Penjelasan Value,Tint dan Shade Pada Warna

Assalamualaikum. dalam dunia warna, kita sering mendengar istilah tint dan shade. keduanya merupakan istilah yang digunakan untuk menambahkan nilai terang dan gelap pada warna. pasti kalian pernah dengar istilah tint pada dunia makeup. nah, tint itu semacam lipstik untuk membuat bibir lebih cerah.

Penjelasan Value,Tint dan Shade Pada Warna
perbedaan tint dan shade pada warna

Value

Value adalah nilai terang dan gelapnya suatu warna. kalau mau digali lagi, value ini terbagi dua yaitu tint dan shade. berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Tint ?

Tint adalah istilah pencampuran warna putih dengan warna lainnya, sehingga hasilnya warna lebih terang dan bercahaya. unsur putih diberikan begitu banyak akan membuat warna memudar dan muda. warna pastel merupakan contoh dari hasil campuran warna dengan putih. lihatlah warna pink, yang dasarnya merupakan warna merah. namun ketika dicampur putih akan menjadi warna pink.

Apa itu Shade ?

Shade adalah istilah pencampuran warna hitam dengan warna lainnya, sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap. warna-warna shade akan terkesan berat dan kusam.

Contoh hasil dari warna shade adalah merah maroon. warna dasarnya adaah merah, namun diberikan nada hitam sedikit. warna biru jika dicampur hitam menjadi biru tua. semua itu adalah output dari shade.

Jadi jika sobat mendengarkan kalimat “coba berikan shade pada warna tersebut”. maka tinggal campurkan saja warna hitam sedikit demi sedikit pada warna utamanya.

Lihat juga artikel :

Baiklah sobat, semoga penjelasan tentang Value, tint dan shade pada warna. bisa menambah ilmu kalian. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

Penjelasan Value,Tint dan Shade Pada Warna | admin | 4.5

Leave a Reply