10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Reporter Profesional

Sebagai orang yang memiliki benda persegi bernama televisi tentu kamu akan tahu profesi reporter. Meskipun tak semua reporter bisa tampil di layar kaca, sebab masih ada reporter berita online hingga cetak. Reporter identik dengan pekerjaan yang memiliki kesempatan untuk berkeliling beberapa daerah. Reporter juga harus siap dengan segala risiko. Berikut Jurusan kuliah untuk menjadi reporter yang bisa menjadi inspirasi dan pilihan untuk kamu yang tertarik menjadi seorang reporter.

10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Reporter Profesional

Jurusan Perguruan Tinggi Untuk Jadi Seorang Reporter

Pengertian dan Syarat Menjadi Reporter

Reporter media adalah salah satu profesi yang kian hari kian diperhitungkan. Untuk menjadi reporter memang kadang tidak terlalu diperhatikan latar belakang pendidikan. Asalkan, telah handal dan memiliki skill yang mumpuni. Tapi jurusan berikut akan memberikan pencerahan untuk kamu mengerti dasar ilmu menjadi seorang reporter. Reporter juga sangat luas tergantung jenis media yang akan kamu tuju. Simak selengkapnya.

Sebelum kita masuk ke tahap pendidikan reporter, ada baiknya sobat mengetaui syarat-syarat menjadi reporter. karena ini merupakan tolak ukur suatu perusahaan menerima karyawannya.

  • Menguasai keterampilan jurnalistik. ilmu ini mencakup : wawancara, reportase,menulis berita, dan menciptakan karya jurnalistik lainnya.
  • Menguasai bidang liputan atau pengetahuan umum tentang reportase
  • Memahami etika jurnalistik
  • Memiliki keterampilan jurnalistik. dalam hal ini kita harus mengetahui  6M (mencari, memperoleh, memiliki,
    menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi)
  • Dapat menetapkan prioritas dalam bertugas
  • Tidak mudah menyerah dan kritis dalam melihat suatu kejadian.

Itu merupakan syarat ketika ingin menjadi reporter. semua itu bisa didapatkan secara alammi maupun dalam bangku perkuliahan.

1. Jurusan Jurnalistik

Mendengar namanya saja kamu pasti akan langsung bisa menangkap, jika jurusan ini bisa menjadi jembatan untuk menjadi reporter. Dalam ilmu jurnalistik kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan peliputan berita dan juga menuliskan berita. Tidak itu saja kamu juga akan dibekali dengan kemampuan mengedit foto atau video. Bahkan etika dalam jurnalistik juga akan kamu dapatkan jika mengambil jurusan kuliah satu ini.

Ilmu ini juga membutuhkan kepekaan akan sekitar, sehingga ketika nanti kamu menjadi reporter kamu bisa mencari sisi lain dalam sebuah berita. Komunikasi yang baik juga akan dibentuk dalam jurusan kuliah untuk menjadi reporter ini. Sehingga ketika nanti kamu menyampaikan berita, bisa dengan lugas tanpa terbata bata. Meskipun kemampuan tersebut kamu latih. Namun tak ada salahnya untuk mendapatkan dasar ilmunya bukan?

Baca juga : 10 Jurusan kuliah untuk menjadi Crew TV

2. Jurusan Televisi dan Film

Konsentrasi studi ini juga bisa mengantarkan kamu menjadi seorang reporter yang handal. Apalagi kamu akan mempelajari banyak hal mulai dari news hingga pengarapan sebuah proyek film. Sehingga ingin menjadi seorang reporter bukanlah hal yang mustahil. Untuk memperdalam ilmu ini, kamu juga bisa mengambil program pasca sarjananya. Jurusan ini kini telah tersedia di beberapa institut negeri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kamu juga tidak harus lulus SMK berkaitan untuk masuk jurusan ini, jurusan SMA juga bisa masuk. Menjadi insan media itu hanya dibutuhkan kemauan untuk belajar dan mengenal lebih dekat semua hal sekitar. Sehingga tidak menjadi manusia yang memandang sekitar hanya satu sisi. Begitulah hakikatnya seorang reporter yang bertugas untuk menyampaikan fakta, terpercaya dan juga paling update.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Sepertinya jurusan ini selalu masuk ke dalam daftar jika menyangkut profesi yang berhubungan dengan media. Ilmu komunikasi memang sangat luas dan bisa mencakup semua bidang. Melalui jurusan ini kamu bisa belajar banyak hal dan memiliki kesempatan lebar untuk menjadi reporter. Kemampuan berkomunikasi kamu akan diasah jika mengambil jurusan ini, apalagi kamu orang yang termasuk aktif dalam organisasi.

