10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang beragam termasuk berbagi jenis tumbuhannya. Banyak tanaman yang dapat tumbuh dengan subur, termasuk berbagia jenis tumbuhan langka di Indonesia yang terancam punah sehingga harus dilindungi. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa jenis tanaman langka yang ada di Indonesia dan masih di konservasi. Berikut simak ulasannya.

Beberapa PTumbuhan Langka Yang Masih Dilestarikan Di Indonesia

1. Poster Tumbuhan Edelweiss Jawa

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tanaman langka pertama yang masih dilindungi keberadaannya adalah bunga Edelweiss Jawa. Tanaman yang memiliki nama lain bunga Senduro ini merupakan salah satu jenis tanaman yang saat ini keberadaanya sudah sangat kritis. Bunga yang memiliki nama lain Anaphalis Javanic ini biasanya dapat anda temukn di daerah pegunungan di Pulau Jawa. Bahkan bunga ini pun pada umumnya menjadi tanaman yang pertama kali tumbuh setelah terjadinya erupsi di gunung berapi.

2. Poster Tanaman Daun Payung

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Daun payung juga merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang hampir punah keberadaannya. Tanaman yang sering disebut dengan daun sang dan salo ini adalah salah satu tumbuhan yang banyak hidup di Pulau Sumatra. Tanaman ini memliki daun yang lebar dan kuat, sehingga pada jaman dulu daun ini pun sering digunakan sebagai atap ataupun dinding rumah. Melalui fungsinya tersebut, maka tanaman satu ini dijuluki sebagai daun payung.

3. Tengkawang

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan yang banyak hidup di Pulau Kalimantan ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang karena minyaknya. Pohon tengkawang terdiri dari berbagai macam jenis dan 12 diantaranya saat ini juga termsuk salah satu tanaman yang dilindungi oleh pemerintah dikarenakan terancam punah. Minyak dari pohon Tengkawang ini dihasilkan dari biji-biji berjatuhan yang kemudian berjemur hingga kering sebelum diolah menjadi minyak.

4. Poster Tumbuhan Langka Anggrek Tebu

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tanaman satu ini merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang juga dilindungi keberadaannya. Anggrek tebu yang merupakan keluarga dari bunga anggrek ini memiliki berat yang paling besar dan paling berat. Untuk satu rumpun dari anggrek tebu dewasa dapat memiliki berat hingga lebih dari 1 ton dan dengan panjang hingga 3 meter.

Bunga yang memiliki warna kombinasi berupa bintik-bintik berwarna coklat dan merah kehitaman ini memiliki keunikan sendiri. Salah satunya adalah meskipun batangnya telah dipotong, maka bunga ini pun tetap bertahan hidup dan tidak layu serta dapat bertahan dalam jangka waktu hingga dua bulan lamanya. Meksipun begitu, tumbuhan ini termasuk salah satu bunga anggrek langka yang ada di Indonesia.

5. Poster Tumbuhan Langka Ulin

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan khas yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan ini sering disebut juga sebagai bulian atau kayu besi. Pohon ini mampu menghasilkan kayu yang sangat kuat sehingga pohon satu ini banyak digunakan untuk membuat konstruksi bangunan seperti rumah, jembatan dan sebagainya. Akan tetapi, pohon ini pun mulai sulit untuk berkembang biak sehingga populasinya pun kian hari kian menyusut.

6. Poster Tumbuhan Langka Kantong Semar

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tanaman ini memiliki keunikan yakni mampu mamangsa berbagai serangga yang berada di dekatnya, seperti lalat, lebah dan lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin yakni Nepenthes ini merupakan salah satu tumbuhan karnivora yang lumayan langka sehingga perlu dilestarikan dan di kembang biakkan agar tidak terancam punah.

Salah satu tumbuhan langka di Indonesia ini ternyata baru bisa untuk memangsa serangga saat usianya telah menginjak dewasa. Kantong semar akan membuka kantungnya dan menyebarkan aroma yang membuat serangga akan mendekat. Setelah serangga masuk ke dalam kantongnya, tumbuhan ini pun akan langsung menutup kantungnya dan mulai mencerna serangga yang terjebak tersebut.

