Solusi Error Not Enough Ram di Photoshop

Assalamualaikum, salam sobat kuliahdesain. Aplikasi Photoshop merupakan aplikasi tergolong berat, apalagi kalau update versi terbarunya. pertemuan yang lalu, ada pengunjung yang bertanya : Mengapa photoshop muncul kotak dialog “Error not enough ram” ?. kemudian saya pun penasaran dan mencari solusinya.

Solusi Error Not Enough Ram di Photoshop

Ternyata tampilan aslinya itu mengatakan “Could not complete the image size command because there is not enough memory (RAM)”. katanya : RAM pada komputer sudah tidak ada untuk melanjutkan.

Nah kemungkinan masalahnya seperti ini :

  • Spesifikasi laptop / komputer kita sedang dalam keadaan prima. jangan sampai sobat menjalankan beberapa aplikasi bersamaan, sehingga RAM terpakai semua.
  • Laptop memang memiliki spek RAM Rendah
  • Terjadi kesalahan pada data aplikasi, mislkan ada yang terhapus oleh anti virus dll.

Menurut beberapa Ahli photoshop, sobat bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini:

Pengaturan Performance

Solusi Error Not Enough Ram di Photoshop

Sampai sekarang, masih banyak pengguna photoshop yang belum tau fungsi “Performance” . padahal fungsinya sangat berguna, dimana kita bisa menyesuaikan seberapa besar RAM yang akan digunakan pada photoshop.

Solusinya : Buka Photoshop – Edit – Preference – Performance. pada bagian kota merah, geserlah kekanan agar penggunaan RAM lebih besar dari sebelumnya. sekedar catatan : gunakan 70 – 85 % saja. agar aplikasi lainnya bisa berjalan baik juga.

Baca juga : Tutorial efek teks space photoshop

Pokoknya, setiap ada peringatan masalah pada photoshop, pasti ada solusinya. dan semua orang yang sudah mencoba tips diatas, pasti berhasil. semoga kalian juga.

Solusi Error Not Enough Ram di Photoshop | admin | 4.5

Leave a Reply