Membuat Gambar Ciamik Menggunakan Teknik Double Exposure Photoshop

Teknik double exposure sendiri adalah salah satu teknik foto yang telah ada cukup lama yakni jauh sebelum adanya era fotografi digital sekarang ini. Teknik ini juga telah muncul pada saat fotografi masih menggunakan basis film seluloid sebagai media rekam pada gambarnya. Kala itu memang fotografer bisa melakukan berkali-kali exposure dengan menggunakan scene yang berbeda pada satu frame film yang sama sehingga pada teknik telah dikenal juga sebagai teknik multiple exposure.

Teknik ini memang dikenal sebagai akibat dari pencahayaan menjadi banyak sekali bertumbuk pada satu frame-frame yang menghasilkan foto-foto dengan beberapa gambar. Teknik ini dahulu sangat lazim digunakan yang berguna dalam menggabungkan beberapa image dalam satu foto saja, hal tersebut seperti layaknya anda  melakukan composite foto di era digital. Pada jaman dahulu teknik ini banyak sekali memang banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai macam foto hoax seperti foto “penampakan hantu” dan lain sebagainya.

Tips membangun  teknik ini adalah

Memang jika anda melihat secara teknik ada beberapa hal yang bisa sangat membantu anda dalam membuat foto dengan menggunakan efek double exposure ini:

  • Foto anda tersebut yang akan digabungkan sebaiknya menggunakan latar belakang sederhana dan satu warna saja. Tujuannya apa? tujuannya adalah agar memudahkan pada saat anda akan melakukan cut out atau memisahkan subjek foto dari background anda nantinya.
  • Jika salah satu foto tersebut merupakan foto portraiture, maka ada beberapa foto yang menggunakan efek foto double exposure yang begitu populer untuk memperlihatkan tampak samping dari kepala atau wajah. Jadi model atau subjek foto tersebut akan melihat ke arah samping.
  • Namun sebaiknya foto subjek mempunyai tingkay kontras yang sangat tinggi. Jadi ada area yang memang terang dan juga ada area yang geap yang nanatinya akan memudahkann terjadinya transisi/blending antara foto yang akan anda digabungkan. Apabila foto subjek tersebut mempunyai lighting yang flat sebaiknya anda melakukan retouch terlebih dahulu agar mempunyai tingkat kontras yang lebih baik.
  • Tips lain adalah pada saat anda melakukan foto di salah satu subjek anda dapat menggunakan teknik side lighting untuk mendapatkan kontras yang begitu cukup. selain itu juga membuat sebuah efek double exposure juga akan sangat dipengaruhi oleh gambar atau foto yang akan anda gunakan jadi sebelum membuat efek ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika gambar atau foto mempunyai kualitas yang cukup baik. adapun pada tutorial ini hasil akhir nya adalah sebagai berikut.

Tutorial membuat efek Double Exposure di Photoshop

1. Anda buka foto model atau portrait stock ke dalam aplikasi Adobe Photoshop, pada tutorial ini penulis menggunakan adobe photoshop cs6, anda dapat menghilangkan tanda gembok pada layer background dengan cara anda mengklik kanan layer background setelah itu pilih layer from background lalu kemudian pilih ok.
2. Langkah kedua adalah anda dapat menyeleksi foto model tersebut, ya di sini anda bisa menggunakan pen tool (P) dengan tipe path.

3. Setelah seleksi path selesai anda bentuk anda bisa mengklik kanan kemudian pilih make selection. Anda dapat mengatur radius 0,5 px pilihlah ok.

4. Kemudian anda dapat menambahkan layer mask pada layer tersebut dengan cara anda mengklik icon layer mask yang berada               di bawah layers box.
5. Anda bisa menambahkan ukuran canvas anda dengan lembar kerja yang sesuai nantinya bisa dengan cara klik menu image-                canvas size dan buatlah ukuran yang jauh lebih besar atau dapat juga menggunakan cropt tool. Perhatikan gambar yang ada                   di bawah ini.
6. Selanjutnya anda bisa membuat warna foto tersebut menjadi hitam putih dengan cara anda klik menu image-> adjusment->               Desaturate.
dan untuk mengatur level warna tersebut anda dapat mengklik menu image-> adjusment-> levels. Anda dapat                                            mengaturnya, seperti gambar di bawah ini.                   7. Anda bisa menambahkan layer baru di bawah layer model dan kemudian fill dengan warna putih.

