Makna warna populer dalam desain grafis yang harus kamu tahu

Warna memang menjadi bagian penting dari sebuah karya desain grafis. Beberapa desainer profesional juga akan melakukan riset terhadap komposisi warna yang ideal untuk grafis yang dibuat. Semakin ideal pilihan warna untuk desain grafis biasanya akan memberikan pengaruh pada seluruh tampilan dan pesan yang disampaikan. Apalagi beberapa desain grafis yang memang sering digunakan untuk produk industri atau bisnis memang dianggap membutuhkan banyak pola warna berbeda. Hal ini yang membuat kamu harus menentukan warna ideal untuk seluruh bagian lapisan dan sisi dari desain grafis itu. Pertimbangkan juga beberapa hal yang akan memberikan dampak sangat besar dari tampilan desain grafis. Elemen itu juga akan berkaitan dengan makna warna populer dalam desain grafis.

makna warna populer dalam desain grafis

Penggunaan ideal warna populer untuk desain grafis

Ada banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk menentukan pilihan warna ideal pada desain grafis. Penggunaan pilihan warna seperti ini memang disesuaikan dengan tampilan dan konsep dari desain grafis itu sendiri. Semakin rumit detail desain grafis yang kamu buat biasanya akan membutuhkan detail warna yang berbeda. Cobalah untuk menggunakan beberapa rekomendasi dari warna populer yang sering digunakan. Masing-masing dari pilihan warna itu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dari desain grafis. Apalagi kamu juga harus mempertimbangkan seluruh makna warna populer dalam desain grafis sehingga memiliki integrasi yang sangat ideal.

Seluruh elemen penting dari penggunaan warna itu juga akan memberikan dampak yang sangat baik. Beberapa konsep desain grafis yang diperuntukkan untuk pribadi dan komersial selalu membutuhkan komponen warna berbeda. Hal ini juga harus dipertimbangkan sesuai dengan fungsi dan penggunaan dari seluruh bagian warna. Berikut ini ada beberapa penggunaan ideal dari warna untuk desain grafis seperti:

  1. Pembuatan kemasan produk

Salah satu penggunaan warna yang sering diterapkan biasanya untuk desain grafis pada kemasan produk. Warna dianggap menjadi elemen penting untuk membuat tampilan kemasan produk semakin menarik. Tentu saja seluruh detail warna yang ditampilkan akan mempengaruhi khalayak atau orang lain untuk menggunakan atau mengkonsumsi produk itu. Hal ini yang membuat rekomendasi warna untuk kemasan produk harus diperhitungkan dengan baik.

Biasanya warna juga akan digunakan untuk membuat bagian logo menjadi lebih baik. Logo sering digunakan sebagai identitas dari banyak perusahaan atau institusi tertentu. Apalagi ada juga beberapa logo yang memang dibuat untuk menyampaikan pesan tertentu. Penerapan warna yang ideal akan semakin memudahkan penyampaian pesan.

  1. Penggunaan warna populer untuk karya seni

Warna populer juga sering digunakan pada berbagai karya seni. Misalnya saja warna digunakan untuk lukisan, gambar grafis dan lainnya. Tentu saja pilihan warna populer untuk karya desain grafis itu sebaiknya disesuaikan dengan konsep dasar yang dibutuhkan.

  1. Warna untuk penggunaan desain pribadi

Beberapa desainer baik itu pemula maupun profesional juga akan menggunakan warna dengan memperhitungkan berbagai hal. Biasanya pilihan warna ini juga akan menjadi metode pembelajaran yang ideal. Semakin banyak warna yang digunakan untuk desain pribadi tentu saja akan memudahkan penerapan komposisi warna yang ideal.

makna warna populer dalam desain grafis

Makna warna populer dalam desain grafis

Semakin banyak pilihan warna populer yang bisa kamu gunakan tentu saja akan semakin mudah untuk memberikan tampilan konsep yang ideal. Masing-masing dari pilihan warna populer itu memang sering digunakan untuk banyak produk. Bahkan, ada juga desain grafis yang menerapkan detail warna melalui komposisi berdasarkan psikologi warna. Pilihan ideal yang digunakan untuk seluruh detail warna sebaiknya disesuaikan dengan ukuran dan detail dari desain grafis itu sendiri. Berikut ini ada beberapa makna warna populer dalam desain grafis yang patut kamu pertimbangkan, seperti:

