12 Prospek Kerja Jurusan Arsitektur dan Gajinya

Assalamualaikum. Jurusan Teknik Arsitektur merupakan jurusan yang banyak didambakan para mahasiswa. karena jurusan ini akan mengajarkan kita ilmu tentang perancangan bangunan. namun apakah peluang kerja bagi seorang lulusan sarjana arsitektur itu mudah ?. jawabannya ialah mudah. karena lulusan arsitektur itu pasti cerdas dan kreatif.

Ada banyak tipe pekerjaan yang masuk kriteria sarjana arsitektur. dan pastinya gaji yang diharapkan juga memuaskan. selain menjadi karyawan, lulusan arsitek bisa menjadi wirausaha. berikut beberapa prospek kerja jurusan arsitektur dan gajinya.

12 Prospek Kerja Jurusan Arsitekur dan Gajinya

1. Arsitek

Arsitek adalah seorang perencana bangunan maupun landscape yang memiliki kreatifitas dan wawasan tinggi. arsitek bisa dikatakan sebagai dokternya rumah. setiap alumni jurusan Arsitek pasti mendambakan menjadi seorang arsitek tulen. soalnya gaji dari seorang arsitek bisa mencapai puluhan juta, apalagi jika mendapatkan proyek berdana milyaran.

Sesuai yang dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ahmad Djuhara bahwa gaji Arsitek todak boleh kurang dari UMR.

Fee seorang Arsitek dalam suatu proyek adalah 2%-8%, dari RAB. Misalnya ada proyek rumah mewah seharga Rp.5 Milyar, maka arsitek akan mendapatkan fee sebanyak 8% atau sekitar Rp. 400 Juta. namun pembayaran dilakukan bertahap sesuai kontrak, hingga pembangunan rumah benar-benar selesai.

Catatan :: Menjadi seorang Arsitek itu tidaklah mudah. banyak ujian yang harus kita lalui untuk mendapatkan ilmu sejatinya arsitek. dibutuhkan semangat, kerja keras, mental baja.

12 Jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu

2. Drafter

Drafter adalah profesi pembuat gambar bangunan atau bisa disebut tukang gambar. pekerjaannya fokus menyajikan gambar bangunan lengkap untuk diberikan pada tukang.

Profesi ini paling benyak digeluti oleh lulusan Arsitektur. karena rata-rata, anak arsitek itu jago membuat gambar bangunan.

Gaji seorang drafter itu minimal UMR atau diatas Rp. 2 Juta. namun ketika bekerja di Perusahaan Konsultan Perencana, gajinya bisa mencpai lebih dari Rp. 10 Juta. mengapa ? karena jika konsultan tersebut mendapat banyak proyek, maka drafternya pun mendapat persen dari setiap proyek.

Sesuai pengalaman saya juga, soalnya admin lulusan Arsitektur juga hehe. kalau akhir tahun tuh, pasti banyak bonus dari proyek-proyek gambar yang kita kerjakan ditahun itu. kan, pencairan itu keluar di akhir tahun.

Nasehat :: Sebagai pemula atau Fresh Graduate lulusan Arsitektur, harus bersabar mencari kerja. karena kebanyakan lowongan kerja itu, membutuhkan drafter. sekalipun ada loker untuk arsitek, pasti diprioritaskan untuk yang pengalaman 2 tahun keatas. so, jadi drafter dulu lah. sambil menimbah ilmu sedikit demi sedikit menuju seorang arsitek tulen.

Bonus pengalaman admin : Jadi seorang drafter itu enak loh. kenapa ? karena pasti banyak proyek diluar dari pekerjaan utama. bisa dikatakan freelancer kalau pulang kerja. misalnya, konsultan sebelah minta bantu, rumah temen mau di buatkan gambarnya dan masih banyak lagi.

3. Pengawas Proyek

Pengawas proyek adalah seorang yang bertugas untuk mengawasi pekerjaan pada proyek konstruksi. membuat laporan harian hingga bulanan sudah menjadi tanggung jawab seorang pengawas. selain itu, mempresentasekan laporan pengawasannya kepada project manager.

Lulusan Arsitektur masuk dalam kriteria untuk menjadi pengawas lapangan. mulai dari pekerjaan jalan, konstruksi dll.

