Teori Arsitektur Dasar Perkembangan Pembangunan

Istilah teori arsitektur awalnya hanya terjemahan yang diterima dari istilah Latin ratiocinatio seperti yang digunakan oleh Vitruviu. Seorang Romawi arsitek-insinyur dari abad ke-1 ini untuk membedakan intelektual dari pengetahuan praktis dalam pendidikan arsitektur. Namun telah datang untuk menandakan total dasar untuk menilai manfaat bangunan atau proyek bangunan  Penilaian yang beralasan seperti itu adalah bagian penting dari proses kreatif arsitektur.

Sebuah bangunan dapat dirancang hanya dengan dialektika intelektual dan kreatif yang berkesinambungan antara imajinasi dan nalar dalam pikiran setiap pencipta. Berbagai interpretasi telah diberikan kepada istilah teori arsitektur oleh mereka yang telah menulis atau berbicara tentang topik di masa lalu. Untuk lebih lanjut akan teori arsitektur ini, simak ulasannya berikut!

Sekilas Tentang Teori Arsitektur

Teori arsitektur adalah semua pemikiran, diskusi, dan penulisan tentang arsitektur yang telah terjadi sejak awal keberadaannya. Ini adalah kerangka kerja yang mempelajari fenomena arsitektur menggunakan logika ilmiah dan metode eksperimen. Teori memberikan model yang menjelaskan penyelidikan dan pengamatan tentang bentuk dan struktur, yang memungkinkan arsitek untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan desain.

Beberapa bentuk yang diambil teori-teori ini adalah dalam kuliah atau dialog, dan risalah atau buku. Karena penerbitan menjadi semakin umum sepanjang sejarah, gaya dan gerakan yang hadir dalam teori-teori yang lebih modern terbentuk dan larut jauh lebih cepat daripada teori-teori sebelumnya.

Dalam beberapa bentuk sejak zaman dahulu, sebagai penerbitan karena ingatan bersama, teori arsitektur memperoleh kekayaan yang meningkat. Buku, majalah, dan jurnal diterbitkan dalam karya arsitek dan kritikus sebelumnya di abad ke-20. Sebagai akibatnya, gaya dan gerakan terbentuk dan larut jauh lebih cepat daripada mode yang relatif tahan lama dalam sejarah sebelumnya. Hal tersebut diharapkan bahwa penggunaan internet akan memajukan wacana arsitektur di abad ke-21.

Sejarah Teori Arsitektur

Pada dasarnya sejarah arsitektur adalah subjek yang luas, tetapi merupakan kunci yang sangat diperlukan dan tak ternilai untuk memahami arsitektur. Arsitektur selalu sangat dekat dengan perkembangan peradaban. Bahkan bisa melihat arsitektur sebagai cermin, yang mencerminkan perubahan peradaban, kemajuan dan harapan sepanjang sejarah. Hal yang sama berlaku untuk bentuk seni dan budaya lain, tetapi arsitektur.

Mengulas sejarah arsitektur dunia dan indonesia

Adanya hal tersebut dikarenakan itu bukan hanya bentuk seni tetapi juga melayani kebutuhan dasar manusia. Kadang-kadang bisa menjadi potret yang lebih dalam dari apa yang terjadi di tempat tertentu pada waktu tertentu. Dengan mempelajari sejarah teori arsitektur, tentu tidak hanya mempelajari sejarah peradaban, tetapi karena rantai peristiwa, gaya, kecenderungan, kepercayaan, dan teknik yang koheren, kami juga memperoleh pemahaman..

Sebelum 1750 setiap risalah komprehensif tentang arsitektur dapat dengan tepat digambarkan sebagai buku teks tentang arsitektur. Tetapi, setelah perubahan-perubahan yang terkait dengan Revolusi Industri , jumlah pengetahuan arsitektur yang dapat diperoleh hanya dengan studi akademis meningkat ke titik di mana sintesis lengkap menjadi hampir mustahil dalam satu volume.

Jenis Dari Teori Arsitektur

Ada beberapa jenis dari teori ilmu arsitek ini. Arsitektur dibuat hanya untuk memenuhi spesifikasi individu atau kelompok. Hukum ekonomi mencegah arsitek meniru rekan seniman mereka dalam menghasilkan karya yang permintaannya tidak ada atau hanya potensial. Jadi jenis teori arsitektur tergantung pada formasi sosial dan dapat diklasifikasikan sesuai dengan peran pelindung dalam masyarakat. Berikut beberapa jenis dari arsitektur, antara lain:

1. Arsitektur Domestik

Arsitektur domestik dihasilkan untuk unit sosial seperti individu, keluarga, atau klan dan tanggungannya, manusia dan hewan. Ini menyediakan tempat berlindung dan keamanan untuk fungsi fisik dasar kehidupan dan kadang-kadang juga untuk kegiatan komersial, industri, atau pertanian yang melibatkan unit keluarga daripada masyarakat.

