Ide Tata Ruang Rumah Minimalis Agar Terlihat Mewah

Dewasa ini, dimana lahan pembangunan semakin sempit karena adanya persebaran dan pertambahan penduduk biasanya membuat luas rumah menjadi minimalis. Selain itu harga tanah dan rumah yang semakin tinggi membuat banyak pasangan memilih rumah minimalis sebagai solusi tinggal yang nyaman. Meski tinggal dirumah minimalis, ada cara tata ruang rumah minimalis agar terlihat mewah.

Meski rumah berukuran minimalis dengan masing-masing luas pemisah ruangan tidak terlalu besar jangan khawatir itu akan menghalangi kenyamanan rumah. Tentu saja masih ada banyak sekali cara untuk membuat rumah minimalis lebih nyaman, mewah dan tentunya menjadi rumah idaman. Bagaimana tata ruang rumah minimalis agar terlihat mewah? Dalam artikel ini akan diulas secara ringkas dan ringan solusinya sebagai berikut.

Memahami Lokasi dan Ukuran Rumah

Sebelum masuk pada ide tata ruang rumah minimalis, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memahami lokasi dan ukuran rumah. Mengapa demikian? Karena lokasi dan ukuran rumah menjadi salah satu point penting sebelum melakukan penataan ruang rumah. Lokasi rumah yang ada di perkotaan, pedesaan, perumahan atau lainnya wajib dipahami, termasuk type ukurannya apakah 36 atau 45 misalnya.

Jangan sampai jika sudah tinggal di lokasi yang sempit, lantas memilih penataan ruangan dengan menggunakan tumbuhan skala penuh. Tentu ini tidak match bukan? oleh sebab itu memperhatikan lokasi dan ukuran rumah menjadi penting. Selain itu memahami kebutuhan ruang oleh keluarga juga wajib untuk diperhatikan, jangan sampai semua sudut ruangan habis didekor ya!

Inilah Beberapa Ide Tata Ruang Rumah Minimalis

Setelah mengetahui lokasi rumah, besar dan ukuran rumah serta kebutuhan keluarga maka langkah selanjutnya dalam menata rumah adalah menentukan ide. Maka dari itu ulasan selanjutnya akan membahas mengenai beberapa ide tata ruang rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi, sebagai berikut.

1. Menggunakan Perabotan Kecil Dengan Tema Klasik

Menggunakan Perabotan Kecil Dengan Tema Klasik

Meski memiliki ukuran rumah yang kecil bukan berarti tidak bisa mengeksplor gaya dan teman dalam penataan rumah loh, ini buktinya. Pemilik rumah bisa memilih perabotan kecil seperti sofa atau meja tamu yang tidak terlalu besar dengan warna-warna pastel. Perabotan yang kecil seperti sofa 3 seat ditambah stool sudah bisa membuat tamu merasa nyaman jika berkunjung.

Selain itu menambahkan lukisan klasik atau tanaman hias kering berbahan pastel bisa menambah kesan klasik dan nyaman. Jika pemilik rumah ternyata lebih nyentrik dan menyukai seni patung bisa juga memberikan sentuhan patung. Letakkan patung pada sudut ruangan untuk mempertegas konsep yang ada.

2. Menggunakan Rak Buku Atau Rak Hias Sebagai Sekat Ruang Tamu

Rak Buku Atau Rak Hias Sebagai Sekat Ruang Tamu

Jika rak buku dan rak hias yang ada pada rumah-rumah besar biasanya diletakkan di ruang tengah, tentu rumah minimalis bisa juga menggunakannnya. Gunakan rak buku atau rak hias dengan berbagai tanaman hias sebagai penyekat ruang tamu. Ruang tamu akan terasa lebih luas dan mewah dengan tambahan sekat dari rak berbahan kayu berisi buku atau tanaman.

Rumah minimalis memang akan lebih terasa luas jika penyekatnya tidak selalu dinding dan tembok yang hanya akan menambah kesan kecil. Sehingga bagi pemilik rumah minimalis jangan terburu-buru untuk membuat sekat tembok. Cari alternative seperti menggunakan rak kayu sebagai penyekatnya, untuk menambah kesan-kesan mewah yang diinginkan.

