Pengertian Warna Olive dan Contohnya

Assalamualaikum. kali ini “kuliahdesain.com” akan membahas tentang warna olive. warna yang terkenal dalam dunia fashion, sebagai warna elegan dan kalem. dalam deain interior, para arsitek menggunakn warna olive untuk menghangatkan ruangan. jadi warna ini termasuk dalam kategori warna hangat.

Apa itu Warna Olive

Warna olive atau warna zaitun adalah warna hijau kekuning-kuningan namun lebih gelap. warna ini diambil dari warna buah zaitun mentah. agar tidak bingung warna olive itu seperti apa, maka bayangkan saja warna minyak atau biji zaitun. kode hex warna olive adalah #808000.

Warna olive tercatat sebagai nama warna pada tahin 1912. sejak saat itu warna olive mulai menyebar dan di produksi masal untuk dipakai sebagai pewarna produk. berikut contoh warna olive beserta kodenya.

Berikut contoh gambar warna olive.

warna olive atau warna zaitun
Contoh warna olive (zaitun)

Dalam roda warna, olive berada diantara warna kuning dan hijau.

Warna Olive Green

Warna olive green adalah warna hijau kekuning-kuningan gelap namun lebih mudah dari warna olive asli, seperti diatas. warna inilah yang sering dianggap warna olive, padahal hanya turunan dari warna olive asli.

contoh warna olive green
contoh warna olive green

Cara membuat warna Olive Green

Untuk membuat cat warna olive green, pertama campurkan 1 sendok cat biru lalu tambahkan 3 sendok cat hijau. hasilnya campurkan lagi dengan warna merah sedikit demi sedikit hingga mendapatkan warna olive green. jangan terlalu banyak menambahkan warna merahnya, karena kalau terlalu banyak, nanti hasilnya menjadi warna cokelat.

Arti Warna Olive

Setiap warna memiliki makna dan arti, begitupun warna olive. berikut arti warna olive :

  • Warna Olive membangkitkan nuansa ruang, kebijaksanaan, dan kasih sayang untuk kemanusiaan. 
  • Melambangkan harmoni, diplomasi, dan percaya diri
  • Warna olive hijau melambangkan warna tradisional perdamaian

Macam-macam Warna Olive

Selain 2 warna olive diatas, ada beberapa lagi warna yang masih dianggap sebagai warna olive.

Contoh Warna Olive Grey

Warna olive grey adalah warna olive yang ditambahkan abu-abu sehingga terlihat lebih netral dan adem. kode warnanya #7E7B52.

warna olive grey
contoh warna olive grey

Contoh Warna Olive Coklat

Warna olive coklat adalah warna olive yang kecoklat-coklatan. lebih gelap dari semua jenis warna olive. bisa dikatakan inilah warna olive gelap. kode warnanya adalah #544F3D.

contoh warna olive coklat
warna olive coklat

Perbedaan Warna Olive dan Warna Army

Ketika kita dihadapkan pada macam-macam warna, maka kadang kita bingung ini warna apa. soalnya sekarang ada banyak nama warna, dan ada yang hampir mirip dengan warna lainnya.

Berikut saya berikan perbedaan warna olive dan warna army. soalnya kedua warna ini, kalau tidak disandingkan maka sulit akan membedakannya. pada gambar dibawah terdapat 3 warna, yakni : warna army, warna olive hijau dan warna olive asli.

perbedaan warna olive dan warna army
Perbedaan warna olive dan army

Contoh Kombinasi Warna Olive

Untuk memadukan warna olive dengan warna lainnya, harus dengan pasangan warna yang pas. maka dari itu saya memberikan beberapa contoh warna yang cocok dipadukan dengan warna olive maupun olive green. selain itu, sobat perlu tahu bahwa warna olive sangat cocok dipadukan dengan warna beige, tan, maroon, navy blue, abu-abu, ungu dan merah.

warna yang cocok dipadukan dengan warna olive
kombinasi warna olive yang pas

Kombinasi warna olive diatas, menghasilkan kombinasi warna yang sejuk dan adem. bisa diaplikasikan kedalam warna inteior rumah anda. pasti hasilnya sangat nyaman.

kombinasi warna olive
kombinasi warna olive dan hijau

Lihat juga artikel lainnya :

Baiklah sobat, semoga informasi tentang apa itu warna olive green dapat bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

tags:

warna olive, apa itu warna olive, warna hijau olive, perbedaan warna olive dan army, Olive warna
Pengertian Warna Olive dan Contohnya | admin | 4.5

Leave a Reply