Persyaratan dasar arsitektur rumah tangga sederhana yaitu tempat tidur, menyiapkan makanan, makan, dan mungkin bekerja; tempat yang memiliki cahaya dan terlindung dari cuaca. Satu ruangan dengan dinding dan atap kokoh, pintu, jendela, dan perapian adalah kebutuhannya; yang lainnya mewah.

2. Adanya Arsitektur Vernakular

Dalam teori arsitektur, terdapat jenis arsitek venakular. Sebagian besar dunia saat ini, bahkan ketika lembaga-lembaga telah berada dalam proses perubahan yang berkelanjutan, jenis-jenis tempat tinggal kuno atau prasejarah digunakan. Di Amerika Serikat yang terindustrialisasi, misalnya, lumbung sedang dibangun sesuai dengan desain yang digunakan di Eropa pada milenium pertama.

Macam-macam gaya arsitektur populer

Kekuatan yang menghasilkan evolusi dinamis gaya arsitektur di bangunan komunal biasanya tidak aktif di rumah dan pertanian. Kehidupan orang kebanyakan mungkin tidak berubah oleh perubahan paling mendasar di institusi mereka. Orang-orang bisa menjadi budak berturut-turut, subjek dari monarki, dan memilih warga negara tanpa memiliki sarana atau keinginan untuk mengubah kebiasaan, teknik, atau lingkungan mereka.

3. Sebuah Arsitektur Kekuatan

Ketika kekayaan dan fungsi ekspresif meningkat, jenis khusus dari bangunan domestik dapat dibedakan yang dapat disebut arsitektur daya. Di hampir setiap peradaban, pola masyarakat memberi kepada beberapa anggotanya kekuatan untuk memanfaatkan sumber daya masyarakat dalam pembangunan rumah, istana, vila, kebun, dan tempat rekreasi mereka.

Beberapa orang ini, yang keunggulannya biasanya muncul dari perbedaan ekonomi, agama, atau kelas, dapat menikmati beragam kegiatan domestik yang tak terbatas terkait dengan adat istiadat posisi mereka. Ini bahkan dapat mencakup fungsi-fungsi komunal dengan menggabungkan aktivitas negara dan sistem pusat pemerintahan.

4. Perumahan Kelompok

Jenis ketiga arsitektur rumah tangga mengakomodasi kelompok daripada unit dan oleh karena itu publik maupun pribadi. Hal ini akrab melalui pengembangan luas perumahan massal di dunia modern, di mana individu atau keluarga menemukan ruang hidup baik di beberapa tempat tinggal atau dalam unit tunggal yang diproduksi dalam jumlah besar. Perumahan kelompok diproduksi oleh berbagai jenis budaya oleh negara-negara komunal untuk menyamakan standar hidup .

Para tiran untuk memastikan tenaga kerja yang patuh, dan dengan sistem feodal atau kasta untuk menyatukan anggota kelas. distribusi kekayaan dan kekuasaan tersebar luas di bagian dunia di mana arsitektur sangat vital dan karena negara modern telah memikul tanggung jawab untuk banyak perumahan berkualitas tinggi.

5.  Arsitektur Untuk Keagamaan

Sejarah arsitektur yang bersangkutan lebih dengan bangunan religius dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal tersebut karena di sebagian besar masa lalu budaya daya tarik universal dan ditinggikan agama membuat gereja atau kuil paling ekspresif, yang paling permanen, dan yang paling berpengaruh bangunan dalam setiap masyarakat .

Mengenal arsitektur islam yang sangat menawan

Tipologi arsitektur religius itu kompleks, karena tidak ada persyaratan dasar seperti yang mencirikan arsitektur domestik adalah umum untuk semua agama dan karena fungsi agama mana pun melibatkan berbagai jenis kegiatan, yang semuanya berubah dengan evolusi pola budaya.

Singkatnya teori arsitektur yang bermula dari arsitektur Vitruvian berakar pada pengetahuan pengalaman membuat, melakukan, dan kerajinan. Bahkan keindahan pesanan dikomunikasikan melalui katalog elemen elemen bangunan candi. Berbagai jenis yang ada menjadikan sebuah pengetahuan baru yang selalu dikembangkan.

Teori Arsitektur Dasar Perkembangan Pembangunan | volga writer | 4.5

Leave a Reply