10 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu jurusan pendidikan jenjang kuliah yang memiliki cukup banyak peminat adalah jurusan bahasa. Faktor penyebabnya adalahbanyaknya pilihan jurusan bahasa. Seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, dll. Jurusan bahasa juga terbagi menjadi 2, yaitu murni dan pendidikan. Kemudian, faktor penyebab banyaknya peminat juga dikarenakan luasnya prospek kerja jurusan pendidikan bahasa di Indonesia.

Baik itu jurusan bahasa Indonesia maupun jurusan bahasa asing lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa peluang kerja yang bisa anda dapatkan cukup luas. Anda bisa bekerja dalam bidang pendidikan, dalam bidang komunikasi, dalam bidang industri kreatif sebagai penulis, sastrawan, dll. Anda juga bisa melebarkan sayap karir anda dengan bekerja di luar negeri. Untukinformasi lebih lengkap simak ulasan mengenaipeluang kerja lulusan jurusan bahasa ini.

10 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Peluang Kerja Lulusan Jurusan Bahasa Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjadi Tenaga Pendidik Guru Atau Dosen

Sebagai lulusan dari jurusan pendidikan bahasa, tentunya kamu sudah memiliki dasar ilmu bahasa dan juga ilmu sebagai guru. Hal ini dikarenakan, jurusan pendidikan bahasa adalah jurusan yang memiliki tujuan khusus untuk melahirkan lulusan dengan kemampuan dan bekal ilmu mengajar yang baik. Sebaliknya, jurusan bahasa murni adalah jurusan kuliah dimana mahasiswa akan memperdalam ilmubahasa yang dipelajari saja.

10 Jurusan kuliah yang bisa keliling dunia

Namun tentu saja mata kuliah mengenai bahasa tetap diberikan pada jurusan pendidikan.Baik itu bahasa Indonesia ataupun lokal, anda bisa menjadi guru, dosen ataupun instruktur bahasa khusus. Sekarang juga sudah banyak pendidikan S2 dan S3 yang tersedia untuk anda yang ingin menjadi dosen ataupun professor. Karena itulah, prospek kerja jurusan pendidikan bahasa yang utama adalah menjadi tenaga pendidik.

2. Penyunting Bahasa Dan Editor

Perkembangan teknologi cetak maupun digital, memberikan efek meningkatnyakebutuhan akan editor dan penyunting bahasa. Buku, novel, berita, artikel, dll baik dalam media cetak ataupun digital, pastinya membutuhkan pengecekan bahasa sebelum diterbitkan. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya karya sastra luar negeri yang membutuhkan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia, makalulusan jurusan bahasa memiliki tempat tersendiri untuk posisi ini.

3. Bekerja Di Perusahaan Multinasional

Meskipun jurusan anda adalah pendidikan bahasa, bukan berarti anda hanya belajar untuk menjadi pendidik. Anda jugamempelajaribahasa tersebut. Jika anda adalah lulusan jurusan bahasa asing, anda memiliki peluang bekerja pada perusahaan multinasional. Peluang kerja yang satu ini membutuhkan kemampuan bahasa asing yang baik, sehingga anda bisa menjabat posisi yang sesuai dengan kemampuan anda.

Selain bahasa asing, lulusan jurusan bahasa Indonesia juga bisa mencoba peluang ini. Kemampuan komunikasi yang baik,tidak bertele-tele, jelas, dan juga mudah dimengerti bisa digunakan untuk menggaet suatu jabatan pada perusahaandan membuka prospek kerja jurusan pendidikan bahasa ini. Seperti contohnya jabatan public relation, dimana anda dituntut untuk memiliki skill komunikasi, diskusi dan bahasa yang baik untuk bernegosiasi.

7 Jurusan kuliah untuk bisa kerja di PLN

4. Menjadi Seorang Sastrawan

Jika berbicara mengenai bahasa, tentu saja ada sangkut pautnya dengan sastra. Sekalipun anda adalah mahasiswa jurusan pendidikan, tentunya ada mata kuliah yang bersangkutan dengan sastra. Ilmu bahasa bisa dipelajari dengan seiring berjalannya waktu, anda bisa mencoba menjadi sastrawansambilterus menambah ilmu.Sebagai sastrawan, anda bisa memilih menjadi pembuat novel, cerpen, puisi, pantun, bahkan kritikus.