Rata-rata gaji seorang Pengawas Proyek berada diatas Rp.3 Juta Rupiah. apalagi jika pengawas memiliki beberapa sertifikat maupun pengalaman kerja, maka gaji bisa lebih tinggi lagi. kalau teman saya, waktu kerja di Perusahaan BUMN, gajinya bisa mencapai Rp 7 Juta Rupiah.

4. Tenaga BIM

BIM (Building Information Modelling) adalah teknologi yang berupa sistem aplikasi digital, yang dapat menggabungkan desain bangunan dan data maupun informasi teknis lainnya.

Tenaga BIM dalam proyek disebut BIM Modeller atau BIM Operator. tenaga ini berfungsi untuk membuat laporan tentang pelaksanaan proyek. outputnya berupa data yang mencakup keseluruhan bangunan.

Gaji seorang Operator BIM minimal Rp. 4 Juta. ini menurut pengalaman teman saya, yang pernah bekerja di PT. Nindya Karya. awalnya dia belum tahu apa-apa lo. soalnya BIM ini termasuk teknologi baru dalam dunia proyek, jadi belum banyak perusahaan yang memakainya.

Setelah melalui training selama 3 bulan, dan memakai aplikasi Revit. akhirnya dia bisa juga, dan mendapat gaji yang sesuai.

Saran :: Bagi kalian yang masih muda, apalagi fresh graduate, usahakan pelajari BIM. aplikasi yang digunakan itu Revit, produk Autodesk juga. karena sekarang, masih sangat jarang orang yang menguasai teknologi BIM. pasti saingan lebih sedikit.

5. Project Manager / Kepala Proyek

Project Manager adalah seorang yang ditunjuk untuk memimpin suatu proyek hingga mencapai tahap akhir 100%. semua tanggung jawab pada proyek, bertumpu pada project manager. berat yah kelihatannya.

Walaupun tanggung jawab project manager itu berat, namun seimbang dengan gajinya lho.

Sesuai pengalaman admin, waktu bekerja di pembangunan smelter daerah Kabaena, Sulawesi Tenggara. saat itu saya menjabat sebagai Drafter Engineer. Gaji Project Manager saya itu Rp. 60 Juta. Fakta, Real, sumpah Demi Allah, karena ini pengalaman saya. wah pasti sobat kaget kan.

Catatan :: Untuk menjadi seorang Project Manager itu tidak mudah. kalian harus mulai dari tahap awal, yaitu ikut proyek dari jabatan terendah. lama-kelamaan ilmu dan jiwa kepemimpinan akan terlatih. hingga tiba saatnya, pasti akan menjadi Project Manager. apalagi kalau proyek itu dari perusahaan yang kalian kenal.

6. Direktur Konsultan Perencana

Konsultan Perencana adalah perusahaan yang bergerak dibidang perencanaan bangunan. dimana direktur perusahaan ini harus memiliki banyak jaringan untuk mendapatkan proyek perencanaan. apalagi di negara kita Indonesia. jaringan atau kenalan itu yang paling utama.

Siapapun bisa membuat perusahaan konsultan perencana, walaupun kalian masih fresh graduate. namun tetap harus ada modal. karena ada uang yang harus dibayar saat membuat perusahaan.

Gaji seorang direktur konsultan perencana tergantung pada proyek yang didapatkan. semakin banyak proyek yang dikerjakan, maka semakin banyak pula uang yang masuk. jadi disini kita sebagai bosnya. dimana, kita memiliki tenaga ahli didalam perusahaan. jadi kita yang menggaji mereka.

7. Site Manager

Site manager adalah jabatan tertinggi kedua dibawah project manager dalam pelaksanaan proyek. kalau menurut pengalaman saya, gajinya Rp 15 Juta Rupiah.

Fungsi site manager ini membantu project manager dalam manajemen proyek. bisa dikatakan wakil dari kepala proyek. waktu di proyek kemarin, site managernya langsung ditunjuk oleh project manager. kebetulan masih iparnya. hehe. Fakta lo.

8. Kontraktor

Kontraktor adalah pelaksana proyek yang sudah melalui tahap persetujuan kontrak resmi. istilah lainnya adalah seorang pemborong. ketika ada sebuah bangunan ingin dikerjakan, maka kotraktor dipilih untuk menyelesaikannya. apakah itu secara keseluruhan, atau sebagian kecil dari bangunan tersebut.

Kontraktor masih mirip dengan konsultan, namun bergerak dibidang pelaksanaan proyek. nah, jika proyek sudah mau berjalan, maka kontraktor ini akan menunjuk seorang project manager. untuk memimpin proyeknya tersebut.

