Tips desain untuk kop surat yang harus dicoba

Pengembangan bisnis dalam berbagai bidang harus memiliki elemen pendukung. Faktor legalitas dan profesionalitas memang menjadi pertimbangan yang sangat baik. Salah satunya tentu saja dengan menggunakan kop surat resmi yang merupakan perwakilan dari perusahaan. Kop surat ini akan memberikan dampak terhadap kekuatan informasi yang diberikan hingga jangkauan jalinan relasi. Bahkan, ada juga beberapa perusahaan yang menjadikan kop surat sebagai representasi visi dan misi perusahaan itu. Hal ini dilihat dari desain yang ditampilkan pada kop surat itu. Tentu saja ini membuat anda harus mempertimbangkan tips desain untuk kop surat.

tips desain untuk kop surat

Persyaratan hukum dalam membuat kop surat

Anda harus memenuhi persyaratan hukum dalam membuat kop surat yang legal ataupun resmi. Apalagi hal ini juga akan berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Biasanya informasi yang berkaitan dengan seluruh persyaratan hukum ini juga akan mendukung kekuatan dari isi atau konten surat yang diberikan kepada pihak lain. Beberapa persyaratan hukum yang terlebih dahulu anda terapkan untuk membuat kop surat seperti:

  1. Bisnis yang dijalankan secara personal atau perorangan harus menampilkan informasi penting seperti nomor PPN, NPWP, alamat tempat dijalankan bisnis itu hingga rincian nama dari bisnis perorangan.
  2. Persyaratan yang dibutuhkan untuk perusahaan terbatas secara berkelompok juga harus menampilkan rincian seperti nomor PPN, NPWP perusahaan, nomor registrasi, nama perusahaan yang telah didaftarkan, alamat kantor yang digunakan dan lainnya.
  3. Kop surat untuk bisnis kemitraan juga membutuhkan payung hukum yang jelas. Bisnis ini akan membutuhkan rincian berkaitan dengan nama seluruh individu yang terlibat, rincian alamat kantor utama, pencatuman alamat kemitraan dan lainnya.

tips desain untuk kop surat

8 tips desain untuk kop surat yang ideal dan tampil profesional

Beberapa orang atau instansi juga membutuhkan tampilan desain kop surat yang sangat ideal. Perusahaan dengan skala besar biasanya akan mempertimbangkan tampilan kop surat yang juga akan menjadi representasi perusahaan. Salah satu detail yang diperhitungkan tentu saja desain kop surat yang harus memiliki kemiripan dengan logo atau nama perusahaan. Hal ini biasanya akan menjadi perhitungan banyak relasi yang terkait dengan perusahaan itu. Apalagi beberapa perusahaan yang masuk dalam kategori rintisan sebaiknya menggunakan kop surat dengan desain unik agar menarik perhatian banyak relasi bisnis. Berikut ini ada 8 tips desain untuk kop surat yang patut diperhitungkan, seperti:

  1. Mulai dengan tampilan sederhana

Salah satu dari tips desain untuk kop surat tentu saja dengan menggunakan konsep yang cukup sederhana. Biasanya kop surat seperti ini akan menentukan konten atau isi yang akan digunakan. Desain yang sederhana tentu saja akan disesuaikan dengan tujuan anda membuat kop surat. Hal ini bukan berarti anda hanya menggunakan tampilan polos dan menempatkan keterangan perusahaan saja. Namun, hindari penggunaan konsep desain yang terlalu berlebihan. Detail desain yang digunakan hanya akan memiliki penempatan di beberapa sisi saja.

  1. Gunakan detail yang jelas

Jangan lupa untuk menggunakan detail yang jelas dan mudah dibaca. Rincian seperti ini biasanya berkaitan dengan seluruh keterangan dan informasi yang berkaitan dengan perusahaan itu. Masing-masing rincian itu sebaiknya ditempatkan dengan pola yang profesional. Selain itu, ukuran dan jenis font dari setiap rincian harus diperhitungkan dengan baik. Cara seperti ini juga akan memberikan kemudahan bagi penerima surat untuk melihat bagian rincian perusahaan. Beberapa instansi tentu saja akan memperhitungkan seluruh detail dari perusahaan itu.

