30+ Poster Siklus Air Serta Penjelasannya

Assalamualaikum. Siklus air merupakan fenomena yang terjadi setiap hari. banyak yang tidak menyadari, kalau hujan itu ada prosesnya. proses ini disebut siklus air atau siklus hidrologi. pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang Siklus Air ( Siklus Hidrologi ). mulai dari pengertian, penjelasan, mekanisme, istilah serta contoh poster tentang siklus air. Bagi kalian yang sedang membuat makalah ataupun desain poster, semoga bisa membantu.

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
Poster tentang siklus air

Pengertian dan Mekanisme Siklus Air

Siklus Air (siklu hidrologi) adalah sirkulasi air dari atmosfer ke bumi, kemudian kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.

Proses siklus air berlangsung setiap hari. berikut mekanismenya secara singkat :

  1. Air yang ada dibumi (air laut dan tawar) menguap, kemudian naik kelangit dan berkumpul di udara. lalu terjadilah proses kondensasi menjadi gumpalan awan.
  2. Awan-awan yang terkumpul kemudian mencair dan terjadilah hujan yang turun ke permukaan bumi
  3. Ketika air jatuh ke bumi, sebagian langsung megalir kelaut lewat aliran sungai.ada yang terserap ke perut bumi dan menjadi gumpalan es.
  4. Air yang berada dipermukaan bumi menguap kembali menjadi awan. lalu menjadi kembali kembali ke bumi dalam bentuk hujan, salju, ataupun embun.

Dalam proses siklus hidrologi atau siklus air, terdapat beberapa istilah. setiap istilah ini memiliki arti terhadap setiap proses pada mekanisme siklus air.

  1. Evaporasi (evaporation) : proses penguapan air, baik itu dari lautan maupun air tawar (sungai,danau).
  2. Transpirasi (trnspiration) : proses penguapan air yang berasal dari mahkluk hidup.
  3. Kondensasi (condensation) : Proses berubahnya uap air menjadi tumpukan awan.
  4. Presipitasi (precipitation) : Proses jatuhnya air dari awan ke permukaan bumi. bentuknya berupa hujan, salju dan es.
  5. Run off : Proses mengalirnyna air di permukaan bumi
  6. Infiltrasi (infiltration) : proses meresapnya air pada pori-pori tanah
  7. Perkolasi (perkolation) : proses aliran air yang berada dibawah tanah.

Baca juga : 20+ Contoh poster hemat air simpel dan kreatif

Macam-macam Siklus Air

1. Siklus Air Pendek

Berikut gambar poster siklus air pendek beserta penjelasannya.

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
poster gambar siklus air pendek

Siklus air pendek atau kecil adalah ketika air laut menguap kemudian berubah menjadi awan dan selanjutnya jatuh kelaut dalam bentuk hujan, kemudian kembali berulang. itulah mengapa siklus ini disebut siklus air pendek, karena terjadi begitu pendek.

2. Siklus Air Sedang

Gambar poster siklus air menengah serta keterangan dan penjelasannya

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
gambar poster siklus air sedang atau menengah

Siklus menengah atau sedang adalah air laut dan air tawar dari bumi serta dari tumbuh-tumbuhan menguap, kemudian membentuk awan, lalu jatuh kembali dalam bentuk hujan. air hujan yang jatuh didaratan mengalir ke laut lewat sungai maupun permukaan tanah. kemudian proses berulang terus terjadi.

3. Siklus Air Panjang

Poster siklus air panjang serta keterangannya.

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
gambar siklus air panjang bahasa inggris

Siklus Air Panjang adalah Air laut menguap serta air didaratan seperti sungai dan danau ataupun genangan air. uap yang telah bergabung bukan hanya berkondensasi tetapi juga membek. awan ini terdiri dari kristal es yang kemudian turun sebagai salju. salju pun mencair dan mengalir sebagai glester, lalu kembali ke laut.

Dampak Siklus Air Bagi Kehidupan

Adanya Siklus Air dibumi merupakan dampak positif bagi kehidupan mahkluk hidup. karena ini akan menghangatkan bumi dengan proses evaporasi -nya.

Sementara dampak negatif bisa terjadi jika siklus air ini terganggu. misalnya fenomena Global Warming. dimana panas bumi sudah tidak seperti dulu lagi. sehingga iklim terganggu dan mengakibatkan cuaca ekstrim yang berlebihan.

Dalam siklus air, peran matahari sangatlah penting. karena air menguap pada lautan itu karen adanya panas dari matahari. selain itu, es pada kutub utara dan selatan menjadi penyeimbang air dan udara pada bumi. ketika es ini mencari maka ketinggian air dibumi akan naik. begitupun sebaliknya, jika semakin banyak air yang membeku, maka air semakin surut.

Contoh Gambar Poster Siklus Air

Desain poster siklus air sangat berdampak baik untuk masyarakat. selain menambah wawasan, juga bisa menyadarkan kit terhadap pentingnya air. maka dari itu penyebaran poster siklus air, harus dilakukan. bisa disebarkan melalui media sosial, meda cetak poster, koran dan lain-lain.

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
poster siklus air mudah digambar

Seperti terlihat pada gambar dibawah, setiap proses memiliki istilah istilah ini sudah dijelaskan diatas. mulai dari evaporasi, kondensasi, presipitasi, kemudian kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan.

Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
gambar poster siklus air sketsa berwarna
Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
Poster siklus air dengan ilustrasi digital
Poster Siklus Air Serta Penjelasannya
poster siklus air kartun

Baca juga :

Nah seperti itulah beberapa contoh poster siklus air dan penjelasannya. semoga bisa menambah ilmu kalian yah, terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

30+ Poster Siklus Air Serta Penjelasannya | admin | 4.5

Leave a Reply