8. Anda dapat mmasukkan gambar kota kedalam lembar kerja photoshop untuk anda dapat jadikan sebagai sebagai kombinasi              untuk efek ini. buat posisi gambar tepat di atas model wanita tersebut dan kemudian anda atur agar posisinya menjadi 90 %,                bisa dengan anda memutarnya ke keriri atau dengan mengisi kolom seperti di bawah ini

9. Sama halnya dengan photo yang sebelumnya anda dapat mengatur level gambar seperti berikut ini.

10. Anda dapat mengubah warna gambar tersebut menjadi warna hitam putih dengan cara yang sama seperti yang telah adan                 lakukan pada photo model wanita tadi serta anda dapat menambahkan layer mask.

11. Setelah itu anda dapat menambahkan juga layer mask pada layer tersebut dengan cara mengklik icon layer mask yang terdapat di bawah layer box, seperti saat anda membuat layer pada gambar model wanita ini.
12. Anda dapat menyeleksi gambar model wanita tersebut dengan cara anda mengklik Ctrl+klik pada kotak layer mask. Selanjutnya anda dapat Inverse seleksi dengan menekan Shift+Ctrl+I.

13. Aktifkan brush tool (B) dengan menggunakan warna apa saja, kemudian aktifkan layer 3, sapukan pada kota yang tepat                          berada di atas wajah model wajah wanita tersebut akan ada tanda hitam di samping wajah model tersebut seperti gambar di                    bawah ini.
14. Selanjutnya anda dapat menghilangkan seleksi, dengan tekan ctrl+D pada keyboard, masih dengan menggunakan brush tool                 (B), sapukan kembali brush itu tepat di atas wajah model wanita. 15. Anda dapat menambahkan gradient map layer untuk mengubah warna efek tersebut.Untuk warna gradient yang akan anda              gunakan terserah kepada anda masing-masing apakah ingin menggunakan warna apa, sebagai contoh di sini penulis                                menggunakan warna biru.

16. Langkah berikutny adalah anda menambahkan layer baru untuk background pada gambar yang telah jadi tersebut dengan                cara anda klik, new layer-> kemudian layer baru akan muncul tapi masih dalam mode transparan, anda bisa membuat                            agar background layer tersebut berubah menjadi putih polos.

Final akhirnya gambar telah usai, dan anda dapat melihat penampilannya seperti di bawah ini.

Terus belajar untuk memperdalam ilmu grafis dengan menggunakan tool-tools yang telah banyak sekali di dapatkan. Salah satunya adalah seperti pada tutorial ini, dimana penulis menggunakan adobe photoshop untuk proses pengeditan gambar, lalu apa keunggulannya:

Baca juga : Membuat efek dispersion smoke dengan photoshop

  • Photoshop sendiri mempunyai banyak sekali tools dan memiliki beragam perintah yang dapat anda gunakan selama anda mengolah gambar, maka dengan begitu anda dapat lebih leluasa lagi memilih dan menentukan untuk menggunakan efek yang mana dalam foto kita. yah, dikarenakan banyak sekali tools dan perintah pada photoshop, maka anda tentunya sebagai pengguna harus dapat memahami satu persatu fungsi dari tools tersebut
  • Photoshop tersebut memang akan selalu mengikuti perubahan zaman, terbukti dari pertama kali software ini rilis pada tahun 1988 sampai dengan saat ini Adobe Photoshop telah banyak sekali mengalami peningkatan-peningkatan versi sebanyak 24 kali sampai saat ini software ini telah merilis versi terbarunya yaitu Photoshop CC yang banyak sekali digunakan para profssional

 

Demikian tutorial dalam membuat efek double exposure di photoshop. semoga pada tutorial ini anda dapat menambah ilmu dalam penggunaan aplikasi edit gambar ini. Semakin banyak kita berlatih maka akan semakin bertambah pula kemampuan kita. Terima kasih.

Membuat Gambar Ciamik Menggunakan Teknik Double Exposure Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply