10 Prospek kerja jurusan perhotelan bagi yang mau kuliah

Mau Kuliah Jurusan Perhotelan? Yuk Cari Tahu 10 Prospek Kerja Jurusan Perhotelan Menjanjikan !! Jika membicarakan mengenai jurusan perhotelan, mungkin saja yang mucul di benak anda adalah jurusan dengan prospek pekerjaan yang penuh dengan kemewahan dan keseruan. Terutama jika bekerja di hotel ataupun restoran. Namun tahukah anda jika lingkup pekerjaan lulusan jurusan ini juga cukup luas? Berbagai macam pekerjaan dan tanggungjawab kerja terbuka dengan lebar. Agar lebih jelas simak ulasan 10 prospek kerja jurusan perhotelan berikut.

Mau Kuliah Jurusan Perhotelan? Yuk Cari Tahu 10 Prospek Kerja Jurusan Perhotelan Menjanjikan

Berikut Ini Adalah Peluang Kerja Jurusan Perhotelan Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjadi Guru SMK

Menjadi tenaga pendidik adalah salah satu peluang kerja yang selalu terbuka untuk siapa saja. Meskipun anda bukan lulusan jurusan pendidikan, bukan berarti anda tidak memiliki peluang untuk bekerja sebagai seorang guru. Terutama bagi anda yang lulusan sarjana dan memiliki ilmu lebih mengenai perhotelan. Anda bisa mencoba peluang menjadi guru SMK (sekolah menengah kejuruan) sebagai guru program pendidikan perhotelan.

2. Menjadi Dosen

Jika anda ingin menjadi tenaga pengajar yang se kelas lebih tinggi, anda bisa mencoba peluang kerja sebagai dosen. Tentu saja pendapatan dosen akan lebih besar dari guru SMK, bahkan gaji dosen bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, untuk menjadi dosen anda perlu menyelesaikan pendidikan minimal pasca sarjana atau S2. Anda bisa menempuh pendidikan S2 perhotelan menggunakan beasiswa studi baik untuk universitas di dalam ataupun di luar negeri. 

3. Sales Hotel

Berbicara mengenai pekerjaan di dalam hotel, mungkin saja yang muncul di benak anda adalah sebagai resepsionis, belboy, manajer, dll. Namun salah satu dari 10 prospek kerja jurusan perhotelan yang tidak kalah penting dalam bisnis hotel adalah sales hotel. Seperti namanya, sales hotel adalah mereka yang bekerja dalam bagian penjualan dan pemasaran hotel. Mereka akan memberikan berbagai macam penawaran bersangkutan dengan hotel kepada publik.

Berbagai macam fasilitas yang dimiliki hotel, seperti kamar hotel, ruang meeting dan berbagai venue yang tersedia akan ditawarkan kepada masyarakat maupun perusahaan. Termasuk juga penawaran paket yang dimiliki oleh otel tersebut. Seperti paket santapan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Keberhasilan dalam pemasaran akan sangat berpengaruh pada hotel tersebut. Karena itulah, peluang kerja dengan gaji yang cukup besar ini bisa menjadi tantangan bagi lulusan jurusan perhotelan.

4. Event Organizer

Ilmu yang anda dapatkan saat belajar di jurusan perhotelan akan mencangkup berbagai segi aspek bisnis hotel. Anda akan mempelajari cara pelayanan, perawatan, bahkan mengenai makanan dan minuman. Ilmu tersebut akan sangat membantu anda dalam menjalankan pekerjaan sebagai event organizer. Ditambah lagi sering kali hotel memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti pernikahan atau perkumpulan bisnis.

Pekerajaan yang termasuk dalam 10 prospek kerja jurusan perhotelan ini, akan menggunakan ilmu anda mengenai food & beverages, manajemen, dll. untuk mengatur dan mengawasi jalannya sebuah acara. Tidak hanya itu, anda juga akan dituntut untuk mampu melakukan koordinasi dengan staff hotel, staff dapur, dan karyawan lainnya. Sebagai event organizer, biasanya pendapatannya akan bergantung pada perusahaan dan besar sebuah acara.

5. Wedding Planner atau Organizer

Menjalankan bisnis wedding planner adalah salah satu peluang kerja yang cukup menjanjikan. Tentunya untuk seorang wedding planner atau organizer, kemampuan berkomunikasi dan juga persuasi akan sangat dibutuhkan. Anda akan menjadi jembatan antara pihak pengantin dan pihak penyelenggara. Pihak penyelenggara tersebut bisa berupa pihak hotel, vendor penyedia makanan, vendor bagian dokumentasi, kostum, dan lain sebagainya.