3. Pemasangan Rak Tempel Untuk Menambah Kesan Kontemporer

Rak Tempel Untuk Menambah Kesan Kontemporer

Ide tata ruang rumah minimalis selanjutnya adalah datang dari gaya kontemporer yang banyak diminati akhir-akhir ini. Ada solusi bagi pemilik rumah yang tidak terlalu suka dengan penataan bunga kering, vas bunga atau patung dibagian sudut rumah. Gunakan saja rak tempel dengan penambahan hiasan seperti bingkai foto kecil keluarga, atau papan kecil bertuliskan quotes penyemangat.

Gunakan warna-warna cream dan abu-abu untuk pemilihan rak  tempel, sofa atau pun cat dinding dengan mode kontemporer. Selain bisa terkesan bersih, warna-warna demikian juga sangat nyaman untuk dipandang. Dan yang paling terpenting adalah bisa meninggalkan kesan mewah pada rumah minimalis anda.

4. Gunakan Sofa dan Meja Berbahan Kayu Untuk Memberi Kesan Asri

Sofa dan Meja Berbahan Kayu

Jika suka dengan konsep rumah yang asri meski berada di perkotaan, maka gunakan beberapa barang pengisi ruang tamu dengan bahan kayu. Pilihlah kursi tamu dan meja tamu dengan yang berbahan kayu terbaik. Selain itu tambahkan beberapa tanaman hias di sudut rumah atau pada rak gantung dinding.

Selain itu tambahkan juga bantal duduk dengan kaos bantal dengan warna hijau dan bergambar dedaunan. Gradasi warna coklat yang dihasilkan oleh perabotan berbahan kayu dan gradasi warna hijau dari daun akan menyatu alami. Kedua warna hijau dan coklat akan menambah kesan asri, luas, nyaman dan tentunya mewah dengan tema back to nature.

5. Mengusung Tema Pink Yang Manis dan Mewah

Tema Pink Yang Manis dan Mewah

Bagi keluarga yang senang dengan tema-tema manis seperti pink tentu saja bisa membuat tata ruang rumah dengan tema pink yang juga bisa terkesan mewah. Padukan sofa, stool dan meja dengan warna dasar pink. Kemudian sapukan dengan warna dinding yang serba putih untuk menambilkan kesan luas dan menambah gradasi dasar sofa.

Untuk hiasan dindingnya, bisa ditambahkan dengan plakat kayu dengan berbagai quotes penyemangat yang sudah disusun sedemikian rupa. Atau bisa juga dengan menambahkan foto keluarga dengan frame dasar berwarna pastel yang manis. Tema semacam ini selain cocok untuk anak-anak dirumah, juga bisa menampilkan kesan segar, mewah dan rumah yang luas.

6. Tambahkan Lampu Gantung Dengan Padanan Sofa Minimalis

lampu gantung interior minimalis

Ingin memberikan kesan mewah yang tegas? Tidak ada salahnya untuk menambahkan lampu gantung sebagai alternatifnya. Penggunaan lampu gantung memang identik dengan rumah mewah dan luas, namun rumah minimalis juga bisa loh menggunakannya. Gunakan lampu gantung yang tidak terlalu rumit dan besar, kemudian senadakan dengan sofa rumah dan tatanan property pendukungnya.

Pilih kursi tamu berbahan kayu yang baik atau pilih sofa yang tidak terlalu besar dengan padanan kursi tamu kecil diantara tempat duduknya. Karena sudah ada lampu gantung, jangan pilih hiasan dinding yang terlalu banyak. Gunakan satu vas bunga besar dengan bunga kering di sudut ruangan untuk menambah kesan glamor.

Baca juga :

Itulah diatas adalah beberapa ulasan penting mengenai ide tata ruang rumah minimalis agar terkesan mewah dan tentunya nyaman bagi pemilik. Kini para pemilik rumah minimalis tidak perlu ragu dan khawatir tidak bisa mendapatkan ide menarik bukan. Setiap rumah minimalis bisa dikreasikan sesuai dengan tema favorit seluruh keluarga, asalkan tidak terlalu padat dalam penempatan barang.

Ide Tata Ruang Rumah Minimalis Agar Terlihat Mewah | volga writer | 4.5

Leave a Reply