12 Prospek Kerja Jurusan DKV Desain Komunikasi Visual dan Gajinya

Assalamualiakum. mendapatkan pekerjaan yang sesuai jurusan DKV memang menjadi dambaan. namun persaingan kadang membuat kita salah jalur. padahal, sangat banyak jenis peluang kerja yang bisa didapatkan. Seorang lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual, tidak hanya menjadi Desainer Grafis saja. melainkan ada beberapa prospek kerja yang sesuai syarat ilmu DKV. berikut 12 Prospek Kerja jurusan desain komunikasi visual dan gajinya. Semoga bisa dijadikan pilihan terbaik saat selesai kuliah.

Baca juga :: Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual Lebih Dalam

12 Prospek Kerja Jurusan DKV Desain Komunikasi Visual dan Gajinya

1. Desainer Grafis

Desainer grafis merupakan pekerjaan yang paling cocok untuk jurusan DKV. karena ilmu yang didapatkan saat kuliah memang tentang desain. gaji seorang desainer grafis itu minimal Rp. 3 Juta Rupiah.

Jika sudah menjadi Senior Graphic Designer maka gaji akan naik diatas Rp. 5 Juta keatas.

2. Web Desainer

Web Desainer merupakan pekerjaan terpopuler dijaman sekarang. melihat banyaknya website, selalu saja ada tawaran dalam mendesain web. jadi bukan cuma jurusan informatika saja yang bisa desain web. jurusan DKV juga mampu, dan lebih mahir dalam soal penampilan template website.

Gaji seorang karyawan pada perusahaan dibidang web paling sedikit Rp 3 Juta perbulan. selain itu bisa mencari proyek lain diluar alias freelancer. misalnya mendaftarkan diri di Freelancer.com, Sribulancer.com atau fastwork.id. disini kalian bisa mendapat banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan kapan saja.

3. Fotografer

Seorang fotografer freelancer bisa mendapatkan hingga puluhn juta perbulan. jika mereka sudah banyak jaringan dan kualitas fotografi memuaskan. Jika bekerja di perusahaan jasa fotografi, kalian bisa mendapatkan gaji minimal 3 Juta per bulan.

Perusahaan besar dibidang industri banyak menggunakan jasa fotografer. seperti fotografer katalog produk, yang berfungsi membuat foto untuk setiap produk. kemudia dibuatkan brosur untuk dijual kekonsumen. gaji seorang fotografer katalog produk berada dikisaran 4-6 juta perbulan.

4. Videografer

Videografer adalah pekerjaan yang fungsinya membuat video produk. mulai dari proses pengambilan gambar video, editing, finishing hingga menjadi video siap pakai.

Gaji seorang videografer berkisar antara Rp. 3 Juta – 8 Juta. sesuai kepadatan kerja dan kualitas video yang dihasilkan.

5. Illustrator

Seorang Ilustrator bekerja untuk mendesain gambar ilustrasi yang digunakan pada cover, buku,kemasan produk, majalah, koran dll. pekerjaan ini harus memiliki ide kreatif dan mampu memahami kemauan klien. sehingga hasilnya dapat memberikan informasi pada khalayak lewat ilustrasi.

Gaji seorang Ilustrator berada di kisaran Rp. 3.500.000 – 7.500.000 Rupiah per Bulan. tergantung dari perusahaan tempat bekerja. semakin tinggi agreditas perusahaan maka semakin tinggi pula gaji dan tingkat kesulitan kerjanya.

6. Animator

Profesi Animator bekerja untuk membuat animasi gambar yang disebut frame animation. animasi dapat dibuat secara manual maupun menggunakan teknik digital. produk animasi yang dibuat bisa 2D, 3D maupun 4D. kemampuan dasar seorang animator, sudah memenuhi standar lulusan Desain Komunikasi Visual. tinggal ditimbah lagi ilmunya sedikit demi sedikit.

Gaji seorang Animator berada dikisaran Rp 4.000.000 – 7.000.000 per Bulan.