Tanggung jawab anda adalah memberikan usulan dan saran berkaitan dengan pihak dan vendor tersebut. Mulai dari segala fasilitas dan juga berbagai macam kebutuhan yang dibutuhkan, hingga mempekerjakan hiburan dan pembawa acara. Melakukan koordinasi yang baik antara kedua belah pihak adalah kunci kesuksesan sebuah acara pernikahan yang anda atur. Karena itulah, pekerjaan ini bisa sangat menantang dan juga sangat menghasilkan.

6. Manajer Food & Beverages

Dari 10 prospek kerja jurusan perhotelan tidak semuanya harus berkaitan hanya dengan manajerialhotel saja. Bagi anda yang ingin bekerja dalam bidang bisnis makanan dan minuman, mungkin saja anda bisa memilih pekerjaan ini. Memiliki tanggung jawab untuk mengatur operasional bagian dapur dan menetapkan standar untuk kualitas makanan yang disajikan, akan memberikan anda kesempatan untuk merasakan pengalaman kerja yang berbeda.

Pada dasarnya, untuk bekerja sebagai food and beverages manager, anda tidak harus memiliki kemampuan untuk memasak. Melainkan yang terpenting adalah kemampuan dalam mengatur jalannya operasi dan ilmu akan pemuasan pelanggan. Ditambah lagi, anda juga akan mendapat tanggung jawab untuk mengembangkan menu yang akan disajikan. Agar memiliki varian menu yang tidak monotone. Jabatan ini juga dibutuhkan di restoran, kapal pesiar bahkan di kereta api.

7.Manajer Hotel

Tentunya sebagai lulusan jurusan perhotelanpekerjaan yang paling bersangkutan dan sesuai adalah sebagai manajer hotel. Ilmu yang anda miliki akan sangat berguna untuk mengatur seluruh aspek jalannya bisnis hotel. Mulai dari aspek operasional, aspek pemasaran hingga aspek sales hotel. Peluang kerja yang termasuk dalam daftar 10 prospek kerja jurusan perhotelan akan berjalan lebih baik jika didukung dengan ilmu bisnis, keuangan, dan manajemen.

8. Manajer Restoran

Menjadi restoran manajer bisa menjadi salah satu alternatif kerja untuk anda. Tanggung jawab kerja yang harus diampu adalah memonitor jalannya operasional restoran. Selain itu sebagai manajer anda jugabertanggung jawab dalam menentukan dan mengembangkan ilmu yang tersedia.Berikut menemui pelanggan, mengatur dan mengurus kebutuhan dapur.Sebagai manajer anda juga memiliki hak untuk merekrut ataupun memberhentikan staf anda.

9. Concierge Hotel

Dalam dunia perhotelan peran ini dirasa cukup penting karena berkaitan dengan relasi pada tamu. Tugas yang harus dilakukan oleh seorang concierge adalah memberikan jawaban dan saran kepada tamu dan mewujudkan keinginan dan permintaan mereka. Untuk posisi ini, kemampuan berbahasa inggris, ilmu dan pengetahuan luas mengenaihotel adalah kunci terpenting. Sebab, besar kemungkinan anda akan berhadapan langsung dengan tamu manca negara.

10. Staf Maskapai Penerbangan

Peluang kerja terakhir dari 10 prospek kerja jurusan perhotelan yang diulas adalah sebagai staf maskapai penerbangan. Secara tidak langsung, ilmu anda mengenai pelayanan akan sangat dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Anda akan berhadapan dengan penumpang sebelum dan sesudahpenerbangan. Anda akan bertanggung jawab untuk melaksanakan segala prosedur pada bandara, seperti check in, boarding, mengecek visa atau paspor, penyerahan bagasi,memandu ke lobby dll.

Masih ada banyak peluang kerja yang bisa anda temukan di sekitar anda.Secara garis besar, peluang kerja jurusan perhotelan tidak akan jauh dari pekerjaan yang berkaitan dengan pelayanan, perawatan dan bagian makanan dan minuman. Terbukti dengan banyaknya peluang kerja di hotel dan restoran yang tersedia. Namun,bagi anda yang tertarik untuk pekerjaan yang sedikit berbeda, tentunya anda bisa menjadi tenaga pendidik ataupun bekerja untuk maskapai penerbangan.

10 Prospek kerja jurusan perhotelan bagi yang mau kuliah | admin | 4.5

Leave a Reply