Mengenal jurusan desain komunikasi visual dan prospek pekerjaan

Jurusan desain komunikasi visual saat ini memang semakin banyak digemari. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi hingga pesatnya pertumbuhan perusahaan start up. Prospek pekerjaan yang semakin banyak dari jurusan ini tentu saja akan menjadi pertimbangan banyak calon mahasiwa. Selain itu, jurusan ini juga bersifat dinamis yang sangat mengikuti perkembangan jaman. Ada banyak program studi hingga mata kuliah yang menarik perhatian. Masing-masing dari mata kuliah itu juga akan memudahkan para calon mahasiwa untuk meningkatkan kemampuan atau skill teknik yang berkaitan dengan bidang komunikasi visual. Ini yang menjadi latar belakang jurusan ini memiliki cukup banyak peminat.

jurusan desain komunikasi visual

Informasi dasar tentang jurusan desain komunikasi visual

Beberapa Universitas atau Sekolah Tinggi memang menyediakan jurusan ilmu yang berkaitan dengan komunikasi visual. Biasanya jurusan ini masuk dalam sistem Fakultas atau ruang lingkup yang lebih kecil seperti Program Studi. Masing-masing dari sistem jalur pendidikan yang ditawarkan itu tentu saja disesuaikan dengan mata kuliah hingga kapasitas mahasiwa yang akan ditampung. Jurusan yang berkaitan dengan desain komunikasi visual merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang penyampaian pesan melalui elemen visual seperti desain grafis. Tentu saja metode pembelajaran yang ditawarkan dari jurusan ini diberikan secara informative, efektif, komunikatif melalui dukungan sistem yang berbeda. Selain itu, pola pembelajaran yang diberikan dari jurusan ini tentu saja akan melibatkan konsep dan teknis.

Elemen penting dalam pembelajaran yang diterapkan melalui jurusan komunikasi visual ini seperti penyampaian pesan visual melalui logo, poster, ilustrasi, foto dan lainnya. Media yang digunakan itu tentu saja akan disesuaikan dengan kebutuhan dari penyampai pesan. Pada awalnya, jurusan ilmu yang berkaitan dengan komunikasi visual ini hanya melibatkan media 2 dimensi atau 2D. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat akan memudahkan proses penyampaian pesan hingga berbentuk 3D atau 3 dimensi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penyampaian pesan secara kreatif dan inovatif.

 

Alasan memilih jurusan desain komunikasi visual

Ada banyak alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ilmu yang berkaitan dengan desain komunikasi visual seperti ini. Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan kemampuan teknis dalam membuat sebuah karya grafis yang menggunakan media tertentu. Bila kamu memiliki skill desain grafis tentu saja jurusan ini memang sangat direkomendasikan. Selain untuk meningkatkan kemampuan grafis yang kamu miliki, jurusan ini juga akan mengenalkan berbagai konsep dasar tentang integrasi teori dan praktek yang sangat ideal. Jurusan ini juga akan mempelajari tentang beberapa hal yang berkaitan dengan unsur penting dan konsep tentang komunikasi visual.

Jurusan komunikasi visual memang sangat disarankan untuk menjadi pertimbangan utama bagi kamu yang senang dengan ilustrasi, videografi, fotografi, animasi dan lainnya. Proses pembelajaran yang diberikan tentang seluruh teori itu akan dibagi menjadi beberapa mata kuliah dasar hingga mata kuliah puncak. Ini juga akan memudahkan kamu untuk menentukan pilihan dalam keahlian khusus yang akan digunakan untuk mendapatkan prospek pekerjaan yang lebih baik. Jangan khawatir karena pekerjaan yang berkaitan dengan grafis atau komunikasi visual saat ini memang terus berkembang. Hal ini harus menjadi pertimbangan bagi kamu untuk menentukan pilihan mata kuliah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Berikut beberapa Syarat untuk masuk jurusan desain komunikasi visual

Mata kuliah dari jurusan desain komunikasi visual

Masing-masing dari Universitas dan Sekolah Tinggi yang menaungi jurusan ilmu komunikasi visual seperti ini memang memiliki kebijakan mata kuliah yang berbeda. Hal ini akan disesuaikan dengan visi dan misi Universitas atau Sekolah Tinggi itu. Tentu saja mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa juga akan diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan industri hingga prospek jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa pilihan mata kuliah yang sering ditawarkan melalui jurusan komunikasi visual seperti:

