7 Cara Mudah Menghilangkan Sablon di Baju

Assalamualaikum. Memiliki baju yang keren, memang sudah menjadi impian semua orang. namun tidak menjamin kita bisa memakainya selama berpuluh-puluh tahun. pasti sablon pada baju akan pudar atau terkelupas. apakah masih mau dipakai, jika sudah seperti itu ?. jawabannya simpel, cukup hilangkan saja sablon di baju, agar baju terlihat polos seperti baru lagi.

Bagi kalian yang ingin menghilangkan sablon di baju, kali ini saya akan mengajarkannya. bukan cuma 1 cara saja, melainkan ada 7 cara menghilangkan sablon dibaju yang lebih efisien dan murah. simak baik-baik:

7 Cara Mudah Menghilangkan Sablon di Baju

1. Menggunakan Setrika Panas

Setrika merupakan peralatan rumah tangga, yang fungsinya untuk merapikan baju yang kusut. dengan suhu yang begitu panas, setrika akan memaksa kain baju kita untuk rapat kembali. sehingga baju terlihat rapi.

Namun, penggunaan setrika juga tidak sembarangan. misalnya menyetrika baju yang ada sablonnya. maka ini akan merusak sablon pada baju. apalagi kalau jenis sablon baju tersebut adala polyflex.

Nah dengan informasi diatas, kita juga bisa ambil kesimpulan positifnya. ternyata suhu panas setrika bisa merusak atau menghilangkan sablon pada baju. inilah asal mula ide untuk menghilangkan sablon pada baju.

Selain praktis, menghilangkan sablon baju dengan setrika juga lebih direkomendasikan. karena cara ini rendah resiko dan hasilnya pun terbukti ampuh.

Alat dan Bahan

  • Setrika
  • Baju kaos yang mau dihilangkan sablonnya
  • 2 lembar kain kering
  • Alkohol atau Minyak kayu putih
  • Gunting atau Pisau atau silet

Cara Pengerjaannya

  • Panaskan setrika, kurang lebih 2 sampai 4 menit.
  • Taruh baju ditempat yang rata (meja,papa setrikan atau lantai). pastikan posisi sablon menghadap keatas.
  • Masukkan kain kering pertama kedalam baju, sebagai penghalang panas setrika.
  • Letakkan kain kering kedua pas diatas sablon. agar sablon tidak melengket pada setrika.
  • Tempelkan setrika diatas kain kedua sambil di tekan dan diratakan, tunggu beberapa saat. setelah itu tarik setrikanya.
  • Ambil kain kering kedua. lalu oleskan alkohol atau minyak kayu putih pada bagian sablon secara merata, selagi masih panas. alhokol ini fungsinya melicinkan, agar sablon dan baju lebih mudah berpisah.
  • Tahap ini sablon akan terlihat terkelupas dan pecah-pecah. cobalah menariknya pelan-pelan. bisa pakai pisau, silet atau kuku anda. usahakan tarik dari pinggir.
  • Ulangi langkah yang sama beberapa kali, hingga sablon pada baju hilang.
  • Jika masih bagian kecil sablon yang tersisa, oleskan lag alkoholnya. lalu gosok dengan kain sampai bersih.
  • Setelah itu, barulah baju dicuci. agar alhokol bisa larut dan baju menjadi bersih.

2. Menggunakan Injector Cleaner

Cara kedua ini kita memanfaatkan Carburator Injector Cleaner. bentuknya itu botol yang sudah ada semprotannya, mirip pilox. fungsi utamanya sebenarnya untuk membersihkan karburator pada sepeda motor. namun karena ketajamn cairannya, maka tidak ada salahnya dipakai untuk bersihkan sablon baju.

Kalian bisa membelinya ditoko peralatan sepeda motor atau mobil. harganya berad dikisaran 20 – 40 ribu. beli satu sudah bis dipakai untuk 10 baju lebih. atau kalau sudah punya dirumah, ya tinggal pakai aja.

Cara penggunaanya :

Semprotkan pada bagian depn sablon secara merata. berikan jarak sekitar 20cm antara semprotan dan sablon. semprot lagi dibagian belakang sablon baju. tunggu sekitar 10-20 detik. lalu tarik perlahan-lahar sablon bajunya.

Teknik ini sudah terbukti. apalagi jika sablon bajunya itu jenis polyflex. hasilnya tidak ada sablon tersisa pada baju. kalau semprotannya merata, maka sablonnya itu bisa sekali tarik saja.

3. Memakai bensin, minyak kayu putih dan sejenisnya

Bensin merupakan bahan bakar bagi kendaraan bermotor. Cairan bensin juga merupakan cairan yang tergolong keras. serta sangat mudah memasuki pori-pori yang kecil. itulah mengapa banyak orang memanfaatkan bensin untuk menghilangkan noda pada baju.

