10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Crew Tv

Assalamualaikum. Melihat kru televisi yang berseliweran dengan seragam kebanggaan memang terlihat mengoda. Hingga banyak anak muda yang ingin menjadi bagian dari crew tv suatu hari nanti. Tak hanya seragam yang mentereng, kesempatan bertemu dengan idola juga bisa didapatkan jika bekerja di stasiun televisi. Bagi kamu yang miliki mimpi untuk menjadi bagian tim produksi televisi,maka kamu harus simak jurusan kuliah yang bisa menjadi kru tv dalam ulasan berikut.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi crew tv profesional

Jurusan Perkuliahan Untuk Jadi Kru Televisi

1. Jurusan Televisi dan Film

Mendengar namanya saja sudah pasti jika jurusan ini nantinya akan mencetak tenaga ahli dibidang televisi dan juga film. Kini sudah ada beberapa PTN yang memiliki jurusan satu ini. Memilih jurusan televisi dan film, kamu akan belajar banyak hal tentang pekerjaan impianmu. Bahkan kamu berkesempatan untuk menjajal semua divisi, sebelum nanti kamu bisa memilih yang paling kamu minati dengan passion yang tinggi.

Tidak hanya tersedia untuk jenjang sarjana saja, jurusan ini juga telah tersedia pasca sarjananya. Kamu tidak perlu takut untuk setengah setengah dalam mempelajari ilmu proses pembuatan film dan acara acara tv ini. Bukan hanya dikhusukan untuk mereka yang telah menempuh pendidikan menengah atas jurusan yang sama, kamu yang dari lulusan SMA juga bisa mendaftar di jurusan kuliah untuk menjadi bagian dari industri pertelevisian ini.

12 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Multimedia

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan selanjutnya yang banyak terjun ke dunia pertelevisian setelah lulus adalah Ilmu Komunikasi. Umumnya jurusan ini akan mempelajari cara penyampaian pesan atau berita secara efektif dan efeisien. Dalam komunikasi, kamu juga akan belajar seperti periklanan, jurnalistik, bahasa, linguistik dan lain sebagainya. Tak hanya menjadi kru televisi, sebagian juga memiliki profesi sebagai MC, penyiar radio, event organizer dan marketing.

Ilmu komunikasi merupakan jurusan yang populer dengan banyak menjadi tujuan siswa yang akan lulus. Untuk itu agar kamu bisa menarik industri sebaiknya, memiliki portofolio atau kemampuan di atas rata rata untuk menghadapi pesaing. Kamu bahkan bisa bersaing dengan teman kamu sendiri untuk mendapatkan satu kursi di industri televisi. Menjadi berbeda dan unggul adalah tiket mas yang bisa kamu tabung mulai dari saat ini.

12 Prospek kerja jurusan DKV dan gajinya

3. Multimedia

Dunia industri kreatif seperti televisi juga membutuhkan tenaga kerja dari lulusan Multimedia. Materi yang kamu pelajari dalam jurusan ini juga sangat beragam, mulai dari media interaktif, komputer hingga ilmu televisi dan film. Semuanya akan diberikan dengan porsi yang berbeda. Sehingga ketika kamu nanti bekerja di stasiun TV sudah memiliki ilmu dasarnya. Peluang jurusan ini juga sangat lebar tidak hanya di stasiun tv tapi juga industri kreatif lainnya.

4. Desain Komunikasi Visual

Jurusan satu ini belum sepopuler jurusan Ilmu Komunikasi atau IT. Tapi sisi kreatif kamu akan sangat diasah dengan pengabungan design tradisional dnegan teknologi. Pada jurusan ini kamu akan belajar tentang design, web design, media interaktif, animasi hingga fotografi. Semua materi tersebut jika bisa kamu kuasai, bisa mengantarkan kamu untuk menjadi bagian dari dunia televisi yang kamu idamkan selama ini.

Jurusan kuliah satu ini telah banyak di beberapa perguruan tinggi negeri bahkan yang favorit sekalipun. Kamu akan mempelajarinya dari dasar, dan akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi mengambar. Nantinya setelah gambar kertas jadi, akan ditranferkan kemedia komputer dengan software desain. Selain menjadi kru tv, jurusan ini juga bisa menghasilkan tenaga kerja di biro iklan, rumah produksi hingga konsultan design.

