Inilah 10 Prospek Kerja Jurusan Peternakan Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu jurusan perkuliahan yang masih sering kali diremehkan adalah jurusan peternakan. Hal yang dijadikan alasan adalah karena prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan ini cenderung kepada kerja lapangan. Sedangkan,peluang kerja kantoran masih banyak menjadi incaranmasyarakat. Sebaliknya,jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas. Setidaknya terdapat 10 prospek kerja jurusan peternakan yang tersebar cukup luas. Berikut ini ulasannya.

10 Peluang Kerja Jurusan Peternakan Menjanjikan Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjadi Peternak

Tentunya salah satu pekerjaan yang identik dengan jurusan ini adalah menjadi seorang peternak. Dalam hal ini anda akan membuka usaha hewan ternak. Di Indonesia pekerjaan ini cukup banyak dilakoni oleh masyarakat umum. Selain karena adanya berbagai macam hewan yang bisa diternak, tingkat konsumsi hewan ternak oleh masyarakat bisa dikatakan cukup tinggi. Anda bisa melakukan pembudidayaan hewan baik yang hidup di daratan maupun air.

Anda bisa menternakkan sapi, kambing, ayam, bebek, ikan hias, ikan air tawar, bahkan air laut. Lokasi peternakan pun bisa bergantung dengan jenis hewan yang diternakkan. Bisa dilakukan di ladang maupun padang, ataupun menggunakan tambak untuk menternak ikan. Sebagai lulusan jurusan peternakan, ilmu mengenai pemeliharaan dan pengembangbiakan bisa menjadi modal anda. Mengenai pendapatan, dikatakanpeternak bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

2. Mengajar Sebagai Dosen

Jika anda memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana, maka anda juga akan meiliki peluang karir sebagai dosen. Dari 10 prospek kerja jurusan peternakan, memang prasyarat untuk menjadi dosen cukup tinggi. Yaitu lulus pendidikan S2 peternakan. Namun, perjuangan anda menjalani pendidikan akan terbayar dengan pendapatan dosen yang mencapai jutaan rupiah. Ditambah lagi dengan tunjangan dan THR, pastinya peluang kerja ini cukup menggiurkan.

3. Menjadi Tenaga Pendidik Di SMK

Jika anda hanya mampu menempuh pendidikan hingga sarjana, namun berkeinginan untuk mengajar, anda bisa menjadi guru di SMK. Sudah cukup banyak SMK (sekolah menengah kejuruan) yang mulai mengenalkan jurusan peternakan, agrobisnis dan agroteknologi. Anda bisa memulai karir dengan menjadi guru honorer. Nantinya jika ada kesempatan, mungkin saja anda bisa menjadi guru PNS. Gaji yang didapatakan bergantung dengan instansi dan jabatan anda.

4. Menjabat Sebagai PNS

Salah satu peluang kerja yang membuktikan bahwa lulusan ini juga bisa kerja kantoran adalah bekerja menjadi PNS.Sebagai pegawai negeri sipil, anda akan dituntut untuk bekerja di instansi pemerintah. Ada kemungkinan anda akan bekerja di dalam kantor ataupun bekerja dan turun langsung kelapangan. Peluang kerja yang merupakan bagian dari 10 prospek kerja jurusan peternakan ini, bisa dibilang cukup menjanjikan, karena peluang kerja initerbuka untuk umum.

Anda bisa mencoba peruntungan anda untuk menjadi seorang PNS dengan mengikuti seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil). Dengan gambaran gaji jutaan rupiah, ditambah dengan THR, tunjangan, komisi, dll pastinya anda tidak mau melewatkan pekerjaan ini. Selain itu,cukup banyak instansi yang mencari lulusan jurusanpeternakan. Seperti contohnya kementerian perindustrian, kementrian lingkungan hidup, kementerian koperasi dan masih banyak lainnya.

5. Menjadi Bagian Pengembangan dan Penelitian Produk Bioteknologi

Salah satu karir yang bisa disasar oleh lulusan jurusan peternakan adalah karir sebagai bagian pengembangan dan penelitian produk bioteknologi. Pada pekerjaan ini, pengetahuan dan ilmu mengenai teknologi pangan yang sudah anda pelajari saat dibangku kuliah akan sangat berguna. Selain itu anda juga memiliki ilmu untuk melakukan riset dalam bidang biologi dan kimia. Gaji yang didapat akan bergantung pada kemampuan dan pengalaman yang anda miliki.

