Rekomendasi jenis kertas untuk paperbag yang ideal

Paperbag atau yang sering disebut dengan tas kertas memang cukup populer di berbagai kalangan. Tas kertas ini memiliki banyak manfaat. Selain menjadi tempat untuk menyimpan barang bawaan, sebenarnya paperbag juga bisa menjadi salah satu media kampanye atau desain grafis. Tentu saja fungsi seperti itu akan disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak industri yang memanfaatkan paperbag untuk menaikkan nilai dari brand mereka. Hal ini dilakukan dengan menempatkan brand atau logo produk pada bagian paperbag dengan tampilan desain yang menarik.

Kamu juga bisa menjadikan paperbag sebagai salah satu media yang digunakan untuk menampilkan berbagai desain grafis. Kondisi seperti ini akan melibatkan material dari paperbag yang menggunakan banyak jenis kertas. Masing-masing dari jenis kertas untuk paperbag memiliki karakter untuk membantu kamu mendapatkan tampilan desain grafis yang ideal.

jenis kertas untuk paperbag

Fungsi penting dari paperbag

Sebelum mengenal lebih dalam tentang jenis kertas untuk paperbag yang ideal sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu fungsi dari paperbag. Hal ini dianggap akan memudahkan kamu untuk meningkatkan nilai jual hingga nilai fungsi dari metode konvensional. Apalagi berbagai pilihan jenis kertas yang bisa digunakan untuk pembuatan paperbag seperti ini juga akan memberikan pengaruh sangat besar. Biasanya pemilihan desain grafis yang digunakan untuk paperbag juga disesuaikan dengan fungsi yang diinginkan. Berikut ini ada beberapa fungsi penting dari paperbag yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu membuat desain ideal, seperti:

  1. Media penyimpanan barang

Ini adalah fungsi utama dari paperbag yang banyak diterapkan untuk para pengguna. Berbagai ukuran paperbag memang akan digunakan sebagai media tempat menyimpan barang. Kualitas dari kertas atau material yang digunakan biasanya akan mempengaruhi total beban. Semakin baik kualitas material tentu saja akan membantu kamu untuk membawa banyak barang. Hal ini juga akan bergantung pada ukuran paperbag itu sendiri. Paperbag juga bisa digunakan berkali-kali selama kondisi dari material dan seluruh lapisan tidak rusak. Tentu saja ini memberikan keuntungan ekonomis.

  1. Media promosi

Beberapa perusahaan besar dan industri kreatif mulai memperhitungkan penggunaan dari paperbag. Biasanya penggunaan dari paperbag seperti ini akan meningkatkan nilai jual dari produk yang ditawarkan. Bahkan, cara seperti ini juga bisa menjadi ajang untuk media promosi terhadap brand atau sekedar menampilkan logo dari perusahaan. Beberapa produk yang biasanya menggunakan paperbag sebagai media promosi seperti make up, perhiasan, aksesoris fashion, lini produk fashion hingga berbagai makanan ringan. Selama kamu menggunakan paperbag dengan tampilan logo atau desain dari produk tertentu maka hal ini akan menjadi media promosi yang cukup efektif.

  1. Koleksi

Kamu juga harus paham bahwa paperbag juga bisa menjadi koleksi untuk jangka panjang. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang kreatif seperti para desainer. Desain dan tampilan paperbag bisa menjadi ilustrasi dari desain grafis yang akan dibuat. Apalagi beberapa produk kreatif yang menjadikan paperbag sebagai media penyimpanan selalu menampilkan konsep yang unik dan berbeda dari desain konvensional. Cara seperti ini memang sangat ideal untuk menarik perhatian banyak orang. Tentu saja ini yang membuat banyak orang sudah mulai memperhitungkan paperbag sebagai bagian dari barang untuk koleksi.

