. Investasi yang akan dapat menghemat budget. Serta investasi yang akan dapat membantu lingkungan menjadi lebih baik. Green building adalah penciptaan situasi win-win solution untuk semua orang.

Manfaat Green Building

Dengan adanya teknologi baru yang terus dikembangkan untuk melengkapi praktik pembangunan green building saat ini, serta menciptakan struktur yang lebih ramah lingkungan, maka manfaat green building bisa dilihat dari segi lingkungan, ekonomi hingga sosial. Dengan mengadopsi praktik ramah lingkungan, dapat mengambil keuntungan maksimal dari kinerja lingkungan dan ekonomi.

Metode konstruksi go green ketika terintegrasi sementara dan desain serta konstruksi memberikan manfaat paling signifikan. Ada beberapa hal yang merupakan manfaat dari green building yaitu:

  • Efek Bagi Kondisi Lingkungan : Kurangi pemborosan air, konservasi sumber daya alam Meningkatkan kualitas udara dan air, serta melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem.
  • Pengaruh Di Bidang Ekonomi: Mengurangi biaya operasi, tingkatkan produktivitas penghuni, ciptakan pasar untuk produk dan layanan ramah lingkungan.
  • Manfaat Secara Sosial: Tingkatkan kualitas hidup, minimalkan ketegangan pada infrastruktur lokal, dan meningkatkan kesehatan dan kenyamanan penghuninya.

Tujuan Green Building

Sekarang, kita harus mempertimbangkan tujuan green building. Tentu saja, salah satu tujuan utama adalah untuk membuat bumi lebih berkelanjutan,  dan lebih daripada itu, kenyamanan lingkungan sepanjang masa. Ketika akan memutuskan untuk go green, tujuan utama adalah untuk benar-benar membantu melestarikan lingkungan tanpa mengganggu habitat alami di sekitarnya.
Ketika memulai proyek bangunan, dan mengganggu habitat alami di sekitarnya, maka benar-benar dapat membuat dampak pada satwa liar dan lingkungan yang tercemar.

Bahkan perubahan terkecil yang dapat dilakukan akan membantu mempromosikan bumi yang lebih baik, dan tempat yang lebih baik bagi semua yang hidup – bukan hanya manusia, tetapi juga tanaman dan satwa liar yang menempati tempat tinggal mereka di bumi ini.
Itulah kenapa pada akhirnya green building menjadi sangat penting. Karena green building adalah solusi untuk bisa menjadikan bumi lebih baik lagi.

Seperti yang dilihat saat ini, green building adalah sesuatu yang harus dilakukan semua orang. Jika tidak berencana untuk membangun kembali sebuah bangunan, maka coba lakukan beberapa perubahan hijau di dalam rumah. Agar pada saat go green bahwa bisa mendapatkan tujuan yang dinginkan.

Lakukan pula penghematan energi, menghemat uang, dan membuat dampak besar pada lingkungan. Yaitu dengan cara mengurangi konsumsi listrik di rumah. Dan menggunakan barang-barang yang begitu ramah lingkungan. Dengan mengetahui arti pentingnya green building maka setidaknya bisa melakukan usaha yang terbaik agar bisa menciptakan go green disekitar bangunan serta memberikan nilai keuntungan yang bisa dirasakan oleh semua bagian yang masuk ke dalam lingkungan green building tersebut.

Jangan khawatir untuk tidak mampu melakukan go green. Dengan menerapkan green building sebaik mungkin dan mengikuti proses hingga hasil terbaik maka akan semakin memberikan banyak manfaat kepada lingkungan.

Green Building Adalah Untuk Menyelamatkan Bumi | volga writer | 4.5

Leave a Reply