Cukup Menjanjikan, 10 Prospek Kerja Desain Interior

Salah satu kebutuhan dan juga lahan bisnis yang cukup menjanjikan adalah pada bidang “papan” atau tempat tinggal. Jika membicarakan mengenai tempat tinggal, maka tidak akan luput membahas mengenai interiornya. Bahkan ada jurusan perkuliahan yang khusus mempelajarinya, yaitu jurusan desain interior. Jurusan ini cukup diminati masyarakat karena peluang kerjanya. Setidaknya ada 10 prospek kerja desain interior yang bisa ditemukan.

Cukup Menjanjikan, Yuk Simak 10 Prospek Kerja Desain Interior

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarekanan jika membahas interior, sebenarnya tidak hanya terbatas untuk hunian tempat tinggal saja. Namun, interior juga akan berkaitan dengan apartemen, hotel, restoran, coffe, toko, distro, perkantoran, perusahaan, bahkan fasilitas publik seperti stasiun, terminal dll. Karena itulah, peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan desain interior cukup luas. Untuk memperjelas, silahkan anda simak ulasan bermacam peluang kerja berikut.

Inilah Peluang Kerja Untuk Lulusan Jurusan Desain Interior Yang Perlu Anda Ketahui

1. Membuka Jasa Drafter Dan Visualizer 3D

Gunakan kemampuan dan keahlian khusus yang hanya didapat dari jurusan desain interior sebagai modal kerja anda. Salah satunya adalah skill menggunakan gambar ataupun video 3D untukmemvisualisasikan rancangan desain interior. Tidak sembarang orang yang bisa melakukannya, karena itu jasa drafter dan visualizer 3D bisa menjadi peluang kerja anda. Ditambah lagi karenakerumitannya, membuat skill anda yang satu berharga cukup menggiurkan.                                                              

2. Membuka Jasa Desain Interior

Dari nama jurusannya saja mungkin anda sudah terpikir mengenai pekerjaan yang akan terbuka untuk anda. Membuka jasa desain interior adalah satu dari 10 prospek kerja desain interior yang bisa dilakukan. Keahlian anda untuk merancang desain bisa menjadi bekal pekerjaan jasa desain interior. Dengan dasar yang sudah anda miliki, anda bisa membuka jasa secara mandiri atau bergabung dengan biro jasa desain atau biro konsultan arsitektur.

Jasa yang ditawarkan pun bisa cukup beragam, anda bisa menawarkan jasa pembuatan konsep interior, gambar teknik, sketsa, menggunakan visualisasi gambar/video 3D, pemberian ide penggunaan material dan mebel, dll. Bahkan, saat ini melakukan transaksi bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Tidak hanya melalui offline (menemui pelaggan), anda juga bisa melakukan transaksi melalui media online, baik melalui website ataupun media sosial.

3. Menjadi Bagian Perusahaan Konstruksi Interior

Ada kalanya menyusun strategi untuk berwirasusaha cukup sulit dilakukan. Jika hal itu terjadianda selalu bisa mencari kesempatan kerja melalui perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini, anda bisa bekerja sebagai pengawas pelaksana ataupun pelaksana pekerjaan interior dengan bergabung pada perusahaan konstruksi interior. Jika anda terbukti berprestasi dan berkemampuan lebih saat bekerja, maka bisa sajaandasegera mendapatkan promosi kerja.

4. Menjadi Seorang Kontraktor

1 dari 10 prospek kerja desain interior yang bisa menjadi referensi anda adalah menjadi kontraktor. Secara garis besar, pekerjaan anda adalah menerima dan mengerjakan pekerjaan dengan menyesuaikan biaya yang sudah ditetapkan. Dan juga berdasar dengan desain, peraturan dan persyaratan yang ada. Untuk menjadi kontraktor, anda bisa membuka biro usaha anda sendiri ataupun bekerja untuk biro atau perusahaan yang ada.

5. Menjadi Seorang Konsultan

Tentunya sebagai lulusan desain interior anda sudah belajar banyak mengenai berbagai macam jenis furnitur, material, desain, dllyang sangat penting dalam pemilihan interior. Selain memberikan jasa mendesain, anda juga bisa memberikan jasa dengan cara konsultasi. Anda bisa bekerja sebagai penasehat ahli untuk lembaga pemerintah ataupun swasta. Ada baiknya sebelum anda membuka biro anda sendiri, anda mencari pengalaman dengan bekerja pada biro atau perusahaan lain.