5. Fotografi

Memang telah banyak jurusan yang memuat mata kuliah fotografi. Tapi dengan memilih jurusan fotografi murni akan membuat ketrampilan membidik kamu semakin bagus. Fotografi memang terlihat sepele namun, ketika kamu masuk jurusan fotografi maka bidang fotografi yang bisa kamu pelajari sangat luas. Mulai dari fotografi komersial hingga jurnalistik bisa kamu lahap ilmunya. Jika nanti bekerja di pertelevisian kameraman bisa jadi jobdesk kamu.

Jadi jik sudha menjadi kameramen, berarti temasuk anggota crew tv.

6. Jurnalistik

Televisi tak hanya memiliki ragam hiburan ringan, berita juga salah satu konten yang dimiliki oleh semua stasiun televisi. Bahkan di Inggris jurusan kuliah Jurnalistik adalah sebuah jurusan yang menarik dan terfavorit. Dengan menjadi jurnalistik kamu bisa menyatakan pendapat berimbang dan menyajikan berita berdasarkan fakta. Namun kamu perlu tahu, untuk masuk dunia jurnalistik kamu harus tampil menonjol untuk kemampuan dan juga nilai di kuliah nantinya.

Jurusan Jurnalistik sangat cocok untuk menjadi crew tv. walaupun kita berada di divisi pencari berita.

14 Jurusan Kuliah Anak IPS yang kurang diminati

7. Tata Busana

Tata Busana tak hanya bisa menjadi seorang designer saja. Dunia televisi juga membutuhkan bagian wardrobe yang biasanya jadi satu dengan divisi make up. Kapan lagi bisa merancang baju untuk artis kenamaan bukan? Sama dengan proses kuliah, di industri televisi kamu nantinya akan dibentuk dengan tim juga. Peluang kerja jurusan ini juga tidak terbatas dan sangat luas. Tapi untuk masuk dunia pertelevisian bukan hal yang mustahil.

8. Desain Grafis

Jika kamu melihat logo, bumper suatu program acara semua itu adalah pekerjaan bagian desain grafis dalam pertelevisian. Mengambil  jurusan kuliah desain grafis, bukan tidak mungkin untuk kamu berkecimpung di dunia penyiaran televisi. Kini sudah banyak kampus negeri yang menyediakan jurusan ini dengan akreditasi yang beragam. Dengan menyusun portofolio dan menguasi banyak software akan membuat kesempatan kamu terbuka lebar.

9. Animasi

Dunia animasi saat ini semakin berkembang dengan jangkauan yang makin luas. Apalagi kini banyak televisi Indonesia yang miliki serial animasi buatan anak negeri. Dengan memiliki tim yang satu jurusan akan mungkin untuk kamu menjadi kru televisi. Kemampuan lain seperti editing juga bisa kamu dapatkan. Meskipun tak mengarap animasi,kamu akan memiliki poin lebih jika bergabung dengan divisi editing di Televisi. Sebaiknya kamu asah bakat dan tentukan dari sekarang.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi reporter profesional

10. Psikologi

Jurusan satu ini sepertinya dibutuhkan oleh semua perusahaan besar termasuk di pertelevisian. Psikologi tak hanya akan membuat kamu duduk di bangku HRD saja, kamu bisa menjadi tim riset untuk sebuah program acara yang akan digarap. Tentu saja akan mengunakan keahlian kamu dalam menghadapi berbagai peringai orang. Ada banyak kampus favorit yang sediakan jurusan ini sehingga kamu tidak perlu bingung.

Dunia televisi juga rentan stress karena pressurenya yang tinggi. Ilmu yang kamu dapatkan saat mengambil jurusan kuliah psikologi akan sangat berguna. Minimal untuk rekan kerjamu yang sedang dilanda stress. Bertemu dengan orang baru juga akan semakin mudah karena pastinya kamu dibekali dengan ilmu komunikasi yang mumpuni. Ingin berada di bagian HRD atau ikut bergabung dengan tim lain semuanya bisa dilakukan dan ada di tangan kamu.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi pengusaha

Jurusan dalam kuliah menjadi salah satu latar belakang yang penting dan banyak diperhatikan oleh perusahaan. Apalagi Indonesia termasuk negara yang masih memegang prinsip hitam di atas putih. Kemampuan seperti tidak ada artinya jika kamu tak menempuh pendidikan tinggi dan dibuktikan dengan ijazah. Sehingga penting untuk memetakan cita cita dari sekarang jika kamu memang ingin bergabung dengan industri televisi.

10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Crew Tv | safri st | 4.5

Leave a Reply