Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop

Jika kamu memang ingin sekali untuk mendapatkan hasil yang sangat-sangat maksimal dalam hal pengeditan foto atau menciptakan beberapa kreasi, tentu  saja yang kamu butuhkan adalah sebuah aplikasi bagus. Jika kita berbicara tentnag aplikasi edit foto yang berkualitas, maka Photoshop hingga saat ini belum ada tandingan baik itu dilihat dari segi popularitas ataupun dari segi kualitas foto yang memang telah dihasilkan.

Photoshop adalah sebuah aplikasi editor foto yang mempunyai sifat manual. Artinya Photoshop mudah untuk mengolah gambar sehingga tidak akan instan seperti halnya editor foto yang lainnya, kita harus menggunakannya step by step dalam memberi perintah atau efek pada lembar kerja. Maka dari itu Photoshop dari segi sifat yaitu dinamis, kita bisa memulai untuk dapat berkreasi sebebas mungkin menyesuaikan dengan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita. Anda bisa bandingkan dengan editor foto yang lainnya, dengan satu perintah saja dapat menghasilkan efek foto yang mana pada efek tersebut bersifat sangat baku. Bagaimanapun hasilnya nanti itulah adalah jadinya, tidak dapat di setting dalam menentukan nilai atau parameter pada efek tersebut.

Photoshop mempunyai banyak sekali tools dan punya beragam perintah yang dapat kita gunakan dalam mengolah sebuah gambar, dengan begitu anda dapat akan lebih leluasa dalam memilih dan menentukan efek bagi foto kita. Dikarenakan banyak sekali tools dan peritah yang ada di Photoshop, maka kita sebagai user harus dapat memahami dan mengerti betul mengenai fungsi dari masing-masing tools dan perintah dalam Photoshop. Pada website ini maka saya dapat juga membahas beberapa tools yang dapat anda pelajari.

Selain photoshop sendiri memang diluar sana telah banyak aplikasi editor foto yang memang tersebar di masyarakat dan tidak jarang mereka lebih mencoba memilih aplikasi tersebut jika dibandingkan Photoshop. Saya pribadi juga saat ini pernah bertanya terhadap beberapa teman yang suka sekali ketika mengedit foto lalu meng-uploadnya ke dalam sosial media mereka, lalu saya bertanya mengapa mereka sangat tertarik ketika menggunakan aplikasi editor foto selain aplikasi Photoshop, mereka lalu akan menjawab bahwa aplikasi Photoshop itu sangatlah rumit dan sulit untuk dipahami sekaligus dipelajari. Mereka memilih menggunakan aplikasi yang instan dan cepat untuk menghasilkan editan foto.

Foto adalah karya yang dihasilkan dari jepretan kamera dan kini untuk mendapatkan hasil foto yang baik, bisa juga menggunakan kamera hp. Banyak sekali merk hp yang di desain khusus dengan berbagai tampilan kameranya yang sangat bagus dan semakin baik kameranya, maka hasil fotonya akan semakin keren.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop

Berikut ini adalah cara membuat bayangan foto dengan adobe photoshop:

  1. Siapkan foto

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menyiapkan gambar dan hilangkanlah latar belakang gambar dengan menggunakan magic wand tools.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Proses pembuatan bayangan

Pada tahap kedua masuklah tahap penting untuk membuat bayangan dari foto dan pilih lah menu layer, kemudian pilihlah layer style serta pilih drop shadow.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Pilih drop shadow

Tampilan drop shadow akan Nampak seperti gambar di bawah dan pada tahap ini kamu tinggal klik ok.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Tampilan layer

Akan ada layer baru dengan tampilan bayangan seperti gambar di bawah ini dan tampilan layernya akan nampak seperti gambar asli, namun berbentuk bayangan yang sangat mirip.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Pilih free transform

Pada tahap selanjutnya pada bagian bayangan pilihlah free transform atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol control+T.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Atur posisi bayangan

