10 Prospek Kerja Sarjana Manajemen Pemasaran

Jurusan perkuliahan manajemen adalah salah satu jurusan yang banyak dipilih. Jurusan ini memiliki banyak cabang, salah satunya adalah manejemen pemasaran. Jurusan ini sering kali dipilih karena termasuk jurusan umum yang juga memiliki prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan. Bagi anda yang berencana untukmemilihkuliah jurusan ini, berikut ini adalah ulasan mengenai prospek kerja manajemen pemasaran yang bisa anda dapatkan setelah lulus.

10 Prospek Kerja Sarjana Manajemen Pemasaran

Inilah Peluang Kerja Untuk Lulusan Jurusan Manajemen Pemasaran Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjadi Bagian Staf Marketing

Dalam bisnis, “sales” dan “marketing” bukanlah hal yang sama. Tim sales bekerjamelakukan penjualan langsung dengan cara mendatangi konsumen. Sedangkan marketing adalah tim yang mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Hasil identifikasi inilah yang akan digunakan tim sales untuk melakukan penjualan. Dengan koordinasi yang baik antara tim marketing dan sales, maka deal penjualan bisa terjadi dan memenuhi target pencapaian yang diinginkan.

Menjadi bagian tim marketing adalah salah satu peluang kerja yangsesuai untuk lulusan jurusan manajemen pemasaran. Hal ini dikarenakan pengetahuan mengenai cara pendekatan yang baik kepada konsumen, ilmu analisa segmen pasar, mengidentifikasi kebutuhan para konsumen dan mencari cara pengembangan produkadalah beberapa skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini.Dan semua skill dan ilmu tersebutpastinya sudah diajarkan pada mata kuliah jurusanini.

10 Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita

2. Staff Digital Marketing

Prospek kerja manajemen pemasaran yang cukup banyak dicari di era modern ini adalah staff digital marketing. Seperti namanya, pekerjaan yang harus dilakukan adalah hal yang bersangkutan dengan pemasaran dan penjualanyang lebih cepat dan sesuai kebutuhanmelalui media digital atau internet. Lulusan manajemen pemasaran akan menjadi sasaran perekrutan karyawan, karena dirasa memiliki kompetensi dan pengetahuan mumpuni untuk pekerjaan ini.

3. Sales Manajer

Jika marketing bekerja di balik layar untuk mengetahui kebutuhan, maka sales akan bekerja secara langsung. Salah satu pekerjaan yang sesuai untuk lulusan manajemen pemasaran adalah sebagai sales manajer. Anda dituntut untukbekerja memimpindan mengarahkan sebuah tim sales dengan baik, penuh tanggung jawab dan adil agar bisa mencapai suatu target penjualan. Pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan jenjang karir dan gaji yang memuaskan.

4. Sales Representative

Jika menjadi sales manajer terlalu tinggi atau sulit untuk anda, mungkin saja anda tertarik dengan peluang kerja sebagai sales representative. Terutama bagi anda lulusan jurusan manajemen pemasaran, tentunya anda telah mempelajari mengenai pendekatan konsumen, pembukaan segmen pasar, dan hal lain mengenai penjualan produk kepada pelanggan anda. Dengan ilmu tersebut prospek kerja manajemen pemasaran ini adalah opsi untuk anda.

Pekerjaannya tidak jauh dari sales manajer, namun beban pekerjaan bisa dikatakan lebih ringan. Hal ini dikatakan karenalingkup kerja yang dimiliki lebih kecil. Anda tidak akan bekerja sebagai pemimpin tim, melainkan anda akan bekerjasebagai wakil perusahaan anda dalam menjual sebuah produk kepada konsumen. Meskipun pekerjaan ini lebih mudah dari sales manajer, namun keberhasilan suatu perusahaan cukup dipengaruhi dengan hasil penjualan anda.

5. Manajer Social Media

Salah satu cara pemasaran yang cukup efektif adalah dengan menggunakan social media. Jika anda lulusan manajemen pemasaran yangsuka dan ahli dalam menggunakan social media, anda bisa mencoba pekerjaan social media manager. Anda akan diminta untuk bekerja memasarkan, melakukan riset topik, melakukan perencanaan dan penjadwalan posting pada akun media social. Begitu pula dengan tanggung jawab untukberkomunikasi dengan konsumen.