Gaji seorang kontraktor tidak tetap. semakin besar nilai anggaran proyek yang didapatkan, maka semakin banyak pula uang yang bisa didapatkan.

Untuk menjadi kontraktor, harus punya banyak jaringan. terutama jaringan untuk membeli bahan dan material bangunan. supaya RAB (Rencana anggaran biaya) bisa diminimalisir.

Saran :: Jika sobat ingin jadi kontraktor, jangan pernah tergiur untuk menipu. soalnya, pekerjaan ini paling mudah untuk memanipulasi nilai anggaran. ingatlah selalu pada Allah SWT.

9. Desainer Grafis

Desainer grafis adalah seorang perancang dalam bidang grafis, yangdapat menciptakan ilustrasi, tipografi maupun motion grafik. kalau dijaman sekarang, desainer grafis itu harus mampu mengoperasikan komputer. karena pekerjaan bisa lebih mudah. aplikasi yang sering dipakai adalah Adobe photoshop, illustrator, coreldraw dll.

Sarjana S1 Arsitektur sudah pasti mengetahui beberapa aplikasi grafis. apalagi Adobe photoshop, sketchup, lumion dan autocad. semua aplikasi ini bisa menjadi landasan untuk menjadi desainer grafis.

Pengalaman Admin : saya bisa dikatakan desainer grafis, soalnya saya menguasai photoshop dan illustrator. sudah banyak proyek yang saya kerjakan. mulai dari template, logo, ilstrasi, background dll.

Jadi, lulusan arsitektur itu masih dekat sekali dengan profesi desainer grafis.

Untuk Gaji seorang desainer grafis itu minimal Rp. 3 Juta. kalau kerja di Advertising itu minimal UMR daerah kalian.

10. Youtuber

Siapa sih yang tidak tahu Istilah Youtuber. siapapun bisa menjadi youtuber, termasuk lulusan jurusan arsitektur.

Kalian bisa berbagi semua ilmu arsitek kalian dalam video. sudah pasti akan banyak yang lihat. apalagi, kalau sarjana arsitek itu kreatif.

Admin juga Youtubers lo. tapi nggak serius amat. tapi buktinya sudah pernah gajian dari youtube. video yang saya bagikan itu tema tutorial autocad dan photoshop. sesuai ilmu dari kuliah jurusan arsitek. Alhamdulillah tetap diminati.

Masalah gaji youtuber itu tergantung. kalau serius, pasti bisa mendapatkan puluhan hinggan milayaran rupiah.

11. Blogger

Blogger tidak beda jauh dengan youtuber. kalau blogger lebih menjurus ke artikel atau menulis. buktinya admin yang punya blog ini lulusan sarjana Arsitektur. haha.

Alhamdulillah, bukan cuma ini blog yang saya punya. pendapatan sebagai blogger pun sudah saya rasakan. soalnya sejak 2015 saya mulai menekuninya hingga sekarang.

Gaji seorang blogger itu tergantung juga. semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak pula yang didapatkan. yang penting konten itu orisinil, supaya google adsense tetap suka.

Salah satu blog saya, pendapatannya minimal Rp. 3 Juta perbulan. namun sudah saya jual ditahun kemarin, dengan harga 45 Juta. lumayan kan.

12. Pegawai Bank

Pegawai bank bukan hanya dari lulusan sarjana ekonomi saja. melainkan sarjana arsitektur juga bisa. pasti kalian bertanya-tanya, kok bisa sih ?

Buktinya, temen saya lulusan arsitek sampai sekarang masih bekerja di Bank BRI. bukan hanya dia saja, teman wanita saya lainnya juga bekerja di Bank berbeda.

Untuk peluang kerja lulusan arsitektur wanita, BANK bisa menjadi sasaran utama. yang penting bekerja di BANK Syariah supaaya bebeas dari Riba.

Gaji seorang pegawai bank juga tidak main-main. soalnya ada tunjangannya juga lo. gajinya berada dikisaran Rp. 4 Juta rupiah ketas.

Bagaimana sobat ? puaskan. silahkan dipilih-pilih mau bekerja dibagian mana. intinya adalah hargai profesimu dan sabarlah dalam bekerja. InsyaAllah pasti rejeki tidak akan kemana.

Baca juga ::

Terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

12 Prospek Kerja Jurusan Arsitektur dan Gajinya | admin | 4.5

Leave a Reply