10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Menempuh pendidikan menengah kejuruan memang bisa langsung terjun ke dunia pekerjaan. Bahkan beberapa lembaga telah menjanjikan pekerjaan setelah lulus dari sekolah tersebut. Namun, bukan berarti siswa yang lulus kejuruan tidak bisa melanjutkan tingkat lebih tinggi yakni kuliah. Banyak jurusan yang masih berhubungan yang justru ilmu yang dimiliki akan semakin mantap. Bagi kamu lulusan SMK Administrasi perkantoran, simak jurusan kuliah yang cocok berikut.

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk SMK Administrasi Kantor

1. Jurusan Administrasi Perkantoran

Jelas yang ini sesuai dengan apa yang dipelajari di bangku SMK. Umumnya ketika mengambil konsentrasi ilmu ini di bangku kuliah akan menghasilkan tenaga pendidik di bidang yang sama. Jika kamu ingin mengabdi di sekolahmu yang dulu jurusan ini bisa menjadi pilihan. Memang tidak semuanya, kamu juga bisa memiliki profesi yang lainnya. Dengan mengambil jurusan ini kamu bisa lebih memantapkan lagi ilmu yang kamu dapatkan di SMK.

Ilmu kamu akan semakin diupdate dengan teori yang diberikan oleh pihak kampus. Umumnya di bangku SMK lebih banyak praktek dengan sedikit teori, padahal teori tak kalah penting. Untuk menjadi tenaga administrasi yang handal kamu harus memiliki karakter yang tekun, teliti, detail, kritis dan menyenangi bekerja secara individu. Memilih jurusan yang pas untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran tentu kamu telah memiliki karakter tersebut.

Baca juga : 10 Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Multimedia

2. Jurusan Administrasi Perbankan

Kamu juga bisa melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah tamat SMK, dengan mengambil jurusan perbankan. Bisa disaksikan sendiri dunia perbankan juga mengalami kemajuan pesat dan kini banyak sekali jenisnya. Lowongan untuk tenaga ini juga selalu dibuka setiap tahunnya. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan masih terbuka lebar dengan jurusan kuliah satu ini.

Pastikan kamu orang yang gemar dengan hitung hitungan, pekerjaan nantinya tidak akan jauh dari uang. Tak hanya di bank instansi pemerintah dan perusahaan swasta juga membutuhkan lulusan konsentrasi ilmu ini. Karakteristik yang harus kamu siapkan untuk mengambil jurusan ini adalah bisa bekerjasama dengan tim, tekun, teliti, detail dan menyukai hitung menghitung. Pastinya ilmu kamu di SMK akan tetap dibutuhkan dan makin bertambah.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi pegawai bank

3. Jurusan Akutansi Bisnis

Ilmu akutansi memang sangat luas dan karena dukungan teknologi, kini hadir jurusan akutansi bisnis. Bidang bisnis memang membutuhkan tenaga profesional untuk tingkatkan perkembangan bisnisnya. Sehingga mahasiswa yang dibekali dengan ilmu yang cukup akan lebih siap menghadapi lingkungan bisnis yang penuh dengan tekanan. Apalagi jika telah dipupuk sejak di bangku menengah kejuruan, pastik ilmu dan mentalnya akan semakin siap.

Jurusan ini bisa menjadi alternatif jurusan bagi kamu Lulusan SMK Administrasi Perkantoran yang akan melanjutkan kuliah. Nantinya profesi karir seperti akuntan, credit control manager, analisis keuangan hingga perencana bisnis bisa kamu geluti. Profesi itu tentunya akan semakin berpeluang lebar jika kamu selalu meningkatkan nilai dan kemampuan kamu.

4. Administrasi Pendidikan

Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin berprofesi sebagai tata usaha. Sebab jurusan ini memang untuk mencetak tenaga ahli tata usaha di bidang pendidikan. Nantinya kamu akan mempelajari semua yang bersangkutan dengan aktivitas kelembagaan. Saat ini peminat untuk jurusan ini tidaklah banyak. Padahal peluang karir untuk jurusan satu ini masih terbuka lebar karena, bisa ditempatkan di lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi reporter

5. Jurusan Marketing atau Pemasaran

Marketing menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari dan setiap tahunnya selalu tersedia lowongan untuk pekerjaan ini. Lulusan SMK Administrasi Perkantoran bisa mengambil jurusan ini ketika nanti kuliah. Memang banyak yang memandang sepele pekerjaan ini, padahal jika ditekuni juga bisa mengantarkan menuju kesuksesan. Disamping penghasilan yang menjanjikan, peluang pekerjaan juga sangat lebar dan luas disemua bidang.

