11 Universitas Dengan Jurusan Arsitektur Terbaik

Apakah Anda sedang melihat rumah, pusat perbelanjaan, pabrik atau gedung pencakar langit? Jika iya, hal tersebut kemungkinan seorang arsitek terlibat dalam menciptakan desain. Jika sedang mencari jurusan kuliah yang akan memungkinkan untuk menggabungkan mata pelajaran seperti matematika dan bisnis sambil memuji mata desain Anda arsitektur bisa menjadi pilihannya. Di Indonesia, ada beberapa jurusan arsitektur terbaik yang bisa dipilih. Untuk selengkapnya, simak ulasannya berikut ini!

Universitas Yang Memiliki Jurusan Arsitektur Terbaik

Dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, terdapat sekolah yang memiliki jurusan arsitektur dengan manajemen pembelajaran yang terbilang sangat baik. tak heran lulusan dari beberapa universitas yang ada tersebut memang memiliki skill yang mumpuni terlebih dalam bidang arsitektur. Nah, berikut beberapa universitas dengan jurusan arsitektur terbaik, diantaranya:

1. PTN Universitas Diponegoro Semarang

Di semarang terdapat universitas yang memiliki jurusan arsitektur dengan kategori yang baik. jika berada di Jawa Tengah, alangkah lebih baik jika memilih jurusan arsitektur di Universitas Diponegoro ini. salah satu jurusan yang ada di PTN terbaik Indonesia ini memang banyak peminatnya. Dengan akreditasi A tentu kualitas dari universitas ini tidak perlu diragukan lagi.

2. Universitas Hasanuddin

Kampus yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Indah, Makassar, Sulawesi Selatan ini memiliki jurusan yang selalu diunggulkan. Nah, salah satu jurusan terbaik yang dimiliki kampus satu ini yaitu jurusan arsitektur. Jurusan terbaik arsitektur ini didirikan tepatnya pada 10 September 1963. Dengan sistem belajar dengan kategori SCL atau Student Center Learning dan sistem riset menjadikan keunggulan tersendiri.

3. Kampus Beralmamater Kuning Universitas Sriwijaya

Akreditasi A yang dimiliki jurusan arsitektur kampus ini menjadikan kepercayaan masyarakat Indonesia. Universitas ini berada di Palembang tepatnya di Bukit Lama, Kecamatan Ilir Bar. Nama yang familiar bagi masyarakat yaitu Unsri. Selain jurusan arsitektur, universitas yang satu ini memiliki banyak jurusan lain yang juga tidak kalah unggulnya.

4.  Usu Atau Universitas Sumatera Utara

Lulusan dari Universitas Sumatera Utara khususnya jurusan arsitek ini selalu mendapatkan prestasi yang luar biasa. Banyak alumni yang selalu memiliki skill lebih terlihat dari output yang ada. Sebagai jurusan arsitektur terbaik yang ada di Indonesia, USU ini selalu mendapat lirikan dari masyarakat sekitar dan juga berbagai daerah yang ada di Indonesia.

5. Kota Sate Universitas Teknologi Bandung

Dengan biaya semester minimal 4 juta, jurusan arsitektur yang ada di universita sin iterbilang unggul. Tak heran jumlah pendaftar saat ujian masuk perguruan tinggi baik SNMPTN dan juga SBMPTN selalu banyak. Sebagai salah satu jurusan terpopuler yang ada, jurusan arsitektur memegang peranan terbanyak setiap pendaftaran yang ada.

6. Universitas Sam Latulangi

Dengan visi memiliki jurusan arsitektur terbaik yang ada di Indonesia, tentu beragam acara dan juga manajemen yang ada di universitas yang satu ini selalu ditingkatkan. Bahkan tidak hanya seputar nasional saja, keunggulan yang ada menjadikan sebuah visi menjadi terbaik di internasional. Tentunya meskipun internasional, namun basic yang dijalankan tetap berbasic lokal.

7. Kampus Terkenal Universitas Indonesia

Dengan memberikan sebuah pendidikan arsitektur yang berkualitas menjadikan universitas ini memiliki jurusan arsitektur terbaik. Banyak dari alumni yang memiliki keterampilan terbaiknya dengan nilai dan juga skill yang telah terbukti. Dengan kualifikasi pra profesional yang bisa magang di seluruh penjuru dunia menjadikan lulusan arsitektur ini menjadi salah satu jurusan terpilih.

8. Jogja Dengan Universitas Gadjah Mada

Kreasi lulusan dari jurusan arsitektur tidak serta merta menjadi seorang arsitek saja. Dengan bekal skill yang diberikan di salah satu universitas terbaik yang ada di Jogjakarta ini menjadikan banyak keterampilan yang didapatkan. Banyak sekali hal luar biasa yang diciptakan dan tentunya menjadikan pembangunan yang ada di Indonesia ini menjadi lebih maju.

