10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro Yang Terbuka Lebar Untuk Anda

Penggunaan tenaga listrik yang menjadi kebutuhan sehari-hari, bisa menjadi acuan akan semakin dibutuhkanya tenaga kerja yang ahli dalam bidang tersebut. Teknik elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai listrik dan pengaplikasiannya. Jurusan ini akan melahirkan para ahli bidang elektro yang setelah lulus akanmemiliki banyak peluang kerja tersedia.Sebagai contoh, berikut ini adalah 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang terbuka untuk anda.

5. 10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro Yang Terbuka Lebar Untuk Anda

Inilah Beberapa Peluang/Prospek Kerja Yang Terbuka Untuk Lulusan Teknik Elektro

1. Menjadi Perancang Dan Teknisi Mesin

Peluang kerja yang satu hanya tersedia untuk lulusan jurusan teknik elektro. Hal ini dikarenakan anda akan bergelut dengan perancangan dan pengembangan peralatan elektronik yang sering ditemukan di sekitar anda. Tidak hanya menghasilkan teknologi baru, namun anda juga memiliki tanggung jawab untuk pemeliharaan suatu sistem mekanik. Secara garis besar, pekerjaan ini membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang sudah diajarkan di jurusan teknik elektro.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, ilmu dan pengetahuan elektro anda akan sangat berguna untuk menciptakan teknologi terbaru dengan menggunakan sumber energi terbarukan. Jadi tentu saja, sebagai lulusan jurusan teknik elektro baik sarjana atau diploma tiga, anda sudah memenuhi kriteria penerimaanuntuk bekerja pada bidang ini.Dengan gaji berkisar 4-8 jutaan, pastinya anda tidak akan menyesal mengambil dan belajar jurusan teknik elektro.

Baca juga :: 7 Jurusan kuliah yang bisa kerja di PLN

2. Menjadi Bagian Perencanaan Produk Otomotif

Pentingnya ilmu elektro yang akan diterapkan pada perencaan suatu produk otomotif, seperti mobil, motor bahkan roket luar angkasa, membuat peluang kerja yang satu ini masuk dalam 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang cukup menjanjikan. Meskipun anda akan bergelut dengan lulusan jurusan teknik otomotif, tidak sedikit lulusan jurusan teknik eletro yang berhasil meraih peluang kerja yang satu ini. Pekerjaan ini memiliki rata-rata pendapatan berkisar 4-5 juta.

3. Teknisi Dan Operator Pabrik

Salah satu peluang kerja yang identik dengan lulusan jurusan teknik elektro adalah sebagai teknisi dan operator pabrik. Pekerjaan ini terbuka untuk lulusan sarjana maupun diploma tiga. Dengan gaji berkisar antara 3,5 – 5 juta rupiah, peluang kerja ini cukup banyak tersedia di sekeliling anda. Hal ini dikarenakan untuk mengoperasikan, mengatur dan mengontrol mesin dan peralatan di pabrik, tentunya ilmu mengenai kelistrikan akan sangat diperlukan.

Kepahaman akan ilmu tersebut akan mempengaruhi daya operasi, ketahanan dan keamanan penggunaan mesin. Selain itu, pekerjaan ini akan menuntut anda untuk melakukan metode pengembangan teknologi agar lebih efisien, hemat energi, dan ramah lingkungan.Pekerjaan lainnya akan mencakup mendesain, menjamin standar keamanan, kesehatan, keselamatan pekerja dll. Untuk melakukan semua itu, ilmu dan pengalaman anda akan sangat berpengaruh.

4. Menjadi Seorang Teknisi Robot

Salah satu dari 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang cukup menarik adalah menjadi teknisi robot atau robot engineer. Pekerjaan ini sesuai untuk anda lulusan jurusan teknik elektro karenasalah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah sudah mempelajari teknik dasar mekanika dan elektronika. Tentunya pelajaran tersebut sudah diberikan dalam mata kuliah anda. Dan tentunya untuk merancang dan membuat robot ilmu berkaitan lainnya pasti dibutuhkan.