  1. Representasi dari bisnis

Rekomendasi lain dari tips desain untuk kop surat tentu saja dengan menjadi perwakilan perusahaan itu. Biasanya detail dari desain ini akan menggunakan pola desain yang hampir mirip dengan tampilan pada logo dan nama perusahaan. Bagian pola itu akan diterapkan dengan menentukan warna yang sangat ideal. Posisi objek tambahan yang hampir mirip dengan logo perusahaan. Selain itu, ukuran dari desain yang akan ditempatkan juga harus ideal dengan kolaborasi pada ukuran pada logo yang ditempatkan itu. Hal ini untuk membuat tampilan pada kop surat terlihat sangat profesional dan elegan.

  1. Menentukan posisi objek yang ideal

Ada beberapa objek penting yang biasanya ditempatkan untuk kop surat itu. Objek seperti ini tentu saja akan disesuaikan dengan detail yang dibutuhkan hingga tampilan pada logo. Beberapa bagian dari objek yang akan ditampilkan pada kop surat ini seperti logo, rincian perusahaan hingga nama perusahaan. Masing-masing dari objek itu sebaiknya memiliki penempatan berbeda. Apalagi ukuran dari setiap lapisan memang akan memberikan pengaruh terhadap seluruh bagian kop surat. Hindari penggunaan objek yang terlalu besar pada desain seperti ini. Tampilan itu akan menghilangkan konsep profesional.

  1. Tampilkan warna secara ideal

Elemen warna menjadi sangat penting bagi desain kop surat. Biasanya kertas yang digunakan pada kop surat ini akan memiliki background dengan dominasi putih. Mungkin anda juga bisa memperhitungkan detail ideal yang akan menjadi bagian penting dari elemen warna. Cobalah mulai dengan konsep elemen warna yang sesuai dengan tampilan pada logo. Bahkan, detail warna seperti ini akan membuat tampilan pada kop surat terlihat sangat legal dan resmi. Namun, anda juga bisa menggunakan detail warna lain yang berbeda sesuai dengan tampilan dan karakter kertas. Cara ini dilakukan untuk membuat seluruh bagian dari kop surat menjadi lebih unik.

  1. Jangan lupakan karakteristik kertas

Pemilihan desain juga harus memperhatikan karakter kertas yang digunakan. Semakin baik kualitas kertas itu tentu saja akan memberikan peluang yang sangat besar untuk menentukan pilihan desain. Hal ini akan berkaitan dengan proses printing yang melibatkan banyak elemen termasuk lapisan warna yang digunakan. Hindari penggunaan desain yang menggunakan banyak warna pada kertas dengan kualitas yang tidak terlalu baik. Biasanya detail seperti itu akan membuat tampilan kertas menjadi cukup buruk. Mungkin anda bisa menggunakan lapisan warna yang lebih tipis sehingga membuat bagian belakang dari kertas tidak terlalu buruk.

  1. Membuat desain untuk berbagai ukuran

Anda harus mulai memperhitungkan berbagai desain yang bisa digunakan untuk ukuran banyak kertas atau kop surat. Perusahaan profesional tentu saja akan menggunakan pilihan desain yang bisa diintegrasikan dengan berbagai ukuran kertas. Hal ini dilakukan karena kebutuhan kop surat juga akan disesuaikan dengan kepentingan bisnis. Semakin banyak anda memiliki pilihan desain kop surat dari berbagai ukuran hal itu akan sangat menguntungkan. Apalagi cara ini dilakukan untuk menghindari perubahan ukuran dari setiap bagian desain yang ditampilkan.

  1. Sesuaikan dengan penggunaan software

Saat ini ada banyak software desain grafis yang bisa anda gunakan untuk membuat kop surat. Sebaiknya pilih software dengan fitur yang ideal sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa fitur itu akan mencakup dukungan proses printing hingga konversi ke berbagai format file.

Tips desain untuk kop surat yang harus dicoba | tokogulali | 4.5

Leave a Reply