10 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keolahragaan

Bagi anda yang suka bergerak aktif dan bercita-cita dalam bidang keolahragaan, mungkin saja jurusan ilmu keolahragaan bisa menjadi pilihan jurusan kuliah anda. Pada jurusan keolahragaan atau penjaskes, anda tidak hanya dituntut untuk mempelajari mengenai teori keolahragaan. Namun, anda juga akan terjun langsung kelapangan untuk mempraktikkan apa yang sudah anda pelajari. Karena itulah, tidak heran jika prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan cukup terbuka lebar.

Simak 10 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keolahragaan

Meskipun belum banyak yang tahu, sebenarnya jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas.Tidak hanya terpaku pada pekerjaan lapangan, anda juga bisa bekerja di dalam kantor. lowongan kerja kadang tidak terpaku pada jurusan. ada sebagian pekerjaan yang memerlukan ijazah umum.

Selain itu,anda juga memiliki peluang kerja di bawah instansi pemerintah nasional, regional, daerah, perusahaan swasta bahkan membuka wirausaha sendiri. jadi anda tidak perlu selalu bertanya, jurusan olahraga mau jadi apa. karena jawabannya sudah ada disini. silahkan simak baik-baik.

Berikut Ini Adalah Peluang Kerja Yang Terbuka Untuk Lulusan Ilmu Keolahragaan Yang Perlu Anda Ketahui

1. Karir Sebagai Tenaga Pendidik/Dosen

Hampir semua lulusan jurusan atau program studi memiliki peluang kerja sebagai pendidik. Anda tidak harus mengambil jurusan khusus pendidikan.Jika anda ingin membagikan ilmu yang sudah anda pelajari di Universitas, tentu saja anda bisa menjadi pendidik formal (Guru/dosen) atau nonformal (Guru Les). Beberapa Universitas juga membuka jenjang pendidikan S2 dan S3 untuk ilmu keolahragaan. Sehingga, prospek kerja lulusan ilmu keolahragaanpun sebagai guru maupun dosen semakin besar.

Bagi kalian yang sering bertanya-tanya, apakah jurusan ilmu keolahragaan bisa jadi guru penjaskes?. jawabannya adalah iya, yang terpenting adalah bagaimana bisa menyelesaikan kuliah dengan maksimal.

10 Jurusan kuliah yang bisa membuatmu keliling dunia

2. Karir Sebagai Praktisioner Olahraga Atau Menjadi Atlet

Saat anda dalam masa perkuliahan, anda tidak hanya dituntut untuk memahami teorikeolahragaan, namun tentunya anda juga harus bisa praktiknya. Karena itulah salah satu peluang kerja yang bisa anda dapatkanadalah menjadi praktisioner atau atlet olahraga. Tidak jarang, beberapa mata kuliah ilmu keolahragaan akan meminta anda terjun langsung ke lapangan untuk melakukan praktik olahraga dengan baik dan benar.

Secara tidak langsung, mahasiswa jurusan ini akan dituntut untuk memiliki fisik dan daya tahan yang hampir mirip dengan atlet. Karena itulah, tidak menutup kemungkinan anda akanmendalami suatu bidang olahraga tertentu. Sebagai contohatlet bulu tangkis. Anda bisa menerapkan dasar teori yang benar pada setiap aktivitas olahraga anda. Sehingga bisa menghasilkan kemampuan berolahraga yang lebih baik.

3. Pelatih Olahraga

Hampir sama dengan menjadi seorang tenaga pendidik, peluang inimenuntut anda untuk berbagi ilmu dan keahlian kepada orang lain.Prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan ini mengarahkan anda untuk menjadi pelatih olahraga tertentu. Contohnyapelatih futsal. Dengan memiliki pengetahuan soal cara dan aktivitasyang memadai, tidak hanya bisamengembangkan bakat atlet dan mendampinginya. Namun,anda juga harus membuat strategi untuk meraih kemenangan.

4. Berkarir Menjadi Konsultan Olahraga

Menjadi konsultan olahraga adalah opsi pekerjaan dalam bidang strategi dan peluang pengembangan keolahragaan. Nantinya anda akan bekerja sebagai pendamping atlet atau tim untuk mengawal, mengawasi, membina dan mengembangkan prestasinya. Peluang kerja untuk lulusan ilmu keolahragaan yang satu ini didasari dengan beberapa mata kuliah yang bersangkutan. Seperti Manajemen Kebugaran, Sosiologi Olahraga, Manajemen Olahraga dll.