9. Arsitektur Di Universitas Brawijaya

Sebagai saah satu universitas yang memiliki jurusan terbaik arsitektur, Universitas Brawijaya ini memiliki lulusan yang mampu memimpin serta bekerja sama dengan baik. selain dalam hal pembangunan, banyak keterampilan lain yang juga didapatkan dari universitas yang ada di Kota Malang, Jawa Timur ini.

10. Kampus Universitas Teknologi Sepuluh Nopember

Megahnya Kota Surabaya, menjadikan salah satu universitas yang ada juga tidak kalah megahnya. Tepat berada di Keputih, Sukolilo, Surabaya, Universitas Teknologi Sepuluh Nopember ini telah meluluskan banyak alumni. Akreditasi A yang dimiliki sejak 39 tahun silam tentu menjadikan universitas ini dikenal menjadi jurusan terbaik. Degan potensi pengembangan infrastruktur akademik yang ada, tentu beragam inovasi bisa diciptakan.

11. Universitas Sebelas Maret

Dengan visi menghasilkan sarjana teknik terlebih dalam ilmu arsitektur profesional dan juga bertaraf internasional serta mengangkat kearifan lokal menjadi hal yang diunggulkan dari universitas ini. banyaknya program yang diusung dari universitas ini menjadikan lulusan yang ada semakin mantap baik dalam skill maupun pengetahuan.

Baca juga :

Hal Yang Dapat Dilakukan Lulusan Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur terbaik yang ada diberbagai universitas yang ada di Indonesia menjadikan lulusan yang ada benar-benar memiliki skill yang sangat mantap. Berbagai skill yang ada menjadikan seorang alumni tidak hanya sebatas memiliki pengetahuan saja, melainkan juga memiliki keterampilan lain. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika memilih jurusan arsitektur, antara lain:

1. Sebagai Kontraktor

Selain menjadi seorang arsitek, jurusan arsitektur bisa menjadi seorang kontraktor yang sering disamakan sebagai seorang profesi arsitek. Meskipun kontraktor bertugas sebagai pihak yang menerjemahkan desain dari seorang arsitek, namun peran kontraktor juga terbilang penting.

2. Seorang Developer

Memilih jurusan terbaik arsitektur yang ada di salah satu universitas di Indonesia tentu tidak hanya keterampilan arsitektur saja yang dimiliki. Seorang developer atau pengembang dalam pembangunan juga termasuk dalam peran penting seorang arsitektur. Tentunya hasil yang didapatkan dari lulusan arsitektur ini juga terbilang besar .

3. Menjadi Gap Year Program

Terdaftar dalam jurusan arsitektur terbaik yang ada di kampus Indonesia tentu bisa memiliki berbagai keterampilan yang mumpuni. Salah satu skill yang bisa dilakukan yaitu menjadi seorang Gap year program. Dengan bergabung bersama tim riset dan menganalisa isu dalam suatu wilayah, tentu menjadi pekerjaan yang menarik

4. Seorang Konsultan

Menjadi seorang konsultan terlebih dalam hal pembangunan bisa menjadi hal menarik ketika lulusa dari universitas dengan jurusan arsitektur terbaik ini. selain telah memiliki stampel jurusan terbaik, tentu kemampuan yang ada lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya.`

Jurusan arsitektur dapat memulai berbagai jalur karir setelah lulus, dari konstruksi dan teknik untuk desain dan teater. Menjadi seorang arsitek tentu tidak hanya menjadi seorang perencana kota, insinyur sipil, tukang kayu, perancang bangunan, insinyur mesin, perancang atau surveyor saja. Banyak hal lain yang bisa dilakukan ketika menjadi lulusan arsitektur tersebut. tentunya gaji yang didapatkan juga terbilang besar dan juga menggiurkan.

Baca selengkapnya di : 12 Prospek kerja jurusan Arsitektur dan Gajinya

Gaji dapat sangat bervariasi berdasarkan jenis pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi arsitek mendapatkan penghasilan tahunan rata-rata yang sangat fantastik. Gaji yang ad juga tergantung pada bekerja secara independen atau di dalam perusahaan yang lebih besar, serta apakah bekerja di sektor swasta atau publik. Agar bisa mendapatkan peluang yang lebih baik, alangkah lebih baik untuk memilih universitas yang memiliki jurusan arsitektur terbaik tersebut.

tags:

jurusan arsitektur terbaik
11 Universitas Dengan Jurusan Arsitektur Terbaik | volga writer | 4.5

Leave a Reply