7. Pohon Damar

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Pohon damar merupakan tumbuhan langka yang memiliki batang yang tingginya mencapai 60 meter. Pohon ini pun dapat tumbuh di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki berbagai sebutan. Diantarnya adalah ki damar dalm bahasa sunda, salo dalam bahasa ternate serta kisi pada bahasa buru. Selain itu, getah dari pohon ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kopal. Kopal sendiri merupakan bahan dasar untuk cairan pelapis kertas.

8. Pohon Langka Cendana

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Salah satu pohon yang mempunyai banyak kegunaan di Indonesia adalah pohon cendana. Kayunya sendiri dapat dimanfaatkan untuk pembuatan dupa, parfum dan juga aroma terapi ataupun rempah-rempah hingga sangkur keris atau warangka. Selain itu, aroma harum dari kayu cendana ini dapat bertahan hingga ratusan tahun. Tanaman yang memiliki manfaat ini membuatnya menjadi salah satu pohon yang sangat terkenal di Indonesia.

Akan tetapi, pohon satu ini bukanlah pohon yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Sehngga pohon cendana dapat dikategorikan sebagai salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang harus dijaga dan dilindungi. Dalam awal kehidupannya, kecambah cendana ini merupakan parasit, dimanan menumpang dari tumbuhan lain karena tidak dapat berdiri sendiri. Oleh sebab itu, pohon cendana saat ini telah mulai berkurang populasinya.

9. Poster Tumbuhan Langka Raflesia Arnoldi

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Salah satu tumbuhan yang terkenal dengan kelangkaanya adalah bunga Raflesia Arnoldi. Padma raksasa merupakan bunga raksasa yang dikenal karena memiliki atau mengeluarkan bau yang busuk menyengat ketika mekar. Bunga satu ini tumbuh dengan melebar ke samping dan untuk diameternya sendiri bisa mencapai 1 meter dengan berat hingga 10 kg. Untuk masa tumbuh hingga menjadi mekar dapat mencapai hingga 9 bulan.

Selain itu, bunga ini hanya memiliki masa mekar hanya selama 7 hari saja, selanjutnya bunga tersebut akan layu dan mati. Bunga yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain ini, tentunya memiliki hidup yang sangat bergantung dengan tumbuhan inangnya. Karena itulah, keberadaan bunga ini semakin lama semakin menyusut. Hal itu dikarenakan habitatnya semakin sempit karena adanya alih fungsi hutan yang menjadi area pemukiman dan pertanian hingga pertambangan.

10. Poster Bunga Bangkai

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia

Bunga yang memiliki nama latin Amorphopallus Titanium adalah bunga raksasa yang sangat unik karena mampu mengeluarkan bau yang sangat busuk menyerupai bau bangkai. Oleh karena itu, bunga ini pun dijuluki dengan bunga bangkai. Bau yang busuk tersebut sebenarnya memiliki tujuan untuk mengundang kumbang dan lalat agar datang dan nantinya dapat membantu proses penyerbukan.

Untuk bentuk bunga bangkai sendiri, tumbuh menjulang ke atas hingga mencapai 4meter. Ketika bunga ini mekar, maka akan terlihat bagian luar berwarna putih dan untuk warna mahkotanya berwarna merah tua keunguan. Tumbuhan langka di Indonesia ini hanya memiliki waktu mekar sekitar 7 hari saja yang kemudian akan mati atau tumbuh kembali. Untuk rentang waktunya sendiri, bunga satu ini dapat tumbuh hingga 5 tahun sekali.

Baca juga :: 10+ Poster Pelestarian Hewan Langka di Indonesia

Itulah beberapa jenis tamanan langka yang bisa anda temukan di Indonesia. Dengan keberadaannya yang kian hari semakin punah, membuat anda sadar bahwa kita yang berada di alam Indonesia ini dituntut untuk menjaga kelestarian alam agar tanaman-tanaman tersebut tidak mengalami kepunahan. Sehingga nantinya tumbuhan langka tersebut dapat bertahan dan bisa hidup lebih lama

10 Poster Pelestarian Tumbuhan Langka Di Indonesia | admin | 4.5

Leave a Reply