  1. Dasar seni rupa dan desain
  2. Rupa Dasar 2 dimensi
  3. Rupa Dasar 3 dimensi
  4. DKV Dasar
  5. Ilustrasi Dasar
  6. Tipografi Dasar
  7. Fotografi Dasar
  8. DKV Aplikatif
  9. Ilustrasi Aplikatif
  10. Tipografi Aplikatif
  11. Fotografi Aplikatif
  12. Komunikasi Visual
  13. Animasi
  14. Motion Graphic
  15. Komunikasi Visual Multimedia
  16. Komunikasi Periklanan
  17. Videografi
  18. Fotografi
  19. Bahasa Rupa, dan lainnya

Prospek pekerjaan untuk jurusan desain komunikasi visual

Berbicara jurusan ilmu yang berkaitan dengan desain komunikasi visual tentu saja akan dikaitkan dengan prospek atau peluang kerja yang akan dinikmati para lulusan. Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir tentang prospek yang akan didapatkan setelah kuliah. Hal ini tentu saja akan disesuaikan dengan kemampuan atau skill yang kamu miliki. Tingkat kemampuan kamu yang sangat baik dianggap akan memudahkan untuk mendapatkan peluang pekerjaan. Hingga kini ada beberapa pilihan peluang kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus, seperti:

  1. Industri periklanan

Ini adalah salah satu bidang pekerjaan yang memang membutuhkan lulusan dari jurusan ilmu desain dan komunikasi visual. Industri periklanan saat ini memang akan melibatkan banyak orang-orang kreatif. Apalagi untuk membuat sebuah iklan yang ideal dibutuhkan ide atau konsep yang berbeda. Beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan di dalam industri periklanan itu seperti copy writer, illustrator, desainer grafis, media planner, media buyer, dan lainnya. Kebutuhan lulusan desain dan komunikasi visual yang kreatif tentu saja semakin meningkat.

  1. Jasa desain grafis / Freelancer

Sebenarnya ini bisa menjadi sebuah profesi yang akan dijalankan tidak hanya setelah kamu lulus kuliah. Bila kamu merasa memiliki kemampuan untuk membuat desain grafis dengan kualitas profesional tentu saja bisa dijalankan selama masih kuliah. Kamu harus tahu bahwa kebutuhan dari jasa desain grafis saat ini semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi karena pertumbuhan perusahaan start up dalam bidang layanan aplikasi teknologi. Selain itu, beberapa perusahaan juga sudah mulai mengerti tentang branding yang dikonversi melalui logo perusahaan.

  1. Ilustrator

Beberapa industri percetakan dan penerbitan juga membutuhkan lulusan jurusan ini. Salah satu pekerjaan yang ditawarkan adalah sebagai illustrator. Ini bisa menjadi peluang besar bagi kamu setelah lulus kuliah. Selain itu, illustrator saat ini juga sudah merambah ke dunia digital seperti internet atau video grafis.

  1. Animator

Kamu juga bisa menjadi animator handal setelah lulusa kuliah. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kamu bisa menentukan pilihan media untuk menjadi sarana pembelajaran atau mengeruk keuntungan. Misalnya saja kamu menjadi animator yang menghasilkan video unik untuk Youtube atau platform video sharing lainnya. Keuntungan yang kamu dapatkan tentu saja berasal dari adsense atau jumlah subscriber dan viewers.

  1. Fotografer

Profesi fotografer juga dianggap akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Tentu saja ini menjadi turunan dari teori atau mata kuliah yang telah diajarkan. Bila kamu memiliki kemampuan fotografi yang baik mungkin bisa menjadi fotografer freelance yang mengambil tema atau konsep tertentu.

  1. Web Desainer

Web designer banyak digeluti oleh lulusan DKV (desain komunikasi visual). karena keahlian membuat web sudah masuk dalam mata kuliah. peluang kerja menjadi desainer web sangat menjamin. soalnya dijaman digital, rata-rata perusahaan maupun individu banyak sekali peminat website. apalagi jasa pembuatan blog.

  1. Pengajar /  Dosen

Profesi pengajar, bukan hanya untuk lulusan FKIP. melainkan, DKV juga bisa bergelut disini. dengan modal ilmu desain serta kreatifitas, banyak sekali dibutuhkan pengajar lulusan desain komunikasi visual. selain itu, menjadi jika kalian ingin meneruskan ke jenjnag S2 – S3, maka peluang menjadi dosen sangat besar.

Nah sekarang pilihan ada di tangan sobat. intinya, jurusan desain komunikasi visual adalah jurusan untuk siapapun. apalagi jika anda adalah seorang yang kreatif dan berbakat dibidang seni desain.

tags:

kuliah Desain Komunikasi Visual, universitas dengan jurusan desain komunikasi visual
Mengenal jurusan desain komunikasi visual dan prospek pekerjaan | tokogulali | 4.5

Leave a Reply