6. Menjadi Produsen Furnitur

Jika anda ingin berada pada jalur bisnis, mungkin saja menjadi produsen furniture bisa menjadi opsi kerja anda. Anda bisa menggunakan ilmu desain anda untuk merancang produk furniture khas anda sendiri.Dari 10 prospek kerja desain interior yang diulas,peluang kerja yang satu ini memberik kesempatan untukmembuat produk anda sendiri, dan anda juga bisa mempekerjakan orang lain untuk merealisasikan dan memproduksi furnitur anda.

Anda bisa mengawali karir pendirian bisnis anda dengan berfokus pada satu material bahan baku saja. Tentukan tujuan segmen pasar anda, kemudian buat desain produk yang sesuai dengan pasar tersebut. Seperti contohnya, segmen pasar furnitur untuk rumah tangga modern. Maka anda bisa mendesain produk furnitur rumah dengan desain modern yang mengikuti jaman. Jika berhasil membuat produk yang unik, mungkin saja produk anda bisa laku di pasar Internasional.

7. Menjadi Distributor Interior

Setiap produk furnitur pasti memiliki produsen dan konsumennya sendiri. Dengan ilmu pengetahuan yang berguna untuk memilih interior yang terbaik dan sesuai. Anda bisa menjadi distributor interior. Anda bisa melakukan riset lapangan atau menjadi konsultan interior. Temukan produsen yang memiliki atau memproduksibarang tersebut,kemudian anda bisa menjual pada pelanggan secara langsung atau pada segmen pasar yang sesuai.

8. Membuka Toko Material

Pengetahuan akan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk interior bisa anda jadikan modal kerja. Anda bisa menjual berbagai macam bahan terbaik seperti kayu, bahan besi, peralatan pertukangan, dll. Pekerjaan yang termasuk dari 10 prospek kerja desain interior ini, bisa membantu pelanggan anda menyesuaikantrend dan memenuhi kebutuhan akan material yang sedang ramai dicari pada saat tertentu.

9. Menjadi PNS Atau Bekerja Untuk BUMN

Menjadi lulusan desain interior bukan berarti anda harus bergelut secara langsung dengan produksi interior. Saat ini anda juga bisa bekerja kantoran dengan menjadi PNS atau bekerja pada BUMN. Anda bisa mencoba peluang menjadi PNS dengan mengikuti seleksi CPNS. Contoh instansi yang menerima desain interior adalah kementrian perdagangan. Atau anda bisa melamar pekerjaan di BUMN, sebagai contoh perusahaan jasa konstruksi PT. Adhi Karya.

10. Menjadi Tenaga Pendidik

Untuk anda yang memiliki passion mengajar dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, anda bisa menggunakan ilmu anda untuk menjadi guru di SMK. Saat ini sudah banyak Sekolah Menengah Kejuruan yang mulai membuka jurusan desain interior. Anda bisa mengajarkan cara dasar mendesain, cara menggunakan aplikasi 3D, cara membuat sketsa, dll.Atau anda juga bisa mengajari prinsip desain dan ilmu yang berkaitan lainnya.

Itulah ke 10 prospek kerja desain interior yang bisa menjadi referensi untuk anda. Ulasan tersebut juga menjadi sebuah pembuktian, bahwa jurusan ini memang mampu dan memiliki peluang kerja yang banyak dan luas. Tidak hanya terpaku pada pembuatan interior rumah saja, namun jasa dan pekerjaan yang dilakukan bisa meluas hingga ke berbagai bidang. Bisa untuk perkantoran, perumahan, bahkan projek besar untuk fasilitas publik.

Baca juga :

Dari ulasan tersebut bisa disimpulkan bahwa jurusan ini cukup layak dan baik untuk dijadikan opsi pilihan jenjang pendidikan perkuliahan. Dengan peluang kerja yang bebas dan luas, memberikan rasa kelegahan tersendiri untuk para lulusannya. Peluang kerjanya bisa berupausaha mandiri, bekerja untuk perusahaan, usaha jasa, sebagai PNS hingga sebagai guru.Dengan berbagai pilihan tersebut, anda bisa memilih pekerjaan berdasar minat dan kemampuan anda.

Cukup Menjanjikan, 10 Prospek Kerja Desain Interior | admin | 4.5

Leave a Reply