6. Bekerja Pada Perusahaan Ternak

Bekerja pada perusahaan ternak adalah peluang kerja menjanjikan yang termasuk dalam daftar 10 prospek kerja jurusan peternakan yang bisa anda coba. Perusahaan ternak tentunya akan banyak sekali mencari lulusan jurusan peternakan. Selain dirasa memiliki kemampuan dan keahlian yang mumpuni dan sesuai dengan bidang pekerjaan,lulusan jurusan peternakan pastinya memiliki pangalaman lebih dalammengurus hewan ternak.

Gaji dan juga tanggung jawab yang akan diampu oleh seseorang akan berbeda, bergantung dengan pekerjaan dan jabatannya. Selain itu, gaji dan jabatan akan bergantung pada kebijakan perusahaan. Jabatan yang tersedia pun cukup banyak. Dari manajer hewan, anak kandang, stafmanager perusahaan,dokter hewan, kepala lapangan, dll. Sebagai contoh, gaji yang ditawarkan untuk jabatan staf manager perusahaan bisa berkisar dari 7-9 juta rupiah.

7. Menjadi Peneliti Bioteknologi

Pengetahuan dan ilmu mengenai pemanfaatan mahluk hidupuntuk kehidupan sehari-hari adalah Bioteknologi. Seiring berkembangnya waktu, tidak hanya teknologi dan ilmu bioteknologi saja yang berkembang. Namun, profesi sebagai peneliti bioteknologipun ikut berkembang.Karena itulah mulai banyak dibuka peluang pekerjaan ini. Jenjang karir yang diberikan pun cukup jelas. Dimulai sebagai asisten peniliti, peniliti muda, senior, hingga seorang ahli peneliti.

Dari 10 prospek kerja jurusan peternakan, pekerjaan ini menuntut anda untuk bekerja bersama dengan karyawan lulusan jurusan lain. Seperti jurusan biologi, kimia, farmasi dan teknik lingkungan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan peternakan untuk bisa bergabung dalam pekerjaan ini. Hal ini dikarenakan, bioteknologi juga mulai diterapkan pada berbagai bidang. Termasuk dalam bidang peternakan.

8. Ahli Peternakan Dan Pengembangbiakan Hewan Ternak

Peluang pekerjaan lain yang cukup menarik dan bisa anda coba adalah sebagai ahli peternakan dan pengembangbiakan. Berkaitan dengan teknik inseminasi buatan, tentunya sebagai lulusan jurusan peternakan anda sudah memiliki ilmu yang bersangkutan. Selain itu,pekerjaan ini juga membutuhkan keahlian dalam mengunakan peralatan untuk ternak dan kembang biak hewan. Gaji yang didapatbisa berkisar 3-5 juta rupiah per bulannya.

9. Membuka Wirausaha

Salah satu pekerjaan yang selalu didambakan oleh lulusan universitas adalah mampu berwirausaha. Anda dituntut untuk membuat bisnis secara mandiri, sehingga nantinya mampu membuka lapangan pekerjaan. Dengan mengembangkan ilmu dan menerapkannya, anda bisa membuat wirausaha yang bersangkutan. Seperti berternak, menjual peralatan peternakan, distributor ternak, dll. Bisnis yang sukses akan mampu memiliki omzet besar hingga puluhan juta rupiah.

10. Bekerja Pada Perusahaan Obat Hewan

Satu dari 10 prospek kerjajurusan peternakan yang bisa anda cobaadalah bekerja pada perusahaan penyedia obat untuk hewan. Pekerjaan ini tidak hanya didominasi oleh lulusan dokter hewan saja, namun anda lulusan jurusan peternakan juga bisa mencoba pekerjaan ini. Hal ini dikarenakan, perlunya ilmu perawatan dan penanganan ternakuntuk mendukung pekerjaan ini. Biasanya, gaji yang diberikan akan sesuai atau melebihi gaji UMR.

Dari ulasan yang diberikan, bisa dikatakan bahwa peluang kerja untuk jurusan peternakan tidak hanya terpaku pada kerja lapangan. Anda juga bisa bekerja kantoran dengan menjadi PNS ataupun bekerja sebagai tenaga pendidik. Namun kebanyakan peluang kerja yang tersedia cenderung berkaitan dengan kerja lapangan, seperti mengurus dan mengembangbiakkan hewan. Semoga, ulasan di atas bisa memberi referensi kerja untuk anda lulusan jurusan peternakan.

Inilah 10 Prospek Kerja Jurusan Peternakan Yang Wajib Anda Ketahui | admin | 4.5

Leave a Reply