Cara Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Agar Tidak Lembab

Kamar mandi menjadi tempat yang sangat penting di setiap rumah. Tanpa kamar mandi, berbagai kebutuhan pribadi akan sulit. Karena itu kamar mandi harus menjadi tempat yang nyaman untuk mendukung beberapa hal. Hanya saja terkadang kamar mandi dianggap yang terakhir ketika membuat desain rumah. Kamar mandi juga cenderung berukuran kecil dibandingkan dengan kamar lain. Pertimbangan ini karena fungsi kamar mandi itu sendiri.

Tapi ternyata desain kamar mandinya memang tidak boleh gegabah. Kunci utama saat bikin kamar mandi bersih dan tidak lembab. Jika kamar mandi kotor dan lembab, bau dari kamar mandi bisa menyebar ke seluruh bagian rumah. Karena itu ventilasi juga harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut ini adalah solusi untuk kamar mandi tanpa ventilasi agar tidak lembab dan bersih.

Cara Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Agar Tidak Lembab
desain kamar mandi tanpa ventilasi

Desain Kamar Mandi Berventilasi

• Warna terang

Tanpa ventilasi, kamar mandi sebenarnya bisa menjadi gelap dan kotor. Karena itu, hindari kondisi ini dengan memilih bahan kamar mandi dengan bahan berwarna cerah. Misalnya menggunakan tarikan lantai kamar mandi putih. Putih juga bisa digunakan untuk keramik dinding kamar mandi. Agar tidak terpeleset, Anda juga harus memilih keramik khusus untuk kamar mandi. Dan jika Anda masih ragu, ikuti tips untuk memilih ubin kamar mandi.

• Pencahayaan penuh

Selain memberikan sentuhan desain menawan ke kamar mandi tanpa ventilasi, Anda juga dapat menerapkan pencahayaan penuh. Sumber cahaya dapat ditempatkan di tengah langit-langit sehingga cahaya menyebar ke semua kamar. Kemudian pasang juga lampu di bagian atas wastafel atau dekat lemari. Cahaya terang akan membuat kamar mandi lebih nyaman dan tidak kotor. Lampu gantung juga bisa menjadi lampu yang indah untuk kamar mandi tanpa ventilasi.

• Permainan warna

Setelah menerapkan warna kamar mandi yang cerah, berikan sentuhan interior ke kamar mandi. Pilih warna yang menarik dan cerah untuk wastafel, lemari, pancuran dan bak mandi. Efek warna ini memberi kesan kamar mandi yang ceria dan nyaman.

Kebersihan Kamar Mandi

• Pasang Exhaust Fan

Cara lain agar kamar mandi tetap nyaman dan tidak berbau adalah dengan memasang kipas angin atau Exhaust Fan. Alat ini akan membuat sirkulasi udara di kamar mandi lebih nyaman sehingga mencegah bau yang terperangkap di kamar mandi. Alat ini juga membuat kamar mandi tidak terlalu panas sehingga lebih nyaman digunakan. Apalagi jika Anda menggunakan pemanas maka kamar mandi cenderung tidak lembab dan cepat kering. Dan jangan lupa untuk selalu mencium bau kamar mandi.

• Pisahkan area basah dan kering

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi, Anda juga perlu memisahkan area kamar mandi kering dan basah. Metode ini sangat penting untuk membuat semua lantai di kamar mandi tidak selalu basah. Bahkan ini juga berguna untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Untuk itu Anda bisa memasang gorden di area shower. Dengan begitu kamar mandinya lebih bersih dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan peralatan kebersihan rumah agar kamar mandi tetap bersih.

• Berikan hiasan tanaman

Biasanya kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi cenderung pengap. Karena itu, coba berikan ornamen dari tanaman kecil. Ini juga sangat baik untuk mengatasi kelembapan di kamar mandi. Bahkan tanaman hias juga penting untuk memberi kesan kamar mandi kecil dan indah. Beberapa tanaman yang bisa digunakan seperti lidah mertua, anggrek dan lidah buaya. Setelah Anda menerapkan tanaman ini, berhati-hatilah agar tidak mencemari kamar mandi.

• Gunakan produk penyerap lembab

Rasanya sangat sulit untuk menghilangkan bau dan kelembaban di kamar mandi kecil. Untuk mengatasinya, coba gunakan produk penghilang lembab di kamar mandi. Produk ini biasanya diletakkan di dekat plafon sehingga aroma kamar mandi tidak terlalu kuat.

Baca juga tips seputar interior kamar mandi :

Itulah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Agar Tidak Lembab. Semoga bermanfaat ya

Cara Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Agar Tidak Lembab | admin | 4.5

Leave a Reply