Pada tahap ini kamu bisa menentukan bentuk bayangan dan pada saat proses pembentukan bayangan gunakan kombinasi tombol ctrl dengan tarikan dengan menggunakan mouse. Letakan bayangan gambar sesuai dengan keinginan dan biasanya posisi bayangan harus disesuaikan dengan gambar aslinya. Jika gambar asli ada di sebelah kanan biasanya bayangannya ada di sebelah kanan dan sebaliknya. Kamu juga bisa mengatur kualitas dari banyangan itu sendiri dengan cara merubah opacitynya.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop
  • Hasil pengerjaan

Setelah foto dengan bayangan berhasil dibuat, kamu bisa menyimpan file foto dengan berbagai format dan sebaiknya simpan juga gambar dengan file photoshop, karena dengan file ini kamu bisa mengedit kembali gambar di lain waktu. File yang biasanya digunakan untuk foto adalah jpg dan png.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop

Sekian ulasan lengkap mengenai cara membuat bayangan foto dengan adobe photoshop dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Mengapa pakai photoshop?

Apa fungsi utama dari software Adobe Photoshop? Photoshop sendiri memang hanya sebagai aplikasi pengedit foto atau gambar dengan tipe raster dan bitmap. Perlu kamu ketahui jika sebagai aplikasi pengedit gambar, adapun fungsi Photoshop bisa dijabarkan lebih khusus lagi tentunya, yaitu untuk dapat mempercantik gambar, melakukan rekayasa gambar, dan membuat sebuah desain gambar.

selain itu memang fungsi dari Photoshop itu sendiri adalah untuk mempercantik gambar dengan cara menghaluskan atau membersihkan sebuah objek, dimana hal tersebut mudah dilakukan dengan tujuan supaya gambar tersebut terlihat lebih indah dan juga sangat menarik.

Fungsi Photoshop adalah untuk merekayasa gambar tersebut dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan dengan gambar-gambar yang berbeda-beda sehingga nanti terlihat seperti gambar asli bahkan seringkali bisa menipu mata orang yang melihatnya.
Selain itu memang fungsi Photoshop sendiri adalah untuk membuat desain gambar dengan cara menciptakan sebuah objek yang baru seperti halnya sebuah logo, spanduk, brosur, dan juga sebuah poster.

Adapun kegunaan atau fungsi dari adobe photoshop itu sendiri jika di lihat secara dari segi teknik

  1. Kamu dapat melakukan kombinasi 2 buah gambar atau lebih menjadi satu gambar yang baru.
  2. Kamu bisa menghilangkan atau menghapus sebuah objek pada sebuah gambar.
  3. Memberi ataupun merubah sebuah warna
  4. Merubah dengan ukuran gambar menjadi sangat kecil ataupun menjadi sangat besar
  5. Kamu bisa mempertajam warna dan sekaligus kualitas gambar
  6. Kamu bisa membersihkan atau memperindah sebuah gambar
  7. Kamu bisa mengaburkan gambar agar nantinya tampak samar-samar
  8. Dapat meningkatkan intensitas cahaya gambar sehingga nantinya akan terlihat lebih terang.
  9. Melakukan pemotongan gambar

Pada aplikasi Photoshop terdapat beberapa bagian yang sangat penting lainnya yang juga mempunyai fungsi-fungsi sendiri-sendiri. Bagian-bagian tersebut adalah menu, layer, tool, toolbox, dan lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa bagian penting Photoshop beserta dengan fungsinya :

Baca juga :

Layer merupakan sebuah kanvas tempat untuk kamu dapat mendesain gambar. Di dalam Photoshop sendiri memang kamu dapat menggunakan layer dengan lebih dari satu. Kelebihan pada saat pemakaian banyak layer adalah jika pada setiap desain pada satu layer tersebut tidak akan mengganggu satu desain pada layer-layer yang lain. Selain itu terdapat semua desain pada layer-layer yang ada tersebut dapat dikombinasikan menjadi sebuah atau satu gambar.

Tool      : alat-alat yang digunakan memang dipergunakan untuk mendesain atau menyunting sebuah gambar.

Menu    : tempat utama yang mana terdapat tool-tool Photoshop berada. Sedangkan memang pada menu inti yang terdapat pada Photoshop adalah seperti File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, Analysis, 3D, View, Window, dan Help.

Toolbox : Sebagai tempat khusus yang digunakan khusus menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah untuk dilihat dan dipakai.

Cara Membuat Bayangan Foto Dengan Adobe Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply