Intip 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Psikologi

Jika berbicara mengenai jurusan psikologi, pasti yang muncul dalam benak anda adalah pekerjaan psikolog. Tentu saja psikolog adalah salah satu peluang kerja yang terbuka untuk lulusannya.Namun,jurusan yang mempelajari mengenai kejiwaan dan perilaku manusia ini sebenarnya memiliki peluang kerja lain yang terbuka lebar. Tidak tanggung-tanggung ada setidaknya 10 prospek kerja jurusan psikologi yang cukup menjanjikan dan terbuka lebar untuk anda.

4. Yuk Cek 10 Prospek Kerja Jurusan Psikologi Menjanjikan Untuk Anda

Berikut Ini Adalah Beberapa Peluang Kerja Untuk Lulusan Psikologi Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjadi Seorang Psikolog

Peluang kerja sebagai psikolog dengan gaji jutaan adalah suatu pemikat atau bujukan tersendiri kenapa jurusan ini cukup populer.Pekerjaan ini juga memiliki banyak tugas dan tanggung jawab tersendiribergantung dengan jenis psikolog yang anda dalami. Sayangnya untuk menjadi psikolog, jenjang pendidikan yang anda miliki tidak cukup hanya sebagai sarjana saja. Anda harus menempuh pendidikan S2 untuk mendapatkan gelar dan bekerja menjadi psikolog.

Namun jangan khawatir, jika anda belum menempuh pascasarjana masih ada peluang untuk menjadi asisten psikolog. Peluang kerja yang satu ini terbuka untuk anda lulusan sarjana Psikologi. Sebagai asisten psikolog, anda bisa bekerja di berbagai lokasi. Seperti rumah sakit, klinik psikologi, perusahaan, sekolah, universitas, TNI POLRI, dll. Selain bekerja,anda juga bisa mendapat banyak pengalaman untuk bekal kuliah pascasarjana nantinya.

2. Bekerja Sebagai Konselor

Dengan banyaknya pilihan bidang dan jenis yang tersedia sebagai konselor,peluang pekerjaan yang satu ini adalah salah satu dari 10 prospek kerja jurusan psikologi yang cukup menjanjikan. Sama halnya seperti psikolog, konselor adalah peluang kerja yang juga memiliki berbagai macam jenis. Sesuai dengan bidang konselingnya, anda bisa menemukan konselor untuk bisnis, konselor kesehatan, olahraga, lembaga sosial, perkawinan dan masih banyak lagi.

Secara garis besar pekerjaan konselor adalah mendengarkan cerita orang lain dan membantu mencari jalan untuk penyelesaian masalah atau keadaan klient anda. Biasanya konselor yang bekerja pada perusahaan akan memberikan konseling kepada para karyawan yang membutuhkan. Saat bekerja, konselor akan dihadapkan dengan remaja, anak, dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Dengan pengalaman 3-5 tahun, gaji konselor bisa mencapai 10-15 jutaan.

3. Trainer Yang Memotivasi

Profesi ini juga cukup erat dengan psikolog. Ilmu anda mengenai pemahaman sifat dan tingkah laku manusia bisa berguna sebagai bahan pelatihan. Pada dasarnya, training yang berkaitan dengan psikologi akan bersangkutan dengan pemberian motivasi dan pengembangan dirikepada individu ataupun suatu organisasi. Peluang kerja inimemiliki rentang pendapatan minimalnya 1 juta lebih untuk setiap sesi training, perjamnya atau perkelasnya.

4. Terapis Untuk Anak Dengan Kebutuhan Khusus

1 dari 10 prospek kerja jurusan psikologi yang cukup dicari adalah sebagai terapis anakyang memiliki kebutuhan khusus. Pekerjaan yang anda lakukan sebagaian besar adalah mengamati perkembangan dan meningkatkan kemandirian anak tersebut. Dengan adanya terapis, tumbuh kembang anak diharapkan bisa berjalan dengan maksimal. Pendapatan seorang terapis akan bergantung pada jumlah anak dan tingkat kesuksesannya. Gaji yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Karir Konselor

Menentukan pilihan karir sekolah ataupun kerja bukanlah hal yang mudah. Kesulitan mencari tempat melanjutkan pendidikan ataupun kebingungan mencari pekerjaan yang sesuai bisa menjadi masalah yang sering ditemukan. Terutama jika dikaitkan dengan rasa nyaman, kesesuaian kepribadian dan minat, pengalaman dan juga keterampilan. Rasa bingung dan ketidak pastian bisa membuat permasalahan memilih karir semakin menguat, karena itulah ada konselor karir.

Secara garis besar, yang dilakukan konselor karir adalah memberikan konseling kepada klient yang kesulitan menentukan karir mereka. Baik itu masalah pekerjaan ataupun pendidikan. Sebagai konselor, tidak hanya mendengarkan, namun ilmu pengetahuan mengenai kepribadian, tingkah laku, dll. bisa menjadi senjata ampuh sebagai penentu karir yang cocok untuk klient anda.Karena itulah pekerjaan ini menjadi bagian dari 10 prospek kerja jurusan psikologi untuk anda.

6. Sebagai Guru Bimbingan Konseling

Tidak hanya didominasi oleh mereka yang lulusan jurusan pendidikan, namun jabatan guru bimbingan konseling juga terbuka untuk anda. Pastinya setiap sekolah memiliki guru BK.Selain memberikan konseling, anda juga dituntut untuk memberikan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan. Untuk pendapatnya akan bergantung instansi dan status pegawai anda. Apakah anda guru honorer ataukah anda sudah menjadi guru dengan status PNS.

7. Menjadi Tenaga Pendidik Dosen Psikologi

Jika anda sudah menempuh jenjang pendidikan pascasarjana psikologi,sudah pasti anda memiliki peluang kerja menjadi seorang psikolog. Namunsering kali terlupakan, bahwa dengan menyelesaikanjenjang pendidikan S2 psikologi, maka anda memiliki hak untuk bekerja menjadi seorang dosen psikologi. Terutama bagianda yang memiliki keterampilan dan passion untuk mengajar, peluang kerja yang satu ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Mengenai gaji dan tunjangan, menjadi dosen bisa cukup menjanjikan. Tidak hanya menawarkan jenjang karir yang pasti, namun pendapatan anda akan bergantung dengan waktu mengajar dan jumlah kelas yang anda ajar. Namun, tetap saja dari 10 prospek kerja jurusan psikologi yang diulas pada artikel ini, pekerjaan ini cukup sering terlupakan.Hal ini dikarenakan masih rendahnya kebutuhan dan lowongan untuk menjadi dosen psikologi.

8. Guru Sekolah Kepribadian

Sebagai lulusan psikologi, pastinya anda akan memiliki bekal ilmu dan pengetahuan yang akan sangat bermanfaat untuk pekerjaan sebagai guru sekolah kepribadian. Ilmu yang sudah anda pelajari akan membuat anda memiliki kemampuan yang lebih baik dalam merespon sekeliling anda. Ditambah lagi anda akan pandai menilai reaksi dan respon akan tingkah laku seseorang. Karena itulah, pekerjaan dengan gaji diatas UMK ini bisa menjadi pilihan kerja anda.

9. Menjadi Bagian Dari HRD

Bekerja di Human Resource Development adalah peluang kerja yang terbuka untuk lulusan jurusan psikologi. Menjadi salah satu bagian sebuah perusahaan, HRD memiliki pekerjaan yang cukup berpengaruh. Anda akan dituntut untuk memahamikepribadian dan kebutuhan sumber daya manusia, baik yang mau masuk ataupun sudah menjadi karyawan. Menentukan apakah mereka cocok bekerja di perusahaandan juga membantu perusahaan memenuhi kebutuhan karyawan.

10. Masuk Dalam Tim RND

Yang terakhir dari 10 prospek kerja jurusan psikologi adalah bekerja sebagai bagian tim research and development. Tim RNDbekerja dalam bidang penelitian dan perkembangan produk perusahaan.Dalam pengerjaannya, salah satu keahlian yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk memahami perilaku penggunaan dan efek yang didapat oleh konsumen. Untuk pendapatannnya, semakin tinggi gelar seseorang,gaji yang didapat bisa melebihi UMK di Indonesia.

Itulah beberapa peluang kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan psikologi. Ilmu mengenai kejiwaan dan tingkah laku yang dipelajari di jurusan ini, tidak semata-mata hanya bisa diterapkan untuk pekerjaan psikolog saja. Melainkan masih banyak pekerjaan lain yangmembutuhkan ilmu dan keahlian tersebut, seperti guru BK, HRD, Konselor, terapis anak,dll.Dengan begitu, anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda.

Intip 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Psikologi | admin | 4.5

Leave a Reply