Perbedaan Warna Spot dan Warna Proses

Assalamualaikum, salam kuliahdesain. Warna spot dan warna proses adalah dua bentuk warna yang paling banyak digunakan dalam industri percetakan. masing-masing memiliki kelebihan dan kecocokan pada tujuan tertentu. sangat penting bagi sobat untuk mengetahui pengertian dan perbedaan keduanya,agar bisa menentukan mana yang terbaik untuk dipakai.

perbedaan warna spot dan warna proses (cmyk)
perbedaan warna spot dan warna proses (cmyk)

Pengertian Warna Proses

Warna Proses adalah metode pencetakan offset yang menggunakan kombinasi warna CMYK cyan, magenta, yellow, key (hitam). ketika warna ini digunakan dengan kombinasi, kepadatan dan jumlah berbeda, maka jutaan warna akan tercipta. contohnya ketika ingin mencetak warna ungu, maka warna magenta dan cyan akan digabungkan dengan perbandingan sama 100%.

Din indonesia, warna CMYK sangat sering kita jumpai pada printer-printer rumahan seperti epson dll. cobalah kalian print satu lembar kertas dengan warna tertentu, lalu gunakan kaca pembesar. maka akan terlihat titik-titik perpaduan warna cmyk pada kertas tersebut. lihat contoh gambar dibawah.

contoh warna proses cmyk pada hasil printing
warna cmyk ketika di zoom

Gambar diatas menunjukan bagaimana warna cmyk terpadu sehingga jika dilihat akan membentuk warna ungu yang di inginkan. padahal kalau di perdekat, yang terlihat hanyalah magenta dan cyan yang berdekatan.

Walaupun warna proses CMYK dapat menghasilkan jutaan warna, namun kenyataannya masih memiliki batasan warna, dibandingkan warna spot.

Warna Spot

Warna Spot adalah metode pencetakan menggunakan warna tinta murni tanpa layer terpisah atau titik warna warni. jadi warna spot ini bukan seperti cmyk lagi, yang kalau diperdekat ternyata hanyalah perpaduan titik-titik warna cmyk. melainkan warna spot menggunakan warna yang sebenarnya.

Setiap warna memiliki plat cetak terpisah, ketika digunakan. itulah mengapa metode ini sangat mahal. hasilnya lebih tajam dan memberikan cakupan warna yang lebih merata dari pada cmyk.

Jika sobat ingin menghasilkan warna yang sempurna atau sama persis dengan warna pada desain, maka gunakanlah warna spot. contohnya ketika mencetak logo perusahaan atau produk berkualitas lainnya.

Perbedaan Pencetakan Warna Spot dan Proses

Warna spot :

  • warna yang dikeluarkan sama persis dengan warna pada desain
  • Lebih mahal dari warna proses cmyk
  • Pilihan kertas tidk terbatas
  • Warna lebih tepat

Warna Proses :

  • Tinta hanya menggunakan 4 warna CMYK, membentuk titik-titik warna, kalau dilihat dari jauh seperti warna yang di inginkan.
  • Lebih murah dari warna spot
  • Pilihan kertas tidak terbatas
  • Warna yang dihasilkan merupakan perkiraan. jadi kadang ada warna yang tidak sama persis dari warna desainnya.

Baca juga : Rumus campuran warna dan contoh campuran warna

Baiklah sobat, semoga informasi diatas dapat menambah ilmu kalian. teruslah membaca yah. Assalamualaikum.

tags:

apa perbedaan warna spot dengan warna proses, perbedaan warna spot dengan warna proses
Perbedaan Warna Spot dan Warna Proses | admin | 4.5

Leave a Reply