Tak hanya komunikasi, Jurusan kuliah untuk menjadi reporter ini juga akan mengajarkan kamu menulis. Semua data dari lapangan, tak bisa hanya dilaporkan begitu saja dan butuh untuk disusun dalam kalimat yang apik. Apalagi jika kamu menginginkan reporter media cetak atau portal media online. Selain percaya diri untuk menghadapi banyak orang, kamu juga harus punya kemampuan dalam menuliskan berita yang kamu dapat dari lapangan.

12 Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Multimedia

4. Jurusan Bahasa

Bahasa disini bisa bahasa Indonesia atau bahasa asing seperti Inggris, Mandarin atau yang lainnya. Dengan jurusan ini kamu bisa menjadi reporter tak hanya di dalam negeri namun hingga ke luar negeri. Beberapa stasiun tv juga telah memiliki program yang memang khusus untuk bahasa asing. Anak bahasa jelas sudah tak perlu lagi belajar bahasa asing yang dalam lapangan sangat dibutuhkan. Peluang jurusan ini juga tidak kalah besar dari lainnya.

5. Jurusan Fotografi

Jangan salah, jurusan ini juga memiliki peluang untuk bergabung menjadi reporter. Kemampuan mengambil gambarnya yang mumpuni akan semakin cemerlang jika kemampuan menulisnya bagus. Reporter untuk media cetak atau online sangat cocok untuk jurusan satu ini. Apalagi ragam ilmu fotografi sangat beragam, bisa mengambil komersial atau fotografi jurnalistik yang tak kalah seru. Wajar jika jurusan ini menjadi Jurusan kuliah untuk menjadi reporter.

6. Jurusan Broadcasting

Broadcasting atau penyiaran bisa menjadi jurusan yang bisa mengantar kamu untuk menjadi reporter. Broadcasting sendiri dibagi lagi menjadi broadcasting radio dan audio visual atau televisi. Di keduanya kamu bisa menjadi seorang reporter. Bedanya yang satu tak harus menampilkan fisik karena hanya butuh suaranya saja. Sementara di dunia televisi kamu harus selalu tampil maksimal, karena kecakapan kamu dalam menyampaikan berita sangat menentukan.

7. Jurusan Public Relation

Ini dia jurusan yang cocok untuk kamu yang gemar berbicara, tak hanya pandai menghadapi orang dan menjalin hubungan saling menguntungkan. Kamu juga bisa menjadi reporter seperti yang kamu idamkan dengan jurusan ini. Seorang reporter haruslah mudah beradaptasi dengan lingkungan dan membangun sebuah komunikasi yang baik. Dengan mengambil jurusan ini, kamu bisa mendapatkan pendidikan yang bisa menjadi bekal kamu nantinya.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi seorang pengusaha

8. Jurusan Psikologi

Satu lagi jurusan yang hampir dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Psikologi juga menjadi Jurusan kuliah untuk menjadi reporter yang bisa kamu ambil. Selain mempelajari tentang jiwa yang akan memudahkan kamu menghadapi orang. Kamu juga berkesempatan untuk menjadi bagian dari HRD sebuah perusahaan tersebut. Ranahnya yang luas tentu akan memberikan banyak pilihan yang sesuai, dengan minat dan keinginan kamu mau profesi yang mana.

9. Jurusan Manajemen Komunikasi

Jurusan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan jurusan komunikasi. Namun kamu akan mempelajari juga manajemennya yang juga diperlukan. Kamu berkesempatan juga untuk menjadi reporter berita ketika mengambil jurusan satu ini. Banyak juga kampus yang sediakan jurusan satu ini dibeberapa universitas terkemuka. Kamu juga bisa memilih bidang komunikasi mana yang ingin kamu kuasai, karena bidangnya sangat luas.

10. Jurusan Multimedia

Tak hanya dibekali dengan kemampuan mengolah grafis, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dalam dunia penyiaran seperti reporter. Semakin banyak yang kamu kuasai, semakin besar peluang kamu untuk menjadi sukses lewat jurusan ini. Karena media kreatif menjadi sasarannya tak heran jika jurusan ini masuk Jurusan kuliah untuk menjadi reporter. Ilmu konsentrasi ini bisa kamu tempuh diberagam universitas yang tawarkan jurusan ini.

10 Jurusan kuliah untuk menjadi pegawai bank

Menjadi reporter tak hanya membutuhkan latar pendidikan yang bagus, namun juga harus memiliki wawasan yang luas. Sebab orang yang nanti akan ditemui sangat beragam dari latar belakang yang beragam pula. Tidak lucu jika seorang reporter tidak bisa nyambung dengan bahasan yang dibahas. Seorang reporter umumnya juga mudah bergaul dan siap atas segala risiko, yang bisa saja terjadi di lapangan saat dirinya bertugas meliput berita.

10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Reporter Profesional | admin | 4.5

Leave a Reply