7. Desainer Produksi ( Production Designer)

Desainer produksi adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mendesain sebuah teater produksi, tampilan film, property, suasana lokasi, percahayaan, penataan panggung dan elemen visual lainnya. jadi tugasnya mengatur semua kru yang berada dibawahnya, untuk dijadikan laporan kepada produser atau sutradara.

Gaji Seorang Desainer Produksi sekitar Rp. 4.000.000 – 8.000.000 Juta Rupiah. tergantung dimana perusahaan tempat bekerjanya.

8. Ari Director

Profesi Art Director bertugas membuat desain visual secara keseluruhan diberbgai media digital maupun media cetak. biasanya art director bekerja sama dengan Copywriter. dimana art director menerjemahkan karya copywriter yang di transformasikan kedalam desain untuk tujuan tertentu. sehingga hasilnya menarik perhatian.

Gaji Art Director mulai dari Rp. 3.000.000 – 6.000.000 Rupiah. semakin tinggi kualitas dan pengalaman kita, maka akan semakin besar pula gajinya. karena arti director memiliki tanggung jawa besar.

9. Branding Designer

Brand Designer adalah profesi yang bertugas untuk menciptakan indentitas pada suatu produk atau jasa. hasil pekerjaannya akan berdampak baik pada citra produk dan jasa yang menjadi kliennya. untuk itu, jurusan desain komunikasi visual sangat cocok dengan profesi ini. diperlukan juga wawasan luas tentang perkembangan persaingan produk dan ide kreatif.

Gaji bagi Branding Designer adalah Rp. 4 Juta – 10 Juta Rupiah.

10. Freelancer Designer

Freelancer merupakan pekerjaan paling populer sepanjang sejarah. karena pekerjaan ini tidak mengekang aktifitas kita. namun ketika mendapat banyak proyek, maka harus bertanggung jawab menyelesaikannya. desainer freelancer sudah banyak dipakai dimana-mana.

Cara yang paling mudah agar orang mengetahui kemampuan kita, yaitu dengan menyebarkan portofolio. misalnya membuat website portofolio kitam upload di situs microstock, membuat akun media sosial khusus karya karya desain dan masih banyak lagi. secara otomatis, klien akan datang dengan sendirinya.

Menurut pengalaman saya, pendapatan menjadi desainer lepas itu sekitar Rp 3.000.000 – 10 Juta per bulan. bahkan bisa lebih, kalau proyek yang dikerjakan itu tingkat kesulitannya tinggi.

11. Manajer Periklanan

Manajer Perikalanan memiliki tanggung jawab untuk mengawasi periklanan dari suatu bisnis. profesi ini fokus membentuk dan mengarahkan kampanye iklan, strategi iklan, visualisasi iklan.

Gaji seorang Advertising Manager (manajer perikalanan) berkisar pada Rp. 6.000.000 – 16.000.000 Rupiah.

12. WiraUsaha

Sebagai lulusa Desain Komunikasi Visual, pasti orangnya kreatif dan inovativ. jika tidak ingin menjadi seorang karyawan, maka haruslah membuat usaha sendiri. sangat banyak usaha yang sesuai jurusan DKV, seperti : Konsultan desain grafis, Jasa Printing, Jasa Fotocopy, Toko ATK dan masih banyak lagi.

Walaupun semua itu membutuhkan modal, namun tidak ada salahnya memulai dari yang kecil dulu. kalau sudah ada modal, barulah kita beranjak lebih tinggi lagi.

Banyak orang sukses berawal dari usaha kecil-kecilan lo.

Nah kawan, bagaimana ? silahkan dipilih satu dari 12 Profesi Jurusan Desain Komunikasi Visual diatas. semoga kalian semua bisa sukses dan amanah.

Baca juga :

Terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

12 Prospek Kerja Jurusan DKV Desain Komunikasi Visual dan Gajinya | admin | 4.5

Leave a Reply