10 Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita

5. Pegawai Negeri Sipil Di Kemenpora

Dengan adanya CPNS, anda bisa menyasar kerja diinstansi negara seperti KEMENPORA, KOI, KONI dan juga DISPORA. Sebagai contoh formasi Penyuluh Olahraga di KEMENPORA memiliki syarat S1 pendidikan jasmani dan kesehatan atau S1 pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi. Kesesuaian jenjang pendidikan minimal, jurusan dan tes adalah syarat dari prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan satu ini. Karena itulah peluang ini cocok untuk anda lulusan ilmu keolahragaan (penjaskes).

6. Karir Sebagai Ahli Medis Olahraga

Peluang kerja yang bisa didapat oleh lulusan jurusan ini adalah tenaga medis olahraga.Dalam hal ini mata kuliah Fisiologi, Fisioterapi, Cedera, Massage dan beberapa lainnya akan menjadi ilmuyang berguna untuk karir ini.Tenaga ahli medis olahraga yang juga dikenal sebagai konsultan kesehatan olahraga adalah peluang kerja yang cukup dicari. Hal ini dikarenakan setiap klub olahraga atau atlet individual sering kali membutuh tenaga ahli ini.

Terutama pada atlet yang sedang mengalami cedera karena aktivitas olahraga. Tenaga ahli medis akan dituntut untuk memberikanterapi fisik, terapi gizi, pemeriksaan kesehatan dll. pada klub olahraga/atlet yang cedera. Selainmemberikan terapi dan memulihkan kembali kondisi altlet yang cedera, anda juga diminta untukmemberikan konsultasi mengenai cara penyembuhan, penangkalan cedera,macam terapi yang efektif dll.

7. Tenaga Tes Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga

Pekerjaanini didukung oleh pengetahuan mata pelajaran ilmu keolahragaan yang bersangkutan adalah Psikologi Olahraga, Laboratorium dan Perpustakaan Olahraga, Metode Penelitian Dasar dan Lanjutan, Analisi Mekanika Cabang Olahraga dan mata kuliah lainnya.Tenaga ahli pengukuran dan evaluasi olahraga adalah opsi prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan yang bekerja dibawah organisasi/instansi olahraga nasional, regional maupun daerah ini.

8. Tenaga Ahli Penelitian Keolahragaan

Setelah adanyapenetapan Sistem Keolahragaan Nasional, Peluang kerjayang terbuka adalah sebagai tenaga ahli penelitian keolahragaan. Sistem tersebut mengisyaratkan bahwa pembangunan olahraga nasional akan menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Hal ini akan melibatkan paraahli-ahli ilmu keolahragaan pada setiap lembaga penelitian pemerintah maupun non-pemerintah.

9. Membuka Wirausaha Olahraga

Jika anda merasa ingin membuka usaha sendiri, tentunya anda bisa menggunakan ilmu yang sudah anda dapatkan saat kuliah. Anda bisa membuka bisnis toko perlengkapan olahraga.Dengan pengetahuan ilmukeolahragaan, anda bisa memilih produk peralatan yang baik untuk anda jual. Selain itu, anda juga bisa memberikan penjelasan mengenai keefektifan, cara pemakaian yang tepat, dll pada kostumer anda.

10. Bekerja Di Sport Center

Dengan semakin meningkatnya permintaan dan keinginan orang untuk melakukan gaya hidup lebih sehat, tidak heran jika anda menemukan Sport center bertebaran di kota anda. GYM, tempat fitness, tempat senam, dll yang semakin marak dibangun akan memberikan peluang kerja yang cukup besar. Sebagai tenaga ahli dengan pengetahuan tentang keolahragaan, anda akan dibutuhkan untuk menjadi instruktur kebugaran, konsultan kesehatan dan kebugaran dll.

Prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan yang disebut itulah yang tersedia. Dengan ilmu teori dan mata kuliah yang menuntut praktik, kegiatan PKL dan magang, tentunya ilmu-ilmu tersebut bisa menunjang karir anda dalam bidang keolahragaan.Selain itu, memiliki pendidikan S1 dengan gelar ilmu keolahragaanjuga sudah menjadi nilai plus tersendiri untuk anda.Hal tersebut terbukti dengan dijadikannya jenjang pendidikan minimal S1 sebagai syarat pengajuan lamaran CPNS.

7 Jurusan kuliah untuk bisa bekerja di PLN

Namun, dengan ilmu pengetahuan yang sudah anda miliki, peluang lain pun masih bisa anda dapat. Anda bisa mengajarkan ilmu anda sebagai pendidik, berkarir di lapangan sebagai atlet, ataupun bekerja kantoran sebagai PNS, analis, dan masih banyak lainnya. Tidak menutup kemungkinan, kedepannya peluang kerja akan semakin terbuka lebar karena mengikutisemakin meningkatnya keinginan dan kebutuhan orang untuk hidup dengan gaya sehat.

10 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keolahragaan | admin | 4.5

Leave a Reply