6. Manajer Periklanan

Memiliki ketrampilan dalam melihat peluang baru, memiliki kekreatifitasan, menguasai teknik riset pasar dan memiliki kemampuan dalam keputusan adalah kompetensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Semua kompetensi tersebut setidaknya sudah diberikan dan diajarkan dalam mata kuliah yang ada pada jurusan manajemen pemasaran. Jika anda merasa memiliki kompetensi tersebut maka prospek kerja manajemen pemasaran ini bisa jadi pilihan anda.

Manajer periklanan secara garis besar memiliki tugas bersangkutan dengan kampanye iklansuatu produk atau perusahaan. Tanggung jawab pekerjaan manajer periklanan ini akan mencakup pengaturan awal dan perencanaan kampanye suatu iklan. Selain itu, tidak jarang orang yang memiliki jabatan ini akan melakukan riset pasar dan negosiasi dengan perusahaan periklanan untuk mencapai keinginan dan memenuhi kepuasan pelanggannya.

10 Prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan

7. Koordinator Acara

Ilmu dan pengetahuan mengenai manajemen yang sudah anda pelajari di bangku kuliah juga bisa berguna untuk pekerjaan sebagai koordinator acara. Koordinator acara atau Event Planner adalah suatu tenaga kerja yang memiliki peran penting dalam setiap event organizer. Event organizer akan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan dalam merancang dan mengatur suatu acara dengan kreatif, unik dan juga mampu meraih kesuksesan acara.

Tidak hanya mengatur dan merencakanan saja, namun seorang event planner yang baik adalah orang yang kompeten dalam berbagai hal termasuk menjaga relasi. Prospek kerja manajemen pemasaran yang satu ini juga akan berkutat dengan pembahasan pembuatan kontrak antara klient-EO ataupun vendor-EO, melakukan kesepakatan untuk berbagai penawaran dan juga menjaga relasi yang baik dengan kustomer ataupun vendor yang bekerja sama.

8. Humas

Meskipun seringkali jabatan Humas atau hubungan masyarakat diisi oleh lulusan jurusan komunikasi, namun tidak jarang ditemukan lulusan manajemen pemasaran yang bekerja di bagian ini.Hal ini disebabkan karena lulusan manajemen pemasaran dikatakan jugamemiliki kompetensi yang baik dalam hal komunikasi. Skill komunikasi yang baik dicari karena tugas humas sebagai representasiperusahaan dan penyebar informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat luas.

9. Bekerja Sebagai Bagian Marketing Research Analyst

Menjadi bagianmarketing research analyst atau analis riset pasar adalah peluang kerja anda selanjutnya. Tugas yang akan dipegang oleh penjabat ini adalah melakukan riset dan analisis secara langsung ke lapangan dengan melakukan wawancara dan survei kepada konsumen. Kemudian mengidentifikasi tren pasar pada saat tertentu, dan menganalisanya. Hasil akhir yang diberikan adalah sebuah statistik untuk menentukan target pasar, strategi dan lokasi pemasaran yang tepat.

10. Menjadi Seorang Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis adalah prospek kerja manajemen pemasaran yang cukup dicari. Pekerjaan ini bisa ditemukan dalam bentuk firma, individual bahkan freelance. Anda akan bekerja membantu klien atau perusahaan merencanakan danmerealisasikan rencana bisnis yang sudah dibuat. Selain itu,anda juga akan diminta untuk membantu menyelesaikan masalah yang timbul pada bisnis klien yang anda bantu, sehingga terhindar dari kerugian finansial dan kebangkrutan.

10 Prospek kerja jurusan pendidikan bahasa

Itulah beberapa peluang pekerjaan yang bisa menjadi opsi untuk anda yang kuliah di jurusan manajemen pemasaran. Sebagaian besar peluang kerja yang disebut adalah bagian staff atau timperusahaan yang berhadapan denganpemasaran, dengan kostumer ataupun sistem periklanan.Namun,anda juga bisa memilih bekerja individu sebagai konsultan bisnis.Dari pilihan tersebut, lebih baik anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

10 Prospek Kerja Sarjana Manajemen Pemasaran | admin | 4.5

Leave a Reply