10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Assalamualaikum. Hewan langka adalah hewan yang memiliki populasi sedikit, sehingga sangat sulit dicari keberadaannya. ada banyak hewan langka yang di lindungi di dunia, termasuk di Indonesia. contohnya saja komodo, yang merupakan hewan endemik Indonesia paling terkenal.

Penyebaran Poster Pelestarian hewan langka merupakan jalan untuk mempertahankan habitat mereka. tempat perlindungan hewan langka disebut Suaka Margasatwa. setiap orang mungkin sulit beri kesadaran untuk melindungi hewan langka. namun secara perlahan, akan sadar jika melihat banyak slogan dan poster untuk melestarikan hewan langka.

3 Alasan, Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka ? :

  • Karena hewan juga mahkluk hidup ciptaan Allah SWT
  • Setiap hewan memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidup hewan lainnya.
  • Agar tidak ada kepunahan pada spesies hewan tertentu

Berikut beberapa poster pelestarian hewan langka, di Indonesia :

1. Poster Hewan Langka Komodo

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia
Gambar poster pelestarian hewan langka komodo

Komodo adalah hewan spesia biawak terbesar didunia, yang hanya ada di Pulau Komodo, NTT, Indonesia. orang NTT memanggil komodo dengan sebutan Ora. karena hewan langka ini hampir punah, maka Pemerintah Indonesia melindungi habitatnya.

Pulau komodo juga dijadikan taman nasional komodo. sehingga setiap hari selalu ramai oleh turis lokal maupun internasional. pelestarian hewan langka komodo ini, sudah diakui dunia. lembaga IUCN menyatakan bahwa, komodo sudah ada di ambang kepunahan.

Komodo berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. komodon betina bisa menghasilkan telur sebanyak 15 – 30 butir. masa inkubasinya 8 – 9 bulan. ketika bayi lahir, maka induk akan selalu menjaganya dari komodo pemangsa lainnya.

2. Poster Hewan Langka Trenggiling

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia
poster hewan langka trenggiling

Siapa sih yang nggak kenal trenggiling. salah satu hewan yang menginspirasi baju perang pada film hollywood.

Trenggiling adalah hewan pemakan semut yang tergolong mamalia dari ordo pholidota. ukuran trengiling berada di 30 – 100 cm. Trenggiling yang hidup di Indonesia disebut Trenggiling genus manis. penyebarannya bisa didapatkan dimulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Nusa Tenggara.

Karena termasuk hewan langka dan ada Indonesia, maka pemerintah melakukan pelestarian terhadap hewan ini. agar populasinya terus bertahan dan bisa selalu ada.

3. Poster Hewan Langka Babi Rusa

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia
poster hewan langka babi rusa

Babi rusa adalah hewan berjenis babi rusa, babi yang memiliki tanduk seperti rusa. hewan ini berasal dari sekitar Sulawesi, pulau maluku dan hanya terdapat disitu saja, tak ada ditempat lain. itulah mengapa hewan babi rusa termasuk langka. IUCN juga menetapkan bahwa babi rusa harus dilestarikan karena habitatnya hampir punah.

Babi rusa memakan sayuran,buah-buahan, jamur dan juga dedaunan. jadi mudah bagi mereka untuk hidup dihutan. babirusa merupakan faune tipe peralihan, yang berada di Indoesia Tengah.

4. Poster Hewan Langka Jalak Bali

Gambar poster pelestarian hewan langka jalak bali

Jalak adalah jenis burung pengicau yang berukuran sedang, panjangnya kurang lebih 25cm. burung ini berasal dari pulau bali dan menjadi lambang fauna bagi Provinsi Bali. nama lain jalak bali adalah Curik.

Jalak bali tidak bisa ditemukan didaerah lain, hanya di Bali saja. itulah mengapa hewan ini termasuk hewan langka. populasinya tercatat 115 burung jalak bali, yang disensus oleh Kenwrick tahun 2009.

Penemu burung jalak bali adalah pakar hewan dari Inggris, Walter Rothschild pada tahun 1910. Beliaulah yang memberikan nama ilmiah jalak bali dan menjelaskan tentang spesies ini ke dunia, tahun 1912.

Jika kalian pergi ke Bali, dan melihat burung jalak maka biarkanlah. jangan sampai ditangkap dan dibawa. karena kalian akan terkena hukuman pemerintah. mari kita sama-sama melestarikan hewan langka indonesia.

5. Poster Hewan Langka Elang Jawa

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia
Poster melestarikan burung jalak bali

Elang jawa adalah spesies burung elang yang endemik di pulai jawa. kita tidak akan menemukan jenis elang seperti ini ditempat lain. burung yang paling identik dengan lambang Negara Indonesia yaknik Garuda.

Ciri-ciri elang jawa yang membedakannya dengan burung elang lainnya adalah :

  • Kepala berwana kadru atau coklat kemerahan
  • Adanya jambul terlihat dibagian depan kepala. panjangnya bisa mencapai 12cm.
  • Memiliki kumis dan mahkota berwarna hitam
  • Kerongkongan berwana putih
  • Dibagian tengahnya ada garis hitam membujur pada arah dada

Elang jawa masuk dalam kategori hewan langka endemik Indonesia. maka dari itu pemerintah melestarikan hewan ini. jika berjalan-jalan di hutan jaawa, pasti sesekali akan melihat elang jawa sedang mencari mangsa. untuk lebih mudahnya, bisa mengungjungi Taman Nasional Ujung Kulon, karena habitatnya dijaga disana.