Selain bensin, kita juga bisa menggunakan minyak kayu putih, pertalite, pertamax, minyak tanah. berikut cara mengunakannya:

Oleskan bensin pada bagian belakang sablon baju. jadi bukan di oles langsung diatas sablon, tapi dibaliknya. jadi posisinya baju sedang terbalik. tapi ingat yah, dimana posisi sablonnya. jangan khawatir, baju akan rusak karena bensin cepat menguap dan hilang.

Setelah diolesi bensin, diamkan sedikit sampai bensin menguap. barulah kita mencabut atau menarik sablonnya. disini sablonnya akan memisahkan diri dari kain baju. jadi tinggal ditarik sedikit demi sedikit.

4. Memakai Pemutih Pakaian

cara menghilangkan sablon di baju pakai pemutih pakaian
Merek pemutih pakain bayclin, vanish, clorox

Pemutih pakaian, biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian dari noda bandel. jadi fungsinya lebih kuat dari pada sabun cuci lainnya. dibuat khusus untuk mengangkat noda pada baju. contoh sbu pemutih pakaian yang terkenal adalah bayclin.

Manfaatkan pemutih pakaian ini, sebagai penghilang sablon pada baju. rendam baju yang ingin dihilangkan sablonannya dengan cairan bayclin. tunggu selama beberapa menit, sekita 5-10 menit.

Setelah itu kucek pada bagian sablon baju, hingga sablonnya rontok dan bersih. gunakan kuku, jika masih ada sablon yang merekat.

5. Menggunakan Pasta gigi atau Soffel

Pasti sobat bertanya-tanya, kok pasta gigi dan soffel bisa menghilangkan sablon baju ?. jawabannya adalah ya sudah itu faktanya. soalnya ini sudah dibuktikan sendiri lo. ketiga unsur ini memang fungsinya sebagai pelicin, jadi tinggal dibuktikan saja. lumayanlah, karena bahannya selalu ada dirumah.

Cara Penggunaanya :

Siapkan pasta gigi pepsodent. bisa juga pakai soffel (anti nyamuk oles). pilih salah satunya saja, atau bisa langsung dicampur keduanya.

Oleskan bahannya keatas sablonan baju secara merata. lalu gunakan uang koin, untuk menggosok bagian sablon baju. gosoklah hingga beberapa menit, sampai sablonnya memudar. lama kelamaan akan hilang. barulah dicuci sampai bersih. jangan khawatir, karena pepdsodent ini tidak menempel pada baju.

6. Menggunkan Cairan M3

Cara menghilangkan sablon baju selanjutnya adalah menggunakan cairan m3. cairan kimia ini termasuk keras, sama seperti tiner (campuran cat). kalian bisa membelinya di toko bangunan atau toko online. harganya juga sangat terjangku, mulai dri Rp. 9.000,00 -an. cairan m3 juga biasa disebut minyak sablon m3.

7 Cara Mudah Menghilangkan Sablon di Baju
cairan m3 merek solvenbase

Karena kerasnya cairan m3 ini, maka jika terkena sablon baju akan melunturkannya.

Cara pemakaiannya :

Siapkan alat dan bahan pembantu lainnya. 2 lembar kain kering, gunting atau pisau.

  • Letakkan baju ditempat yang datar, bisa dimeja ataupun dilantai yang rata. pastikan menghadap keatas
  • Masukkan kaing kering pertama dibagian dalam baju pas dibelakang sablon. agar cairan m3 tidak merembes kemana-mana.
  • Basahi kain kering kedua dengan cairan m3. lalu usap dan gosok kebagian sablon baju, secara merata.
  • Tunggu beberapa saat sampai sablon terlihat mengkerut.
  • Lepaskan sablon pakai alat bantu pisau dan gunting. jangan sampai kena tangan yah. nanti bisa gatal.
  • Lakukan langkah yang sama, sampai sablon baju benar-benar hilang.
  • Setelah itu, barulah kita mencuci bajunya agar bersih dan siap dipakai kembali.

7. Menggunakan Mesin Pengering

Mesing pengering pakaian berfungsi mengeringkan pakaian. sangat cocok digunakan pada musim hujan. suhu panas yang diciptakan oleh mesin ini, akan membuat air pada baju menguap.

Dengan melihat fungsinya, maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. seperti menghilangkan sablon pada baju. jadi disini, kita memanfaatkan suhu panas pada pengering. sablon baju akan rusak, dan mudah dihilangkan.

Caranya, masukkan baju pada mesin pengering. kemudian nyalakan pada suhu yang tinggi. tunggu beberapa saat, lalu ambil bajunya. akan terlihat sablon mengerut dan terkelupas. tinggal di tarik atau gosok hingga bersih.

Baca juga artikel lainnya :

Baiklah sobat, semoga “7 Cara menghilangkan sablon di baju” diatas bisa bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

7 Cara Mudah Menghilangkan Sablon di Baju | admin | 4.5

Leave a Reply