  1. Makna warna merah

Makna warna populer dalam desain grafis bisa kamu dapatkan dari merah. Warna ini biasanya selalu dikaitkan dengan kemarahan, kekerasan hingga konflik. Namun, beberapa desainer menganggap bahwa warna merah juga sering digunakan sebagai ungkapan cinta atau kasih sayang. Hal ini juga akan diberlakukan sesuai dengan kehidupan sosial di suatu budaya. Misalnya saja merah dianggap memiliki makna berkabung bagi warga Afrika.

  1. Makna warna kuning

Ini adalah warna yang paling cerah dibandingkan warna populer lainnya. Warna kuning selalu identik dengan kecerahan, keceriaan, kegembiraan dan hal menyenangkan lainnya. Biasanya warna kuning akan sering digunakan untuk berbagai kemasan produk hingga industri lainnya secara komersil. Tentu saja warna ini akan semakin tampil ideal bila disandingkan dengan pilihan warna yang memiliki kontras sama.

  1. Makna warna hijau

Makna warna populer dalam desain grafis bisa kamu dapatkan dari hijau. Warna seperti ini selalu berkaitan dengan alam dan konsep natural. Hal ini yang membuat banyak produk komersial yang berkaitan dengan natural atau bahan alami selalu menjadikan hijau sebagai warna dasar. Penerapan warna ini cocok untuk seluruh produk kesehatan atau makanan herbal.

  1. Makna warna biru

Biru juga menjadi warna populer yang sering digunakan oleh banyak desainer. Biasanya warna biru seperti ini akan memberikan kenyamanan dan ketenangan. Kondisi ini yang sering digunakan sebagai peluang desainer untuk menjadikan biru sebagai dasar dari langit atau air laut.

  1. Makna warna oranye

Oranye merupakan hasil dari komposisi dari merah dan kuning. Warna ini juga sangat populer di kalangan desainer karena memiliki karakter yang hampir mirip dengan kuning dan merah. Makna dari warna ini biasanya akan berkaitan dengan semangat dalam menjalankan berbagia kegiatan atau tindakan. Selain itu, bagi warga Amerika oranye selalu identik dengan buahan sehat.

  1. Makna warna ungu

Pilihan warna lain yang memiliki makna mendalam tentang ketenangan dan kedamaian adalah ungu. Warna ini merupakan hasil penggabungan dari merah dan biru. Kontras yang tampil elegant sering menjadikan warna ini sebagai bagian dari berbagai tampilan poster yang berkaitan dengan kecantikan. Apalagi makna dari ungu juga bisa tampil mewah karena sering digunakan untuk produk perhiasan.

  1. Makna warna hitam

Banyak desainer menganggap bahwa hitam memiliki karakter yang kuat dan sangat netral dibandingkan warna lainnya. Hal ini yang membuat makna dari warna hitam selalu identik dengan kejahatan. Namun, beberapa perusahaan di berbagai bidang yang menggunakan warna hitam pada logo selalu ingin menyampaikan pesan yang kokoh dan tangguh. Kamu akan sering menggunakan logo hitam untuk perusahaan besar dan ternama.

  1. Makna warna putih

Ini adalah warna yang sering digunakan banyak desainer untuk membuat tampilan konsep grafis menjadi lebih elegan dan ideal. Makna dari warna putih selalu berkaitan dengan kebebasan, kebersihan, kedamaian dan hal baik lainnya. Bahkan, warna putih juga menjadi elemen penting di rumah sakit yang dianggap memberikan ketenangan untuk pasien.

tags:

makna warna dalam desain grafis
Makna warna populer dalam desain grafis yang harus kamu tahu | tokogulali | 4.5

Leave a Reply