6. Jurusan Sistem Informasi Akuntansi

Bagi kamu yang telah mengambil jurusan akutansi tentunya sudah memiliki bekal ilmu akutansi yang mumpuni. Namun jika digabungakan dengan bidang IT? Tentu tidak semua orang bisa. Bidang ini sengaja dirancang untuk mengarap gaji, kas, biaya dalam produksi dan lainnya hingga menjadi laporan. Profesi ini masih banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan, sehingga bisa menjadi peluang besar bagi kamu jika mengambil jurusan ini.

Karakter yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga ahli adalah telityi, kritis, mampu memecahkan masalah dan juga rasional. Bidang profesi yang bisa kamu tekuni saat memilih jurusan ini adalah analisis bisnis, IT consultant dan profesi lainnya yang berkaitan. Instansi yang membutuhkan tenaga ahli ini bisa lembaga pemerintah atau milik swasta.

7. Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan satu ini juga menjadi incaran dan dirasa menjadi jurusan yang paling aman. Banyak yang berfikir bahwa jurusan ini aman dan mudah mencari kerja. Pemikiran itu tidak sepenuhnya salah, karena peluang pekerjaan ini sangat luas. Namun, ketika semua berpikiran demikian persaingan akan semakin ketat. Lulusan SMK Administrasi Perkantoranakan semakin berkembang jika mengambil jurusan ini, namun kamu harus menjadi yang paling baik.

14 Jurusan kuliah untuk anak IPA yang kurang diminati

8. Jurusan Manajemen Administrasi

Ilmu kamu akan semakin terasah dan berkembang jika, kamu mengambil jurusan kuliah satu ini. Kegiatan sehari hari akan berkutat pada perencanaan anggaran keuangan, pendataan dan juga pembayaran. Peluang profesi yang bisa kamu raih jika mengambil jurusan ini adalah sekertaris, marketing, staf SDM hingga administrator. Tentu hal ini akan semakin mudah membuat kamu meraih apa yang kamu inginkan, apalagi ilmu dasarnya telah kamu kuasai.

9. Jurusan Administrasi Publik

Jurusan kuliah untuk lulusan admin perkantoran memang tidak jauh jauh dari ilmu administrasi. Selain karena berhubungan, ilmu yang telah kamu dapatkan juga bisa semakin dikembangkan dan diasah lagi. Jurusan ini menjadi jurusan yang cukup populer dan menjadi jurusan yang banyak diminati. Kamu memiliki peluang untuk bekerja di pemerintahan dan lembaga pendidik seperti guru.

10. Jurusan Administrasi Fiskal

Bidang ilmu ini, mempelajari ilmu yang lebih condong ke arah perpajakan. Tidak hanya pajak dari segi ekonomi, namun juga dari segi hukum dan akutansi. Kamu nantinya akan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang ada. Jurusan ini tidak hanya cocok untuk kamu Lulusan SMK Administrasi Perkantoran, namun juga yang menyukai tantangan. Jurusan ini sangat erat kaitannya dengan akutansi dan untuk kamu yang senang menghitung.

Peluang karir yang bisa kamu dapatkan jika mengambil jurusan kuliah ini adalah berkarir di kementrian keuangan, Perusahaan swasta hingga ditjen pajak. Tentu saja pekerjaan tersebut sangat menjanjikan dan memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Meskipun demikian, kamu juga harus mempunyai kemampuan di atas rata rata agar bisa menembus instansi bergengsi tersebut.

Dunia administrasi adalah cabang ilmu yang luas dan memerlukan pemahaman yang lebih mendalam. Memang terlihat hampir sama tapi nyatanya sungguh berbeda. Untuk para siswa yang saat SMK mengambil jurusan administrasi perkantoran, banyak jurusan yang bisa dituju. Bahkan kini juga tersedia universitas unggulan yang bisa kamu tuju untuk membuat ilmu kamu semakin bertambah. Pastikan sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran | safri st | 4.5

Leave a Reply