Dalam pekerjaan ini, anda tidak akan bekerja dengan robot humanoid (berbentuk manusia) saja, namun masih banyak yang lainnya. Secara gamblang, segala peralatan mekanik yang bergerak layaknya manusia dengan menggunakanprogram Artificial Intelligent (kecerdasan buatan)lah yang disebut robot. Tidak hanya merancang dan membuat teknologi robot terbaru, ada kalanya anda juga akan mendapat tanggung jawab untuk mengoperasikan dan juga merawat robot-robot tersebut.

5. Menjadi Dosen Teknik Elektro

Bagi anda yang memiliki passion untuk melanjutkan kuliah teknik elektro ke jenjang pascasarjana, mungkin saja terbesit di pikiran anda untuk menjadi seorang dosen teknik elektro. Dari 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang diulas, mungkin saja pekerjaan ini cukup berat. Karena, untuk menjadi dosen minimal anda harus lulus S2. Namun anda tidak perlu khawatir, kini banyak beasiswa tersedia dan universitas dengan program pendidikan S2 teknik elektro di Indonesia.

6. Tenaga Pendidik Sebagai Guru Teknik Elektro

Mungkin saja anda ingin mengajar, namun melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dirasa terlalu berat untuk anda. Maka anda bisa menjadi tenaga pendidik di SMA atau SMK. Tidak jarang ilmu elektro mulai diberikan pada jenjang SMA. Bahkan di SMK terdapat jurusan khusus yang mempelajari teknik tertentu. Untuk mengajar di jenjang ini, anda tidak memerlukan pendidikan S2. Namun, yang terpenting adalah anda memiliki kemampuan untuk mengajar dengan baik.

7. Bekerja Di Bidang Pertambangan Dan Perminyakan

Bekerja di bidang ini adalah salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Namun, sering kali persyaratan yang diberikan oleh perusahaan pertambangan adalah hanya untuk lulusan jurusan teknik, termasuk teknik elektro. Terutama pada bidang sumber daya listrik,instrumen dan control engineer, tenaga kerja yang kompeten dan sesuai akan sangat dibutuhkan. Karena itulah,peluang kerja ini termasuk dari 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang cukup sayang dilewatkan.

8. Bekerja Pada Kementerian ESDM

Dengan dibukanya seleksi CPNS, maka peluang pekerjaan untuk lulusan jurusan teknik elektro pun semakin terbuka lebar. Untuk lulusan sarjana teknik elektro, anda memiliki peluang untuk menjadi PNS dan bekerja pada instansi negara. Instansi yang sering kali mencari lulusan teknik elektro adalah kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) dandirjen ketenagalistristrikan dan sumber daya mineral. Tentu saja dengan menjadi PNS gaji yang ditawarkan pasti cukup tinggi.

9. Bekerja Untuk Perusahaan BUMN

Opsi lain yang bisa anda coba jika tidak berhasil lolos seleksi CPNS adalah bekerja untuk perusahaan milik negara atau BUMN. Setelah menamatkan jenjang kuliah, anda bisa mencari banyak sekali lowongan pekerjaan dari BUMN. Untuk lulusan jurusan teknik elektro, anda bisa menyasar perusahaan dengan bidang komunikasi dan energi. Sebagai contoh, anda bisa mencoba melamar ke PT. Telekomunikasi Indonesia untuk bidang komunikasi atau PT. Bina Karya pada bidang teknik.

10. Membuka Wirausaha

Apabila anda merasa ingin bekerja lepas dan bebas tanpa terikatperusahaan. Mungkin saja anda tertarik untuk membuka usaha andasendiri.Satu dari 10 prospek kerja jurusan teknik elektro yang diulas ini membuktikan bahwa peluang kerja jurusan ini memang luas dan tidak selalu terikat. Anda bisa membuka jasa servis peralatan elektronik rumah tangga, komputer, laptop, dllyang berhubungan dengan elektronik dan ilmu yang sudah anda dapatkan di jenjang perkuliahan anda.

Tidak hanya terpaku untuk bekerja pada perencanaan produk, menjadi teknisi, ataupun pada pabrik. Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi PNS dan bekerja pada instansi negara dan BUMN. Bahkan anda juga bisa membuka bisnis anda sendiri. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan listrik dan teknologi, tidak heran jika peluang kerja untuk lulusan teknik elektro akan semakin luas.Karena itulah, jurusan teknik elektro menjadi salah satu jurusan yang diminati masyarakat.

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro Yang Terbuka Lebar Untuk Anda | admin | 4.5

Leave a Reply