  1. Bagian dari gaya hidup

Paperbag dianggap sebagai media penyimpanan yang ramah lingkungan dibandingkan kantong plastik. Bahkan, beberapa supermarket dan perusahaan besar memang sudah mulai mengkampanyekan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan paperbag. Hal ini didasarkan pada material yang digunakan oleh paperbag yang mudah terurai secara alami dengan waktu yang lebih cepat. Ini juga yang membuat paperbag menjadi bagian dari gaya hidup untuk banyak orang di kota-kota besar. Kondisi ini juga semakin dimanfaatkan banyak desainer untuk membuat konsep paperbag yang unik dan dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

jenis kertas untuk paperbag

Jenis kertas untuk paperbag yang ideal

Masing-masing dari jenis kertas yang digunakan untuk membuat paperbag memang memiliki karakter berbeda. Kamu bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi dari paperbag yang diinginkan. Selain itu, beberapa kertas yang digunakan untuk paperbag seperti itu juga akan memudahkan penerapan desain grafis yang ideal. Hal ini juga akan berkaitan dengan kualitas dari kertas itu sendiri. Semakin baik jenis kertas yang digunakan biasanya akan memberikan pengaruh terhadap nilai dan fungsinya. Beberapa pilihan jenis kertas untuk paperbag yang harus kamu ketahui seperti:

  1. Art paper

Ini adalah salah satu dari jenis kertas untuk paperbag yang sering digunakan oleh banyak industri. Karakter dari kertas yang cukup tipis dan halus memang akan memberikan tampilan paperbag yang unik. Selain itu, art paper juga sering digunakan untuk menjadi bagian dari media promosi dari banyak bentuk lainnya. Berat dari art paper ini biasanya berkisar dari 100 gsm hingga 150 gsm. Biasanya produk yang sering menggunakan art paper sebagai paperbag seperti lini fashion dan aksesoris. Karakter yang sangat halus dianggap memberikan penampilan elegan sehingga bisa menaikkan citra dari logo produk yang melekat di paperbag.

  1. Kertas Ivory

Pilihan lain dari jenis kertas yang sering digunakan untuk paperbag tentu saja kertas Ivory. Kertas ini memiliki karakter yang sangat berbeda dibandingkan lainnya. Hal ini dikarenakan karakter yang berbeda antara kedua lapisan. Salah satu bagian terluar memiliki lapisan yang halus sedangkan lapisan lainnya tidak. Bahkan, lapisan halus di bagian salah satu kertas itu seperti memiliki coat yang cukup tipis. Pada bagian lapisan yang halus itu biasanya mendapatkan tampilan logo dengan desain yang disesuaikan. Ukuran kertas yang cukup tebal seperti ini akan memudahkan penerapan desain dengan berbagai detail.

  1. Kertas kraft

Jenis kertas untuk paperbag lainnya yang sering digunakan adalah kertas kraft. Sekilas memang kertas seperti ini memiliki tampilan seperti daur ulang. Namun, tentu saja seluruh lapisan dari kertas kraft sangat berbeda dengan bahan dasar daur ulang. Kertas ini memang cukup tipis dibandingkan dengan pilihan lain. Hal itu tidak membuat kualitas dari kertas ini diragukan. Apalagi kertas ini juga bisa menjadi material dari paperbag yang patut diperhitungkan. Keunggulan dari kertas ini tentu saja mudah didaur ulang. Biasanya kertas ini memiliki berat sekitar 150gsm.

  1. Art Carton

Ini adalah jenis kertas yang paling banyak digunakan untuk berbagai produk. Hal ini didasarkan pada karakter dari kertas yang memiliki memiliki ketebalan sangat ideal. Selain itu, seluruh lapisan dari permukaan kertas juga cukup halus. Kondisi ini membuat kamu bisa menggunakan berbagai desain yang mencolok sesuai dengan warna dasar dari paper bag itu sendiri. Ada beberapa pilihan berat dari kertas ini yang bisa digunakan. Namun, berbagai industri lebih memilih untuk menggunakan berat 190 gsm hingga 310 gsm. Ketebalan dari kertas ini akan mempengaruhi fungsi yang sangat dibutuhkan banyak pengguna.

Rekomendasi jenis kertas untuk paperbag yang ideal | tokogulali | 4.5

Leave a Reply