5. Penerjemah Dan Juru Bahasa Asing

Bagi anda yang lulusan jurusan bahasa asingpeluang kerja pertama yang paling mudah ditemukan adalah menjadi penerjemah. Meskipun pekerjaan ini selalu dikaitkan dengan jurusan bahasa asing, namun pekerjaan ini tidaklah mudah. Karena, peluang pekerjaan ini mengharuskan anda menjadi jembatan antar ke dua bahasa atau lebih dan menyampaikan informasi dari bahasa satu ke lainnya, tanpa mengubah makna yang diberikan.

Pekerjaan penerjemah dilakukan secara tulis ataupun dalam bentuk lisan. Jika dalam bentuk lisan, disebut sebagai interpreter atau juru bahasa. Interpreterharus mendampingi petinggi saat konferensi danmengalihkan bahasa secara langsung. Jika dalam bentuk tulis, prospek kerja jurusan pendidikan bahasaini dibutuhkan untuk menterjemahkan karya sastra asing yang masuk ke Indonesia, seperti novel ataupun dokumen asing dari perusahaan luar negeri.

6. TourguideAtau Pemandu Wisata

Untuk peluang kerja yang satu ini tentu saja akan lebih menarik bagi anda yang hobi jalan-jalan. Namun dalam menjalankan tugasnya, pemandu wisata membutuhkan skill interaksi,  komunikasi, dan pengetahuan yang baik.Prospek kerja ini cocok untuk lulusan jurusan bahasa Indonesia maupun asing. Karena pekerjaan ini akan melibatkan komunikasi antara anda dengan para turis yang dipandu, baik turis lokal maupun mancanegara.

7. Menjadi Anggota Staf Diplomatik

Peluang menjadi anggota staf diplomatik tidak hanya dimiliki oleh mereka yang lulusan jurusan Hubungan Internasional, namun jurusan bahasa juga bisa. Sering kali mereka yang lulusan jurusan bahasa diterima dan bekerja di instansi kedutaan besar sebagai tenaga pengajar. Adapula yang diterima sebagai editor atau bahkan menjadi bagian staf penerjemah.Karena itupeluang pekerjaan ini bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk anda.

8. Menjadi Anggota Lembaga Budaya Dan Internasional

Dengan adanya ilmu mengenai budaya asing ataupun lokal, salah satu prospek kerja jurusan pendidikan bahasa yang bisa menjadi alternatif adalah bekerja di lembaga budaya, baik lembaga lokal ataupun Internasional. Hal ini karena, biasanya dalam mempelajari bahasa akan diikuti dengan mempelajari tentang budayanya juga. Begitu juga denganjurusan bahasa yang kebanyakan merupakan bagian jurusan ilmu budaya.

9. Pramugari atau Pramugara

Salah satu peluang pekerjaan untuk lulusan jurusan bahasa yang cukup berbeda haluan adalah menjadi pramugari/pramugara. Jika dilihat dari gelar, memang pekerjaan ini tidak sesuai untuk anda. Namunmenurut survei, tidak sedikit lulusan jurusan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, yang mengambil kesempatan bekerja menjadi pramugari. Hal ini dikarenakan salah satu syarat penerimaan adalah memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing.

10 Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita

10. Menjadi Seorang Penulis

Ilmu pengetahuan bahasa juga akan berkaitan dengan menulis. Jika anda suka bermain dan mengolah kata, anda bisa menggunakan ilmu bahasa anda untuk pekerjaan sebagai penulis. Baik untuk lulusan bahasa Indonesia maupun bahasa asing, pekerjaan menciptakan karya fiksi dan non-fiksi ini bisa menjadi opsi peluang kerja. Selain itu, perkembangan media juga membuka bermacam karir penulis baru, seperti content writer dan copywriter.

Masih banyak prospek kerja jurusan pendidikan bahasa yang bisa anda temukan. Dengan memiliki pengetahuan dan ilmu mengenai bahasa tertentu anda bisa menggunakannya untuk segala karir yang bersangkutan dengan bahasa.Meskipun anda adalah lulusan jurusan pendidikan bahasa, bukan berarti peluang kerja anda hanya terpaku untuk menjadi tenaga pengajar. Ilmu bahasa yang sudah anda pelajari bisa anda gunakan untuk pekerjaan lain.

10 Prospek kerja jurusan ilmu keolahragaan

Seperti menjadi penerjemah, alih bahasa, editor, penulis dll.Namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk anda bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan jurusan anda. Hal ini cukup wajar dan sering kali ditemukan. Seperti contohnya menjadi pramugari. Agar anda tidak merasa kecewa,sebelum memilih jurusan sebaiknya anda memikirkan terlebih dahulu mengenai minat anda dan juga pekerjaanyang mungkin anda inginkan.

10 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Yang Perlu Anda Ketahui | admin | 4.5

Leave a Reply