6. Poster Hewan Langka Harimau Sumatera

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Harimau Sumatera merupakan hewan kebanggaan sumatera. walaupun populasinya sudah langka, namun tetap menjadi identitas pulau sumatera. habitata aslinya memang hanya berada di pulau sumatera. salah satu subspesies harimau yang masih bertahan hingga sekarang.

Diperkirakan total populasi harimau sumatera hanya 400-500 ekor. sebagian berada di taman nasional sumatera. banyaknya pembunuhan maupun penangkapan liar, mengurangi prkembang biakan hewan ini.

Sebagai warga yang baik, marilah kita menjaga dan melestarikan hewa harimau sumatera. karena ini adalah warisan dunia yang hanya ada di Indonesia.

7. Poster Hewan Langka Anoa

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Anoa adalah hewan endemik asli sulawesi yang termasuk dalam fauna peralihan. hewan ini hanya terdapat di Pulau Sulawesi dan Pulau buton. khususnya di Sulawesi Tenggara, hewan ini menjadi cirikhas kebudayaan dan dijadikan sebagai lambang.

Sudah banyak perusahaan besar asal sulawesi, yang desain logonya menggambarkan hewan Anoa. selain itu, anoa juga kerap dijadikan sebagai istilah, seperti : Bumi Anoa (orang sulawesi) dll.

Anoa juga disebut kerbau kecil. hidup hanya dibagian hutan pedalaman dan tidak mudah dijinakkan. jadi sulit untuk dijadikan hewan ternak. kita bisa melihat anoa, pada taman-taman nasional di sulwasi, sepetrti : Nanga-nanga, Buton dll.

Walaupun terbilang langka, namun populasi anoa masih berada diatas harima sumatera. yakni berjumlah 2000an lebih anoa dewasa. namun penurunan terus terjadi, akibat pengalihan fungsi hutan dan perburuan liar. maka dari itu, poster pelestarian hewan anoa perlu disebar luaskan. agar kita bisa melihat hewan ini berkembang biak lebih banyak lagi.

8. Poster Hewan Langka Badak Bercula Satu

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Badak bercula satu atau badak jawa adalah salah satu spesies Rhynoceretidae dari lima jenis badak yang masih ada. badak jawa tidak hanya berada di jawa, namun juga berada di seluruh nusantara. walaupun penyebarannya luas, namun badak ini populasinya sangat kecil. di Taman Nasional Ujung Kulon hanya terdapat 40-50 ekor saja.

Kelangkaan bada bercula satu diakibatkan banyaknya pemburu hewan liar. mereka menjual bagian tertentu dari badak ini, dan juga mengawetkannya untuk dijual.

Mari sama-sama mendukung pemerintah Indonesia, untuk menjaga keberadaan badak bercula satu.

9. Poster Hewan Langka Orang Utan

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Siapasih yang tidak kenal dengan hewan orang utan. selain sering tampil di TV Nasional dan Internasional, orang utan juga sudah banyak di filmkan. keunikan orang utan, membuat pecinta hewan dunia selalu melestarikannya.

Orang utan adalah hewan sejenis kera berlengan panjang, yang berbulu kemerahan dan cokelat. hewan ini berada di kalimantan dan sumatera. nama lain dari orang utan yaitu mawas.

Orang utan dikenal sebagai hewan cerdas dan bisa dilatih oleh manusia. banyak sirkus yang menjadikannya objek untuk kebutuhan komersil. sampai-sampai hollywood membuat film tentang orang utan.

Sebagai negara yang memiliki hewan endemik orang utan, wajiblah kita menjaganya. bukan malah memburu dan menjualnya. populasi orang utan, khususya di Borneo mencapai 55.000 ekor. penurunan populasi orang utan, ini disebabkan juga oleh pembakaran hutan dikalimantan.

10. Poster Hewan Langka Tarsius

10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Tarsius adalah hewan primata endemik Asia Tenggara dari famili tarsiadee. hewan ini banyak menginspirasi orang-orang di dunia. contohnya Film Hollywood “Star Wars”, Bentuk Karakter Yoda.

Lembaga IUCN menetapkan, bahwa tarsius masuk dalam hewan langka yang harus dilindungi. populasinya di Indonesia sangat kecil, sehingga harus selalu di kontrol keberadannya.

Poster pelestarian hewan tarsius harus disebar luaskan. agar orang-orang sadar akan sedikitnya populasinya. hutan tempat tarsius hidup, kadang terganggu oleh ulah manusia. apalagi para pemburu hewan liar yang kadang membunuh tanpa alasan.

Baca juga artikel lainnya :

Baiklah sobat, semoga “poster pelestarian hewan langka” diatas dapat bermanfaat. mari kita jaga habitat hewan endemik indonesia. semoga bisa selalu hidup bersama kita. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

tags:

contoh poster hewan langka di indonesia, contoh poster melestarikan hewan langka, Contoh poster tentang menjagah hewan langkah, macam macam poster tentang pelestarian hewan langka, membuat poster tentang hewan anoa yang hampir punah
10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia | admin | 4.5

Leave a Reply